5 Deretan Baju Adat yang Dikenakan Jokowi Saat HUT RI

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:00:00

Kevin Putranto

Penulis : Kevin Putranto

5 Deretan Baju Adat Yang Dikenakan Jokowi Saat Hut Ri

Jokowi mengenakan pakaian adat Buton. (youtube.com/sekretariat presiden)

Ladiestory.id - Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia selalu dimeriahkan dengan pakaian adat yang dipakai oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Setiap tahun, Jokowi selalu memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari  pakaian adat Jawa, Sumatra, hingga Sulawesi.

Jokowi mengatakan, penggunaan pakaian adat tersebut dilakukan untuk menunjukkan bahwa Indonesia sangatlah beragam, tidak hanya terdiri dari satu suku, agama dan budaya saja. Lantas, pakaian adat apa saja yang pernah dikenakan Jokowi saat perayaan HUT RI? Simak ulasan berikut, ya!

Adat Minangkabau

Jokowi mengenakan pakaian adat Minangkabau. (setkab.go.id)

Pada upacara HUT RI ke-73, Jokowi mengenakan pakaian adat Minangkabau, Linto Baro. Jokowi didampingi oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, yang menggunakan pakaian adat Minangkabau. Pakaian adat ini memiliki pesan khusus bagi laki-laki yang bertindak sebagai pemimpin, baik untuk keluarganya maupun masyarakat sekitar.

Adat Bali

Jokowi mengenakan pakaian adat Bali. (youtube.com/sekretariat presiden)

Pada upacara HUT RI ke-74, Jokowi mengenakan pakaian adat Klungkung, Bali. Baju adat yang dikenakan Jokowi tersebut berwarna hitam dipadukan dengan kain batik sebagai bawahan dan juga penutup kepala.

Ketua Pusat Unggulan Pariwisata Universitas Udayana, Bali, Anak Agung Suryawan Wiranatha, menerangkan pakaian adat yang dikenakan Jokowi adalah Bali utama atau disebut Payas Agung. Pakaian adat Payas Agung biasanya dikenakan oleh para keluarga raja di Bali. Sementara itu, ikat kepala yag dipakai Jokowi, menurut Agung, dinamakan udeng dengan warna emas.

Adat Timor Tengah Selatan

Jokowi mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan. (youtube.com/sekretariat presiden)

Pada upacara HUT RI ke-75, Jokowi mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Pakaian adat ini memiliki motif bentuk belah ketupat dengan batang tengah yang berarti sumber air. Bagian pinggirnya yang bergerigi melambangkan wilayah bebukit dan berkelok-kelok.

Pakaian adat yang dikenakan Jokowi tersebut disertai ikat kepala. Selanjutnya, ada pula tas sirih pinang dan kapur.

Aksesori itu untuk menunjukkan budaya makan sirih pinang, sebagai budaya pemersatu atau persatuan dan juga melambangkan tanda kasih dan hormat. Maka, tas sirih pinang selalu menjadi pelengkap pakaian adat tersebut.

Adat Lampung

Jokowi mengenakan pakaian adat Lampung. (youtube.com/sekretariat presiden)

Pada upacara HUT RI ke-75, Jokowi mengenakan pakaian adat Pepadun dari Provinsi Lampung. Pakaian adat yang dikenakan Jokowi ini terdiri atas baju lengan panjang putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna senada.

Pada bagian luar, dibalut dengan sarung tumpal, yaitu kain sarung khas Lampung yang dipakai kepala negara menutup celana dari pinggang hingga lutut.

Adat Buton

Jokowi mengenakan pakaian adat Buton. (youtube.com/sekretariat presiden)

Pada upacara HUT RI ke-77, Jokowi mengenakan pakaian adat Buton, Dolomani dari Sulawesi Tenggara. Makna pakaian adat ini melambangkan perjalanan seorang pemimpin dan pemimpin harus waspada terhadap budaya.