Tsunami hingga Gempa Bumi, Ini 5 Film tentang Bencana Alam

Sabtu, 10 Desember 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Tsunami Hingga Gempa Bumi, Ini 5 Film Tentang Bencana Alam

The Impossible. (Special)

Ladiestory.id - Bencana alam merupakan sebuah peristiwa yang tidak diharapkan dan tidak dapat diketahui kehadirannya. Tak jarang, bencana alam, seperti tsunami, angin topan, banjir, tanah longsor hingga gempa bumi, merenggut korban jiwa.

Rupanya, bencana alam juga kerap menginspirasi para sineas menjadi sebuah film. Film tentang bencana alam bisa memberikan gambaran berada di lokasi bencana. Nah, berikut lima film tentang bencana alam yang menegangkan nan mengerikan.

The Impossible

The Impossible. (Special)

“The Impossible” merupakan sebuah film yang dibintangi oleh Tom Holland, Naomi Watts, dan Ewan McGregor. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang menghabiskan masa liburan bersama di Thailand. Mereka menikmati suasana natal di sebuah hotel dekat pantai.

Namun, siapa sangka satu hari setelah natal berlalu, musibah tsunami datang meratakan semua bangunan dan keindahan yang ada di lokasi tersebut. Banyak orang berlarian berusaha untuk menyelamatkan diri. Tak sedikit korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Film ini berfokus pada keluarga kecil Lucas (Tom Holland) yang berusaha untuk bertahan hidup setelah melewati bencana tsunami. Mereka berusaha untuk saling menemukan anggota keluarga yang lain, meski di tengah harapan yang begitu kecil.

The Day After Tomorrow

The Day After Tomorrow. (special)

“The Day After Tomorrow” akan membuat kamu merinding saat menontonnya. Pasalnya, film ini menyajikan gambaran tentang kemurkaan alam yang sangat nyata. Film ini menceritakan tentang seorang peneliti bernama Jack Hall (Dennis Quaid) bersama dua orang rekannya, yaitu Jason (Dash Mihok) dan Frank (Jay O Sanders).

Mereka melakukan penelitian di Benua Amerika, sampai suatu ketika terjadi retakan besar yang seakan-akan siap membelah benua tersebut. Jack akhirnya mengonfirmasi temuannya tersebut pada Konferensi Pemanasan Global PBB yang dihadiri banyak negara.

Profesor Terry Rapson (Ian Holm) juga menemukan adanya penurunan suhu air dalam skala besar dalam waktu bersamaan di Atlantik Utara. Bencana alam mulai menghampiri semua negara yang ada di dunia, termasuk di New York yang mengalami gelombang air pasang dengan tinggi setengah patung Liberty, sementara di Jepang mulai hujan salju yang berukuran bola baseball.

Semua penduduk di dunia sibuk untuk mencari tempat perlindungan. Padahal, kondisi setiap negara pada saat itu sedang menghadapi bencana akibat dari mencairnya es di Atlantik Utara. Lalu, di manakah setiap orang akan mendapatkan perlindungan?

San Andreas

San Andreas. (Special)

“San Andreas” merupakan sebuah film yang terinspirasi dari kisah nyata, yaitu sebuah patahan San Andreas yang cukup terkenal di California, Amerika Serikat. Patahan tersebut mengakibatkan gempa dengan kekuatan yang sangat besar, hingga tercatat sebagai gempa terbesar dalam sejarah.

Film ini akan berfokus pada Ray Gaines (Dwayne Johnson) yang merupakan seorang pilot helikopter. Ia menyaksikan kehancuran San Andreas dari helikopter, dan berusaha menyelamatkan mantan istri dan anaknya menuju lokasi yang lebih aman.

Volcano

Volcano. (Special)

Film ini mengisahkan tentang peristiwa gunung berapi aktif yang ternyata berlokasi di bawah pusat kota Los Angeles, Amerika Serikat. Suatu hari, Los Angeles mulai memanas, tepat di La Brea Tar Pits, gunung berapi tersebut mengamuk serta memuntahkan lahar panas yang  menghujani seluruh kota. Kondisi pusat kota dengan banyak penduduk tersebut menjadi kacau dengan sejumlah penderitaan yang tiada akhir.

Twister

Twister. (Special)

Film ini mengisahkan tentang bencana alam karena adanya tornado. Film ini mengisahkan tentang Dr. Jo (Helen Hunt) seorang ahli meteorologi yang terobsesi dengan tornado. Hal ini berawal saat ia harus kehilangan sang ayah ketika menghadapi tornado yang mendekati kediaman mereka. Akhirnya, Dr. Jo menciptakan sebuah alat untuk meneliti kekuatan tornado.

Ada yang sudah kamu tonton, Ladies?