8 Model Baju Batik Zaman Sekarang, Anti Ketinggalan Tren Fashion

Kamis, 29 Juli 2021 | 15:29:36

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

8 Model Baju Batik Zaman Sekarang, Anti Ketinggalan Tren Fashion

Foto: instagram.com/claurakiehl

Batik adalah kain khas Indonesia bermotif yang dibuat dengan menuliskan lilin panas di atasnya. Sering dengan perkembangan zaman, batik tidak hanya ditulis dengan tangan, tetapi kini ada pula yang dicetak dan memiliki beragam pilihan warna. Batik kerap kali digunakan sebagai bawahan untuk dipadukan dengan kebaya atau atasan lain.

Namun, kain batik juga mengalami perkembangan tren fashion seiring dengan berjalannya zaman. Batik banyak digunakan untuk dijadikan atasan. Bahkan busana dengan motif batik kerap digunakan untuk menghadiri acara formal, seperti pesta, kondangan, atau bahkan sebagai busana kerja.

Model baju batik juga disesuaikan dengan tren yang sedang berkembang. Maka dari itu, pilihan model baju batik zaman sekarang tentu lebih beragam. Berikut ini model baju batik zaman sekarang yang dapat menginspirasi Anda.

1. Fashion Kemeja Wanita 

Kemeja batik wanita merupakan salah satu model pakaian yang sering dikenakan oleh pria maupun wanita. Model baju ini kerap dijadikan andalan untuk tampil formal maupun semi formal.

Biasanya kemeja memiliki model yang sederhana, berkerah, dan memiliki kancing penuh di bagian depan baju. Kain batik cukup populer untuk dibuat model kemeja. Kemeja batik wanita modern kerap digunakan untuk tampilan formal dan cocok dikenakan sebagai busana kerja.

2. Gaya Fashion Batik Blouse

Foto: instagram.com/aestetika_

 

Blouse atau blus menjadi model baju yang kerap dikenakan wanita. Biasanya blus dibuat tanpa kancing penuh di bagian depan, dengan ataupun tanpa kerah. Blus juga memiliki model yang lebih beragam, termasuk dengan motif batik. Blus batik cocok untuk dikenakan di acara formal maupun semi formal. Baju ini juga cocok untuk dikenakan sebagai busana kerja.

3. Batik Dress Fashion Elegan

Foto: instagram.com/inspirasibatik.indo

 

Dress dengan motif batik pun cukup lumrah ditemukan. Model dress batik juga cukup bermacam-macam, seperti halter dress, dan sabrina dress. Dress batik memberikan kesan yang elegan dan cantik, sehingga cocok untuk dikenakan saat menghadiri pesta atau kondangan.

4. Maxi Dress atau Gamis

Foto: instagram.com/vebbypalwinta

 

Bagi Anda yang berhijab atau senang dengan dress panjang, maxi dress atau gamis bermotif batik juga tak kalah cantik. Gamis batik dapat memberikan kesan penampilan yang anggun dan elegan, sehingga cocok untuk dikenakan untuk menghadiri pesta atau kondangan.

5. Outer Fashion Batik Modern

Foto: instagram.com/inspirasibatik.indo

 

Sama seperti namanya, outer merupakan model luaran baju yang dikenakan setelah mengenakan dalaman, seperti kaos. Outer batik membuat penampilan terlihat lebih chic dan kece.

6. Skirt atau Rok

Foto: instagram.com/inspirasibatik.indo

 

Skirt atau Rok merupakan jenis bawahan mulai dari bagian pinggang dan hanya memiliki satu lubang. Sejak zaman dahulu, batik memang cocok untuk dikenakan sebagai bawahan. Maka, rok motif batik pun tentu membuat penampilan semakin terlihat feminin dan anggun. Model rok batik pun bermacam-macam, seperti A-line skirt, lilit, hingga span.

7. Celana Batik Wanita

Foto: instagram.com/inspirasibatik.indo

 

Selain rok, batik juga cocok untuk digunakan sebagai celana. Model celana dan motif batik yang bervariasi membuat penampilan Anda tidak monoton. Celana batik juga cocok untuk dikenakan sebagai busana kerja.

8. One Set Baju Batik Santai

Foto: instagram.com/inspirasibatik.indo

 

Sama seperti namanya, one set batik berarti pakaian batik yang teridiri dari set atasan dan bawahan yang memiliki motif yang sama. Model dari one set pun bermacam-macam, seperti celana dan atasan batik atau atasan dan rok dengan model atasan yang bervariasi.

Itulah beberapa model baju batik yang menjadi tren belakangan. Semoga bermanfaat.