Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | DARI YOGA HINGGA BERHUBUNGAN SEKS, KEBIASAAN INI BIKIN AWET MUDA DAN MAKIN SEHAT

Dari Yoga hingga Berhubungan Seks, Kebiasaan Ini Bikin Awet Muda dan Makin Sehat

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Kamis, 08 April 2021 | 02:08:43
Durasi baca: 3 menit, 42 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Dari Yoga hingga Berhubungan Seks, Kebiasaan Ini Bikin Awet Muda dan Makin Sehat 

Usia hanyalah perihal angka. Seiring bertambahnya usia, semua orang ingin terlihat awet muda dan bertambah sehat. Seperti halnya artis cantik Sophia Latjuba yang awet muda dan makin mempesona meski sudah menginjak usia 50 tahun.  

Proses penuaan sebetulnya bisa diperlambat dengan cara melakukan kebiasaan yang membuat tubuh sehat dan perasaan bahagia. Kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat dilakukan di rumah. Nah, berikut ini enam kebiasaan di rumah yang bikin awet muda dan makin sehat dilansir dari laman Shape

Beri Diri untuk Istirahat

Studi terbaru menunjukkan stres menyebabkan perubahan fisik dalam tubuh yang dapat mempercepat penuaan. Lonjakan hormon adrenalin dan kortisol menyebabkan tekanan darah naik dan jantung berdetak lebih cepat. Jumlah hormon adrenalin dan kortisol yang besar sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional. 

Baca juga: Kunci Sukses di Usia Muda Menurut Forbes Billionaires List

Herbert Benson, dokter, penulis The Relaxation Response, sekaligus pendiri dan Direktur Emeritus dari Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine di Boston, Amerika Serikat mengatakan cara paling efektif menghentikan stres adalah bermeditasi atau mengistirahatkan tubuh menggunakan teknik yang disebut Benson sebagai "respons relaksasi". 

Teknik ini melibatkan pengulangan mantra--kata, suara, frase, atau doa-- paling sedikit 10 menit sehari. Cobalah melakukannya sekali atau dua kali dalam sehari selama 10-20 menit. Duduklah di tempat yang tenang, tutup mata, rilekskan otot, putar kepala, leher, dan bahu, serta tarik napas dalam-dalam. Pada setiap hembusan napas, ulangi mantra serta biarkan secara perlahan pikiran menjadi tenang. 

Konsumsi Lebih Banyak Lemak Sehat 

Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak sehat yang biasa ditemukan dalam ikan salmon, ikan kembung, dan biji-bijian. Menurut Nicholas Perricone, pakar anti-penuaan terkemuka sekaligus penulis 7 Rahasia Kecantikan, Kesehatan, dan Umur Panjang, asam lemak omega-3 membantu menstabilkan suasana hati, menjaga kekuatan tulang, serta mencegah tanda-tanda penuaan dengan mengurangi peradangan dalam tubuh. 

"Omega-3 juga meningkatkan kemampuan enzim tubuh mengeluarkan lemak dari penyimpanan--dari pinggul-- dan menggunakannya sebagai energi. Omega-3 membuat Anda tetap sehat dan kulit bercahaya."

Jika tidak mendapat cukup omega-3 dari makanan, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan. 

Baca juga: Menjaga Makanan Langkah Awal Agar Wajah Tetap Awet Muda


Olahraga Teratur 

Olahraga teratur tidak hanya membantu menurunkan berat badan, membentuk otot, membangun tulang yang lebih sehat, dan meningkatkan suasana hati, tapi juga membantu berpikir jernih. Studi yang dikutip National Institute on Aging menunjukkan hubungan antara latihan fisik dan kekuatan otak yang lebih baik. 

"Berjalan hanya 10 menit sehari menurunkan risiko alzheimer hingga 40 persen," kata Gary Small, Direktur UCLA Center on Aging dan salah satu penulis The Healthy Brain Kit. 

Luangkan waktu tiga kali dalam seminggu untuk berolahraga setidaknya selama 20 menit. Kamu dapat berlari, bersepeda, berenang, atau menari. "Latihan fisik dapat mengurangi stres dan kecemasan yang menghapus bank memori." 

Berhubungan Seksual 

Siapa pun yang pernah jatuh cinta atau menemukan aktivitas yang membuat mereka bersemangat melompat dari tempat tidur pada pagi hari tahu bahwa hasrat untuk "bergairah" adalah obat yang ampuh. "Itu adalah motivasi utama dari semua aktivitas manusia," kata Gail Sheehy dalam bukunya, Sex and the Seasoned Woman. 

Gairah di tempat tidur bisa sangat bermanfaat seperti meningkatkan harga diri, mendorong sistem kekebalan, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. "Sentuhan penuh kasih melepaskan hormon, termasuk oksitosin, yang mengurangi stres dan kecemasan," kata Mehmet Oz, profesor bedah dan Wakil Ketua Layanan Kardiovaskular di New York-Presbyterian/Columbia University. 

Baca juga: Hobi Yang Bisa Menjadikan Kamu Seorang Pengusaha Muda

Cobalah usir kebosanan dan isolasi dengan segala cara. Nyalakan kembali api cinta bersama pasangan atau menemukan cinta yang baru bagi kamu yang sendiri. 

Minum Anggur Merah

Sebuah penelitian inovatif menunjukkan tikus yang menjalani diet tinggi lemak dilengkapi dengan resveratrol, zat yang ditemukan di kulit anggur, memiliki umur rata-rata lebih lama daripada tikus yang tidak diberi resveratrol. 

Menurut peneliti utama studi Rafael de Cabo dari National Institute on Aging, resveratrol mengurangi risiko diabetes dan masalah hati pada tikus, yang menyebabkan penurunan signifikan pada kematian terkait dengan obesitas. Namun, masalahnya kamu harus minum 180 botol anggur merah sehari untuk mendapatkan manfaat yang sama," ujarnya. 

Melakukan Yoga

Memperoleh lebih banyak energi, postur tubuh yang lebih baik, fleksibilitas lebih besar, suasana hati lebih baik, dan lebih sedikit stres hanyalah beberapa manfaat dari latihan pikiran dan tubuh ini. "Yoga berarti 'persatuan' dalam bahasa Sanskerta," tutur Cyndi Lee, pendiri New York City's Om Yoga. 

Melalui pernapasan yoga, kata Lee, Anda menyadari hubungan antara pikiran dan tubuh. Hal itu diterjemahkan menjadi keuntungan anti-penuaan utama. Pernapasan yoga terbukti memberi oksigen pada sel, membersihkannya dari racun, mencegah penyakit, juga membuat kulit bercahaya. 

Baca juga: 5 Pose Yoga untuk Meningkatkan Kesuburan

Tidak seperti latihan lainnya, pose yoga dirancang untuk bekerja di dalam tubuh dan di luar yang membantu meremajakan sistem pencernaan, sistem reproduksi, bahkan sistem kekebalan. "Yoga ibarat memeras tubuh seperti kain lap. Itu salah satu cara terbaik membuat segala sesuatunya terus berjalan." 

Kegiatan positif di rumah Kegiatan yang bikin awet muda Kegiatan sederhana di rumah Kegiatan sehat di rumah

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle