Contoh Kata Pengantar: Makalah, Skripsi, Proposal dan Lain-Lain

Kamis, 27 Mei 2021 | 19:01:30

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Contoh Kata Pengantar: Makalah, Skripsi, Proposal Dan Lain-Lain

Foto: Unsplash/Kaitlyn Baker

Dalam pembuatan makalah, buku, ataupun karya ilmiah lainnya, di bagian awal pasti ada yang namanya kata pengantar. Namun kebanyakan orang malas dan tidak bisa membuat kata pengantar, mereka cuma copas dari kata pengantar yang sudah ada, inilah mengapa contoh kata pengantar sering dicari.

Karena memang menulis kata pengantar yang baik dan benar tidaklah mudah untuk sebagian orang. Ada yang sudah bersiap membuat proposal, makalah, karya ilmiah, laporan, ataupun karya tulis lain, namun sampai berjam-jam belum ada satu kata pun yang tertulis.

Kata pengantar laporan, makalah, proposal, karya ilmiah memang tidak sama, namun sebenarnya semua kata pengantar tersebut tidak berbeda jauh. Nah berikut ini akan kami bagikan beberapa contoh kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar Lengkap

Bagi Anda yang bingung dalam membuat kata pengantar untuk karya tulis Anda, silahkan simak beberapa contoh kata pengantar berikut ini.

      1. Contoh Kata Pengantar Makalah

Bagi Anda yang akan membuat makalah, namun bingung ketika membuat kata pengantar, Anda bisa melihat contoh kata pengantar berikut ini sebagai referensi.

Kata Pengantar

Puji Syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah dengan judul “........”. Atas semua dukungan baik itu dukungan moral maupun materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini.  Karena itulah penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada:

  1. Bapak Budi, S.Kom., selaku kepala sekolah SMKN 1 Bawang yang sudah memberikan penulis saran, bimbingan, ide, dan kesempatan untuk memakai fasilitas sekolah dalam pembuatan makalah ini.
  2. Ibu Uut, S.kom., selaku guru pembimbing penulis yang memberikan dorongan dan semangat serta masukkan kepada penulis. 
  3. Ibu Siti, S.Pd., selaku wali kelas penulis yang sudah memberikan banyak materi pendukung, masukan dan bimbingan kepada penulis.
  4. Orang tua penulis yang memberikan dukungan baik itu moral ataupun materil yang sangat membantu.
  5. Dan semua pihak yang tidak dapat penulis rinci satu per satu yang sudah membantu dalam proses pembuatan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna dan masih ada beberapa kekurangan, oleh karena itulah penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk menyempurnakan makalah ini.

Banjarnegara, 30 Mei 2021

Penulis

      2. Contoh Kata Pengantar Proposal

Kata Pengantar

Puji Syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas berkat dan rahmatnya penulis dapat menyusun proposal penelitian dengan judul “Analisis Kerawanan Longsor sebagai Upaya Pengelolaan Bencana Kecamatan Purwonegoro, Banjarnegara”.

Penulisan proposal penelitian ini diajukan guna pembaruan informasi daerah yang rawan bencana tanah longsor di Kecamatan Purwonegoro, Banjarnegara. Informasi yang terbarui ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya meminimalisir korban jiwa di daerah penelitian tersebut.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan proposal ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna dikarenakan pengalaman penulis yang masih terbatas. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak supaya proposal ini menjadi lebih baik.

Banjarnegara, 10 Juli 2020

Penulis

      3. Contoh Kata Pengantar Skripsi

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas segala rahmat dan karunia-Nya penulis bisa menyelesaikan skripsi dengan judul “Analisis Kerawanan Tanah Longsor di Kecamatan Purwonegoro, Banjarnegara.”

Skripsi ini disusun dan diajukan untuk memenuhi syarat perolehan gelar S.Geo (Sarjana Geografi) di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya. Selain itu, penulisan skripsi ini juga bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada para pembaca.

Skripsi ini bisa selesai dengan baik karena penulis menerima banyak dukungan dan bantuan dari banyak orang. Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada:

  1. (Bapak/Ibu) Ketua Jurusan Pendidikan Geografi di UNS yang sudah memudahkan perizinan penelitian yang penulis lakukan. Serta dorongan semangat beliau dalam memotivasi penulis untuk segera menyelesaikan skripsi yang dibuat.
  2. (Bapak/Ibu) Pembimbing I yang selalu memberikan bimbingan kepada penulis serta meluangkan waktu dan memberi masukan sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi.
  3. (Bapak/Ibu) Pembimbing II yang juga memberikan banyak bantuan kepada penulis berupa waktu luang dan bimbingan sehingga skrips ini bisa selesai.
  4. (Bapak/Ibu) Kepala Laboratorium Geografi yang sudah membantu penulis ketika menjalankan uji laboratorium.
  5. Dan berbagai pihak lain yang tidak bisa penulis rincikan satu per satu.

Penulis sangat menyadari bahwa skripsi ini masih punya banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna karena keterbatasan ilmu dan pengalaman penulis. Karena itulah, penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun. Penulis berharap skripsi ini bisa bermanfaat untuk semua pihak yang membutuhkan.

Banjarnegara, 10 Mei 2021

Penulis

      4. Contoh Kata Pengantar Laporan

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas berkat dan karunia-Nya penulis dapat menyusun laporan praktikum Informatika ini dengan baik. Laporan ini berisi tentang uraian hasil riset penulis tentang “Peran Media Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari”.

Laporan ini penulis susun dengan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, diantaranya; Ibu Riska, S.Kom selaku dosen mata kuliah Technopreneurship, Bapak Burhan M.M selaku kepala jurusan Informatika, dan Ibu Prima, S.Kom sebagai pembimbing atau wali. Penulis ucapkan terima kasih atas tenaga, waktu dan pikiran yang telah diberikan.

Penulis sadar bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh  karena itulah penulis selaku penyusun sangat mengharap kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Semoga laporan ini bisa bermanfaat untuk kelompok penulis dan masyarakat yang membutuhkan.

Purwokerto, 12 Juli 2020

Penulis

      5. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Kata Pengantar

Puji Syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas berkat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah dengan judul “Cara Mengatur Pola Makan untuk Menurunkan Berat Badan”.

Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Riska selaku guru Biologi yang sudah membantu penulis dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Tidak lupa juga penulis mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah membantu pembuatan karya ilmiah ini.

Dalam karya ilmiah ini terdapat panduan dalam mengatur pola makan secara praktis. Untuk orang-orang yang memiliki berat badan berlebihan, pengaturan pola makan yang tepat sangat dibutuhkan supaya dapat diperoleh berat badan ideal.

Penulis sangat menyadari bahwa dalam karya ilmiah ini masih banyak kekurang dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari para pembaca untuk memperbaiki karya ilmiah ini. Penulis juga berharap karya ini bisa memberi pengetahuan tentang pola makan dan berat badan yang sehat kepada pembaca.

Purwokerto, 2 Maret 2021

Penulis

Nah itulah beberapa contoh kata pengantar singkat yang dapat kami sampaikan. Mulai dari kata pengantar proposal, kata pengantar makalah, kata pengantar karya ilmiah, kata pengantar laporan, dan kata pengantar skripsi.

Semoga contoh di atas bermanfaat dan membantu Anda dalam menuliskan kata pengantar karya tulis Anda dengan baik dan benar.