5 Dampak Negatif Bekerja di Lingkungan yang Bising bagi Kesehatan

Jumat, 17 Februari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Dampak Negatif Bekerja Di Lingkungan Yang Bising Bagi Kesehatan

Ilustrasi bising. (Special)

Ladiestory.id - Bekerja di rumah atau perkantoran yang memiliki lingkungan bising ternyata tak hanya membuat kuping berdengung dan menghambat konsentrasi, tapi bisa pula menyebabkan berbagai dampak pada kesehatan, lho. Suara bising bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya suara kendaraan dari jalan raya, proses pembangunan ruang, hingga suara manusia yang dapat menyebabkan polusi suara.

Dilansir World Health Organization (WHO), berikut  lima dampak negatif yang muncul akibat bekerja di lingkungan yang bising bagi kesehatan.

Sebabkan Penyakit Jantung

Ilustrasi sakit jantung. (Special)

Salah satu penyakit yang muncul akibat suara dan lingkungan yang bising ialah gejala penyakit jantung. Tanpa kamu sadari, seseorang yang fisiknya terlihat sehat dan bugar pun berisiko mengalami penyakit jantung mendadak, darah tinggi ,hingga stroke.

Apalagi, bagi mereka yang berada dalam lingkungan yang bising dan dalam waktu yang cukup lama. Selain sangat mengganggu konsentrasi, hal ini tentunya dapat mengancam kesehatan.

Untuk mengatasi kebisingan, kamu dapat memasang alat pengedap suara atau memasang pelindung telinga. Hal ini guna meminimalkan polusi suara dan tingkat kebisingan agar tak mengganggu pekerjaanmu.

Ganggu Sistem Saraf

Ilustrasi pusing. (Special)

Selain dapat membuat seseorang tidak fokus dan mengganggu konsentrasi saat bekerja, lingkungan yang ribut dan bising pun dapat mengganggu masalah kesehatan dan menyerang sistem saraf. Sehingga, tubuh akan merespons untuk meningkatkan sistem endokrin yang ada di otak dan saraf otonom. Hal in dapat mengakibatkan terjadinya tekanan darah, meningkatnya denyut jantung dan gangguan pernapasan. Selain itu, tubuh otomatis akan mudah merasa stres bahkan pembuluh darah bisa mengecil.

Picu Terjadinya Gangguan Mental

Ilustrasi stres. (Special)

Lingkungan yang bising juga dapat membuat mengalami masalah gangguan mental, lho. Hal ini dikarenakan kondisi yang bising dapat memengaruhi perasaan seseorang, sehingga meningkatkan gejolak emosi, kecemasan, kegelisahan, rasa marah, bahkan stres yang tinggi.

Sehingga seseorang pun akan mudah mengalami pusing, sakit kepala, perubahan mood, bahkan ketidakseimbangan dalam emosional. Tentunya hal seperti ini akan sangat menghambat produktivitas kerja seseorang, bahkan kinerja menjadi tidak optimal.

Alami Gangguan Tidur

Ilustrasi insomnia. (Special)

Saat kamu selesai beraktivitas, tubuh akan tetap mersepons adanya polusi suara, bahkan saat kamu sedang beristirahat. Maka tak heran jika kualitas tidurmu menjadi tidak optimal, bahkan bisa menyebabkan gangguan tidur atau insomnia.

Akibatnya, tidur menjadi tidak berkualitas bahkan kamu akan mudah merasa lelah baik secara fisik dan mental. Hal ini pun dapat mengganggu fungsi otak dan kemampuan berpikirmu, sehingga dapat mempengaruhi produktivitas kerja pada keesokan harinya.

Alami Gangguan Pendengaran

Ilustrasi bising. (Special)

Masalah kesehatan lainnya yang dapat ditimbulkan akibat polusi suara di tempat atau lingkungan yang bising ialah seseorang akan mengalami gangguan pendengaran. Kebisingan dan noise yang terus-menerus mengganggu tak hanya membuat konsentrasi dan kemampuan berpikir menjadi terhambat, tapi sesorang bisa kehilangan fungsi pendengarannya, baik secara cepat atau lambat.

Gendang telinga akan melemah, bahkan bisa menyebabkan terjadinya tuli. Walaupun banyak yang mengabaikan dan menganggap sepele, nyatanya efek kesehatan ini dapat memberikan masalah yang sangat serius bagi kesehatan seseorang. Maka dari itu, sebaiknya kamu dapat mencegah dengan mengubah suasana dan lingkungan kerja menjadi lebih tenang agar dapat tetap produktif.