Meski Gigi Tampak Menarik, Ini 6 Dampak Buruk dari Veneer Gigi

Selasa, 10 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Meski Gigi Tampak Menarik, Ini 6 Dampak Buruk Dari Veneer Gigi

Veneer Gigi (special)

Ladiestory.id - Veneer gigi merupakan salah satu treatment kecantikan agar tampilan gigi terlihat lebih indah, sehat, bersih, dan menarik. Veneer gigi dapat membuat penampilan seseorang lebih memesona dan terlihat memukau, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Treatment kecantikan ini bertujuan untuk memperbaiki warna serta komposisi pada gigi yang rusak atau patah. Namun, saat ini pun veneer gigi menjadi sebuah tren kecantikan yang paling diminati dalam hal menunjang penampilan. Walaupun dapat memberikan tampilan gigi lebih menarik, namun terdapat enam dampak buruk dari melakukan veneer gigi, lho. Berikut di antaranya.

Tampilan Gigi Asli Terkikis

Ilustrasi periksa dokter gigi. (Special)

Sebelum melakukan treatment kecantikan ini, ada baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait. Tindakan veneer gigi ini dilakukan dengan pengikisan enamel pada gigi. Pengikisan ini sangat diperlukan agar cetakan pada gigi nantinya muat dan dapat terpasang dengan kondisi yang pas dan sempurna.

Saat sudah melakukan veneer dan ingin menggantinya seperti semula, hal ini sudah tidak memungkinkan dilakukan lagi karena telah dilakukan proses pengikisan pada gigi sebelumnya. Bahkan, bentuknya pun tidak bisa kembali seperti sedia kala.

Gusi Alami Iritasi

Ilustrasi sakit gigi. (Special)

Treatment dari veneer gigi ini juga akan berpengaruh pada gusi, khususnya saat menggunakan veneer dengan bahan porcelin. Warna veneer ini mengandung sifat etsa asam yang dapat memicu terjadiya kerusakan pada gusi maupun gigi. Tak hanya itu, gusi akan mudah mengalami iritasi dan menyebabkan posisi gusi menjadi turun hingga dapat mematikan jaringan sekitar gusi.

Gigi Jadi Sensitif

Ilustrasi sakit gigi. (Special)

Akibat melakukan veneer gigi, tentunya gigi akan bereaksi bahkan menimbulkan gejala yang sensitif. Struktur dan kemampuan proteksi email gigi juga akan mengalami penurunan bahkan akan menimbulkan rasa nyeri dan sensitif yang luar biasa hingga gigi menjadi ngilu.

Tipisnya lapisan enamel juga akan membuat gigi menjadi mudah rapuh dan keropos. Hal ini juga akan mempengaruhimu saat sedang mengonsumsi makanan dan minuman baik panas ataupun dingin. Selain itu, veneer gigi juga biasanya akan terlepas sehingga gigi harus kembali diasah jika ingin dipasang ulang.

Gigi Berlubang

gigi berlubang. (Special)

Ladies, ada baiknya jika kamu melakukan treatment dental veneer ini ke dokter yang kompeten dan terpercaya. Apabila kamu melakukan di tempat yang kurang kompeten, maka dapat menimbulkan risiko dan masalah tak terduga, salah satunya gigi menjadi berlubang.

Jika dilakukan bukan pada ahlinya, maka hal ini pun dapat memperburuk kondisi gigimu. Alhasil, gigimu menjadi berlubang dan adanya celah yang timbul di antara gigi lainnya. Jangan mudah tergiur dengan biaya yang murah karena belum tentu prosedurnya dilakukan dengan sehat dan aman.

Warna Lapisan Veneer dan Gigi Asli Berbeda

Ilustrasi gigi. (Special)

Ketika memutuskan untuk melakukan veneer gigi, maka warna lapisan veneer yang akan digunakan biasanya tidak akan sama dengan warna gigi aslinya. Karena saat veneer sudah dipasang, warna veneer tidak bisa diubah kembali. Maka dari itu, kamu pun bisa mempertimbangkan dan memikirkan hal ini.

Biaya Perawatan yang Besar

Ilustrasi mengelola keuangan. (Special)

Untuk melakukan treatment kecantikan veneer gigi ini juga memerlukan biaya perawatan yang besar. Bahkan, biaya veneer bisa dimulai dari harga empat hingga delapan jutaan untuk satu giginya. Belum lagi jika kamu ingin melakukan veneer gigi secara total. Veneer gigi juga perlu perawatan bulanan untuk menjaga kesehatan dan keindahannya tetap terjaga.

Nah, bagaimana menurutmu Ladies? Tertarik untuk mencobanya?