Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI YANG BISA ANDA TIRU

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Bisa Anda Tiru

LS Lifestyle
Jum'at, 11 Juni 2021 | 01:57:41
Durasi baca: 5 menit, 15 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Bisa Anda Tiru

Foto: Unsplash/Alvaro Serrano

Bekerja setelah lulus Pendidikan merupakan impian dari banyak orang. Sebagian orang belum mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari sekolah maupun dari perguruan tinggi. Maka tak heran jika seseorang setelah lulus dari Pendidikan langsung mendapatkan pekerjaan merupakan sebuah kebanggaan tersendiri.

Di dunia pekerjaan memanglah tak semanis ekspektasi orang-orang. Banyak orang setelah mendapat pekerjaan mengalami struggle. Mulai dari bos yang tidak menyebalkan, teman-teman kantor yang iri dengan sesama karyawan, bahkan lingkungan kerja yang sangat toxic ataupun terdapat alasan tertentu yang mengharuskan untuk resign. 

Jika keadaan tersebut sudah mulai mengganggu kesehatan mental, Anda harus resign dari tempat kerja dan mulai mencari tempat kerja yang baru. Sebelum Anda yakin dengan keputusan resign dari tempat kerjamu pastikan kamu menyiapkan beberapa alasan yang kuat serta melampirkan beberapa dokumen. Salah satunya ialah surat pengunduran diri

Baca juga: Cara Membuat Surat Pengunduran Diri yang Benar, Ada Contohnya Juga!

Surat pengunduran diri ditujukan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja. Agar Anda tidak salah dalam menulis surat pengunduran diri, hendaknya Anda melihat contoh surat pengunduran diri serta memperhatikan unsur-unsur surat yang harus ada didalam surat pengunduran diri.

Penasaran dengan ulasan ini? yukk simak terus ulasan ini sampai Anda menemukan jawabannya.

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Resign

Resign dari pekerjaan memanglah tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan sebelum resign dari perusahaan. Agar keputusan Anda semakin mantap untuk resign, berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum resign, diantaranya:

      1. Mendiskusikan dengan atasan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendiskusikan dengan atasan. Cobalah untuk menceritakan masalahmu dan struggle selama Anda bekerja. Atasanmu akan mencoba meyakinkanmu terlebih dahulu dan akan memberikan solusi terbaik. 

      2. Memperjelas tujuan dan alasan resign

Jika keputusanmu sudah mantap akan resign, paparkan tujuan dan alasan resign apapun itu dengan atasanmu. Pastikan keputusan ini sudah dipikirkan matang-matang. Hal ini dikarenakan menyangkut masa depanmu.

Baca juga: Sangat Populer, Ini Chord dan Lirik Surat Cinta Untuk Starla, Sinopsis Film Juga Ada!


      3. Mengecek Kontrak kerja perusahaan

Selanjutnya cek masa kerjamu di perusahaan. Masa kerja disebut juga kontrak kerja. Jika Anda ingin resign namun masih memiliki kontrak kerja perlu dipertimbangkan kembali. Di beberapa perusahaan akan dikenai denda jika resign sebelum habis masa kontrak kerja.

      4. Patuhi aturan pengunduran diri di perusahaan Anda bekerja

Di perusahaan manapun pastilah mempunyai aturan tersendiri, termasuk juga aturan dalam pengunduran diri. Anda harus mengikuti prosedur dan aturan yang berlaku yang terdapat di perusahaan Anda bekerja.

Hal yang Harus Ada Di Dalam Surat Pengunduran Diri

Mengundurkan diri dari pekerjaan memanglah keputusan yang sulit. Namun jika Anda sudah mantap untuk resign dari perusahaan maka diharuskan untuk membuat surat pengunduran diri. Membuat surat pengunduran dari pekerjaan tidak boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan unsur-unsur yang harus ada di dalam surat pengunduran diri. Berikut hal-hal yang harus ada di dalam surat pengunduran diri yang tidak boleh Anda lewatkan, diantaranya:

      1. Tujuan yang logis dan masuk akal

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah tujuan dan alasan mengundurkan diri dari pekerjaan. Terangkanlah di dalam surat pengunduran tujuan dan alasan dengan singkat, padat dan jelas serta tidak bertele-tele. Hal ini dikarenakan perusahaan hanya ingin mengetahui alasan resign, bukan rencanamu 5 tahun kedepan.

      2. Identitas diri

Selanjutnya, hal yang harus ada didalam surat pengunduran diri ialah identitas diri. Tulislah identitas Anda meliputi nama, alamat serta jabatan di dalam perusahaanmu. Hal ini bertujuan untuk data perusahaan serta untuk mencantumkan informasi lebih mendetail.

Baca juga: Rendah Diri? Termasuk yang Manakah Kamu?

      3. Ucapkan kata mohon maaf

Mengucapkan kata mohon maaf sangatlah diperlukan. Memohon maaf ketika mengundurkan diri dari pekerjaan bertujuan untuk meminta maaf ketika selama bekerja didalam perusahaan melakukan kesalahan ataupun ada beberapa pekerjaan yang belum beres ketika mengundurkan diri. 

      4. Ucapkan juga kata terimakasih

Selain mengucapkan kata maaf, mengucapkan kata terimakasih juga diperlukan di dalam surat pengunduran diri. Hal ini bertujuan untuk berterima kasih karena sudah diterima bekerja diperusahaan tersebut. Selain itu, ketika menambahkan kata terimakasih juga menunjukan bahwa Anda orang yang rendah hati serta tampak professional.

      5. Gunakanlah pemilihan kata dan Bahasa yang sopan

Dalam menulis surat pengunduran diri haruslah menggunakan kata dan Bahasa yang sopan. Meskipun Anda akan keluar dari perusahaan bukan berarti Anda menggunakan Bahasa yang sembarangan. Dengan menggunakan Bahasa yang sopan Anda akan dikenal baik di tempat kerja yang lama sehingga dapat menjadi batu loncatan untuk karir Anda di masa depan.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Setelah mengetahui beberapa unsur yang harus ada di dalam surat pengunduran diri, berikut contoh surat pengunduran diri yang bisa Anda tiru.

Wonosobo, 14 Januari 2021

Baca juga: Kalimat Pembuka Surat: Pengertian, Contoh Lengkap

Kepada

Yth. Pimpinan perusahaan

  1. Astra Honda

Wonosobo

 

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Baca juga: Surat Cinta Untuk Starla Chord by Virgoun Untuk Anda yang Sedang Bucin

Nama:………………………

Alamat:……………………

Jabatan:…………………..

 

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal 1/01/2021 karena kontrak kerja sudah berakhir.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terimakasih sebesar-besarnya karena Bapak/Ibu sudah memberi kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja dengan profesional. Saya juga berterima kasih atas bimbingan yang sudah diberikan selama bekerja di perusahaan baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Tidak lupa saya juga ingin mengucapkan rasa terimakasih kepada rekan-rekan kerja yang sudah berjuang bersama dalam  mencapai target perusahaan.

Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya karena tidak menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mohon maaf apabila selama bekerja saya melakukan kesalahan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Semoga perusahaan Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lebih baik lagi.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri tanpa ada paksaan dari siapapun/ pihak manapun.

Hormat saya,

 

(……………….)

 

Itulah contoh surat pengunduran diri yang bisa Anda tiru. Selain itu, Anda bisa memodifikasi contoh surat pengunduran sesuai kebutuhan. Anda juga bisa memodifikasinya ke dalam Bahasa Inggris. 

Mengundurkan diri dari pekerjaan memanglah keputusan yang tidak mudah. Mengundurkan diri pastinya sudah mempunyai alasan yang kuat, mulai dari masalah keluarga yang mengharuskan meninggalkan pekerjaan ataupun mempunyai lingkungan tempat kerja atau bos yang toxic sehingga mengharuskan meninggalkan pekerjaan demi kesehatan mental.

Di dalam perusahaan pastilah mempunyai aturan termasuk dalam resign dari pekerjaan. Ketika mengundurkan diri pastinya harus menggunakan surat pengunduran diri. Membuat surat pengunduran diri tidak boleh sembarangan. Ulasan ini mungkin cocok untuk Anda yang sedang mempersiapkan untuk pengunduran diri.

Semoga ulasan ini dapat membantu Anda dalam membuat surat pengunduran diri. Anda juga bisa mencontoh dan memodifikasi contoh surat pengunduran diri yang terdapat di dalam ulasan ini sesuai kebutuhanmu.

surat surat pengunduran diri contoh surat pengunduran diri

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle