Coki Pardede, Ini Solusi dari Tretan Muslim Supaya Bisa Lepas Narkoba

Rabu, 12 Oktober 2022 | 11:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Coki Pardede, Ini Solusi Dari Tretan Muslim Supaya Bisa Lepas Narkoba

Coki Pardede dan Tetran Muslim. (Instagram.com/tetranmuslim)

Ladiestory.id - Komika tanah air, Tretan Muslim,  memberikan sebuah solusi untuk sahabatnya, Coki Pardede, yang sempat terjerat kasus penyalahgunaan narkoba. Hal itu diungkapkan olehnya dalam podcast di YouTube Deddy Corbuzier.

"Sebenernya aku punya solusi buat Coki. Ini satu-satunya solusi. (Yaitu) Menikah, punya anak, itu. Karena itu banyak ngerubah orang," ungkap Muslim pada Deddy Corbuzier.

"Mungkin itu bukan jaminan 100 persen ya. (Tapi) banyak temen-temen kalau dia udah punya istri, punya anak, itu jadi ada 'belakang'nya gitu (tanggung jawab)" sambungnya.

Tretan Muslim, komika sekaligus teman baik Coki Pardede. (YouTube.com/Deddy Corbuzier)

Lebih lanjut, Tretan Muslim mengungkapkan bahwa hal itu terpikirkan olehnya setelah melihat kehidupan Coki Pardede. Menurutnya, Coki tak memiliki kedekatan dengan kedua orang tuanya. 

"Karena aku merasa itu adalah salah satu opsi, karena dia juga gak deket sama keluarganya, sama bapak-ibunya. Coki tuh ngomong 'aku' tuh bukan 'aku', (tapi) 'saya'. 'Saya ini..' ke ibunya lho, formal banget, ke bapaknya juga. 'Pa, saya...' gitu," terangnya.

Komika Coki Pardede. (Instagram.com/cokipardede666)

 

"Jadi kalau orang udah agama jauh, minimal keluarga lah, karena bapak ibu yang dilihat 'aduh kasihan'. Kalau keluarganya gak terlalu deket? Bikin keluarga baru," papar Tretan Muslim.

Menurut pengakuannya pada Deddy Corbuzier, ia pun telah menyampaikan itu ke Coki Pardede. Ia menegaskan pada Coki bahwa pria yang baru saja bebas dari rehabt tersebut harus memiliki rasa tanggung jawab.

"Itu yang aku sejujurnya sering ngomong 'Cuk, ini gak berharap sih, Ente gak beragama, gapapa. Gak berhenti (narkoba), kita juga bisa bantu. Tapi itu doang, kalau Ente menikah, punya anak, inshaAllah ada 'oh gini ya', punya tanggung jawab'. Dia tuh kayaknya gak punya orang yang disayang," ungkap Tretan lebih lanjut.

Meski begitu, Tretan mengakui bahwa solusinya tak menjamin komika tersebut akan sembuh. Namun setidaknya ada hal-hal yang dapat mencegah Coki kembali ke lembah kelam narkoba.

Komika Coki Pardede. (Instagram.com/cokipardede666)

"Mungkin bukan jaminan dia akan sembuh, tapi at least ada benteng-benteng tadi, benteng anak, benteng tanggung jawab yang akan dinafkahin, sekarang dia gak punya," paparnya.

"Coki bukan hanya narkoba masalahnya, he needs love," tutupnya.