Ciri Khas Seragam Pramugari 5 Maskapai Penerbangan Indonesia

Kamis, 27 Januari 2022 | 07:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Ciri Khas Seragam Pramugari 5 Maskapai Penerbangan Indonesia

Ilustrasi baju pramugari Garuda Indonesia. (Special)

Ladiestory.id - Seorang yang berprofesi pramugari identik dengan perempuan langsing, tinggi dan cantik. Banyak hal menarik untuk dikupas mengenai profesi pramugari ini, termasuk seragam yang dipakainya.  

Seragam pramugari dirancang khusus sebagai identitas dari maskapai penerbangannya. Berikut Ladiestory.id merangkum ciri khas baju pramugari dari lima maskapai penerbangan Indonesia.

1. Garuda Indonesia

Ilustrasi baju pramugari Garuda Indonesia. (Special)

Seragam pramugari maskapai Garuda Indonesia adalah kebaya yang dimodifikasi. Kebaya ini terinspirasi oleh kain Batik bercorak Parang Gondosuli, dimana mengandung filosofi 'sinar kehidupan yang harum' dan mengesankan anggun serta elegan bagi pramugari yang memakainya.

Motif batiknya itu bernama Lereng Garuda, dimana motif Parang Gondosuli tersebut diceplok dengan motif Garuda. baju pramugari ini didesain oleh desainer kebaya ternama yakni Obin. Terdapat filosofi lainnya juga di balik warna-warni seragam pramugari Garuda Indonesia ini.

Biru melambangkan karakter terpercaya, mantap, dan langgeng. Hijau toska dipilih dengan nuansa tropis yang segar identik dengan warna Garuda Indonesia. Jingga menunjukkan sifat ramah dan hangat khas Indonesia. Sementara ungu menunjukan sifat dewasa dan anggun dari sosok wanita.

2. Batik Air

Ilustrasi baju pramugari Batik Air. (Special)

Pramugari Batik Air memiliki dua jenis seragam kebaya. Pertama kebaya model encim dengan kerah V dan kebaya dengan model kerah bulat dengan aksen lipatan mirip dress Cheongsam.

Keduanya dibuat dengan menggunakan teknik bordir, ada motif ukiran batik dalam seragam pramugari Batik Air ini. Seperti kebaya pada umumnya, seragam pramugari ini juga memakai songket. Songket yang dipakai adalah kain Batik Manado yang dikenal dengan Kaeng Manado yang didominasi warna ungu. Terdapat lipitan pada bagian depan, untuk memudahkan pergerakan pramugari saat melayani penumpang.

3. Lion Air

Ilustrasi baju pramugari Lion Air. (Special)

Seragam pramugari yang unik lainnya adalah dari maskapai penerbangan Lion Air. Maskapai ini telah meluas pelayanannya hingga ke Asia dan mengusung konsep Cheongsam atau dress khas Cina. Konsep ini dipilih karena memang modelnya yang dianggap tidak ketinggalan zaman. Seragam pramugari Lion Air ini juga didominasi dengan biru, putih, dan merah, yang  merepresentasikan logo dari Lion Air.

4. Sriwijaya Air

Ilustrasi baju pramugari Sriwijaya Air. (Special)

Seragam pramugari dari maskapai penerbangan Indonesia berikutnya yang punya ciri khas tersendiri adalah pramugari Sriwijaya Air. Pramugari Sriwijaya Air memiliki dua jenis. Pertama merah dengan garis oranye, dan satu lagi ungu dengan garis hijau.

Seragam pramugari Sriwijaya Air memiliki model dengan potongan lengan 3/4 dan kerah bentuk v-neck, ada pula belahan di kaki sepanjang lutut di roknya agar memudahkan pergerakannya.

Motif Batik yang dipakai memang sekilas mirip Truntum, sementara yang berada pada  bagian garis kerah dan rok ialah motif Batik dengan lambang Sriwijaya Air

Ilustrasi baju pramugari Citilink. (Special)

Pada Mei 2018 lalu, maskapai penerbangan Citilink Indonesia meluncurkan seragam baru pramugari dengan hijau tua dan cerah. Seragam pramugari Citilink Indonesia mengusung motif Gurdo Aji yang memiliki makna anak burung garuda yang terbang bebas mengikuti arah angin untuk dapat  terbang lebih tinggi dan jauh.

Hal ini sesuai dengan identitas Citilink yang telah lebih dulu meraih prestasi maskapai bintang lima dunia. Seragam pramugari Citilink Indonesia terdiri dari bawahan rok span dengan atasan blazer. Ciri khas lainnya ialah adanya aksen belt yang melingkar di pinggang sehingga membuat tampilan pramugari makin modis.