Dapat Kurangi Cemas Sebelum Tidur, Yuk Terapkan Teknik Pernapasan 4-7-8!

Kamis, 11 Januari 2024 | 16:56:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Dapat Kurangi Cemas Sebelum Tidur, Yuk Terapkan Teknik Pernapasan 4-7-8!

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Setiap orang pasti menginginkan tidur yang cukup dan berkualitas untuk mengembalikan energi tubuhnya. Namun, tak dapat dipungkiri terkadang seseorang merasa kesulitan untuk tidur dan timbul perasaan cemas dan khawatir berlebih.

Mengatasi hal tersebut, seseorang bisa coba untuk melakukan teknik pernapasan 4-7-8. Latihan relaksasi tersebut dapat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh dan mengatur respons “fight-or-flight” yang kerap dirasakan seseorang kala sedang merasa stres. 

Teknik pernapasan 4-7-8 dapat membantu seseorang untuk mengendalikan pernapasannya. Teknik ini berarti menarik napas selama 4 detik, menahan napas selama 7 detik, dan membuang napas selama 8 detik.

Berdasarkan metode yoga kuno yang disebut pranayama, teknik ini dikembangkan oleh Dr. Andrew Weil. Teknik pernapasan ini dirancang untuk membawa tubuh ke dalam keadaan relaksasi yang mendalam.

“Yang paling sering menyebabkan kesulitan tidur adalah orang-orang yang kesulitan untuk tertidur karena pikiran mereka sibuk,” kata Rebecca Robbins, instruktur kedokteran di Harvard Medical School dan ilmuwan asosiasi divisi gangguan tidur dan sirkadian di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston. 

“Tetapi lakukan teknik 4-7-8 memberi Anda kesempatan untuk berlatih bersikap damai. Dan itulah yang perlu kita lakukan sebelum tidur,” sambungnya.

Saat menahan napas selama 7 detik, tubuh akan mengisi kembali oksigennya. Teknik ini dapat membantu memberikan dorongan oksigen yang sangat dibutuhkan organ dan jaringan tubuh manusia.

Latihan relaksasi tersebut dapat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh dan mengatur respons “fight-or-flight” yang kerap dirasakan seseorang kala sedang merasa stres. Saat merasa sulit tidur karena rasa cemas dan khawatir yang berkepanjangan, lakukanlah teknik ini untuk mengatasi hal tersebut.

Cara Melakukan Teknik 4-7-8

Sebelum melakukan teknik 4-7-8, terlebih dahulu carilah tempat duduk atau berbaring yang nyaman. Bersiaplah dengan  menyandarkan ujung lidah pada langit-langit mulut, tepat di belakang gigi depan atas. Pastikan lidah tetap berada di tempatnya selama melakukan teknik tersebut.

  1. Biarkan bibir terbuka, keluarkan suara mendesis, embuskan napas sepenuhnya melalui  mulut.
  2. Kemudian tutup bibir, tarik napas tanpa suara melalui hidung sambil menghitung sampai 4 detik.
  3. Tahan napas selama 7 detik.
  4. Buang napas dari mulut selama 8 detik.