Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Kain Sutra yang Berkualitas dan Cara Perawatannya

Sabtu, 27 November 2021 | 00:04:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Wajib Tahu, Ini Ciri-Ciri Kain Sutra Yang Berkualitas Dan Cara Perawatannya

Foto: mothprevention

Ladiestory.id - Kain sutra merupakan salah satu bahan tekstil yang berkualitas tinggi dan terbilang cukup mahal. Sutra berasal dari serat alam tumbuh-tumbuhan. Kain sutra terbuat dari benang yang dihasilkan melalui pengolahan kepompong ulat sutra.

Ulat sutra hanya memakan daun murbei Morus Alba, telur ngengat sutra membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk menetas. Ulatnya membentuk kepompong sutra mentah, kemudian dipintal dan barulah bisa menghasilkan benang sutra.

Ciri-ciri Kain Sutra Berkualitas

Sebelum kamu membeli kain sutra, alangkah baiknya kita mengetahui ciri kain sutra yang baik seperti apa, serta bagaimana cara perawatannya. Yuk, simak lebih lanjut pembahasannya.

Foto: BP Guide

1. Memiliki Daya Air yang Tinggi

Kualitas penyerapan air pada kain sutra memang tak perlu diragukan lagi. Jadi walau digunakan pada musim panas, kamu tidak perlu khawatir karena kain sutra akan menyerap keringat dan tetap adem digunakan.

2. Halus dan Lembut

Kelembutan dan kehalusan kain sutra ini bisa kamu rasakan pertama kali ketika kamu menyentuh, kain akan terasa jatuh karena halus. Hal itu karena ada kandungan senyawa amino yang membuat kualitas kain lembut dan halus. Jadi apabila kamu memiliki kulit yang sensitif, kain sutra ini tergolong aman digunakan.

3. Kuat

Kain sutra termasuk salah satu kain yang terkuat. Hal ini dikarenakan adanya kapas dan linen yang berasal dari pintalan serat tanaman pendek sehingga menjadikannya benang lebih panjang dan tidak mudah putus atau rapuh.

4. Mengilap

Kain sutra memiliki daya tarik tersendiri salah satunya adalah mengilap atau berkilau jika terpantul cahaya layaknya mutiara. Kilauan tersebut dikarenakan adanya fibron.

Lapisan fibron adalah jenis protein yang diproduksi oleh ulat sutra yang membentuk struktur mikro seperti prisma segitiga, sehingga menjadikan kain sutra mampu membiaskan cahaya dari segala penjuru.

Cara Merawat Kain Sutra

Setelah mengetahui ciri-ciri kain sutra yang berkualitas baik, kita juga harus mengetahui bagaimana merawat atau mencuci kain sutra yang benar. Akan sangat disayangkan ketika kita memiliki pakaian atau kain sutra yang bagus, namun salah dalam mencuci sehingga membuat kain rusak. Berikut lima tips mencuci sutra yang baik dan benar.

Foto: KliknClean

1. Memisahkan Cucian

Memisahkan cucian berdasarkan warna dan bahan memang sangat penting apalagi sutra. Saat mencuci sutra pertama kali, pewarna biasanya akan luntur. Selain itu mencuci sutra tidak direkomendasikan menggunakan mesin cuci. Kamu bisa mencucinya dengan tangan satu persatu.

2. Selalu Gunakan Air Dingin

Pewarna pakaian akan memudar setelah dicuci, apapun jenis bahannya. Pemudaran warna mencerminkan keindahan sejati dari pewarnaan dan bekerja secara alami. Namun, untuk mengurangi perubahan warna, kamu bisa menghindarinya dengan pencucian menggunakan air dingin.

3. Hindari Berlebihan Menggunakan Detergen yang Keras

Sutra adalah bahan yang lembut dan harus mendapatkan perlakuan khusus. Selain mencuci dengan tangan dan menggunakan air yang dingin. Penggunaan detergen juga harus diperhatikan.

Kamu bisa menggunakan seperempat sendok teh detergen organik yang lembut, serta proses pencuciannya tidak lebih dari lima menit.

4. Menghilangkan Noda

Sebagian besar orang pasti pernah membuat pakaiannya kotor atau menimbulkan noda yang tak diinginkan. Untuk menjaga sutra tetap dalam kondisi baik, kamu cukup semprotkan larutan pembersih kearea yang bermasalah dan gosok dengan lembut sampai noda hilang.

5. Jangan Pakai Mesin Pengering

Memasukkan sutra ke dalam pengering akan mengubah ukuran, bentuk dan tekstur pakaian. Jadi setelah kamu mencucinya dengan tangan, bilas dengan air yang dingin, peras pakaian dari sisa air kemudian kibaskan untuk menghilangkan area yang kusut dan meratakan permukaanya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai ciri-ciri kain sutra yang berkualitas dan bagaimana cara mencucinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu.