Deretan Makanan dengan Kandungan Melatonin yang Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Rabu, 7 Februari 2024 | 21:27:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Deretan Makanan Dengan Kandungan Melatonin Yang Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi tidur berkualitas. (Freepik.com)

Daftar isi

Ladiestory.id - Tingginya mobilitas seseorang dapat membuat kualitas tidur mereka menurun. Kekurangan tidur bisa diakibatkan dari suasana hati, tingkat energi, produktivitas, dan kesehatan secara keseluruhan yang tidak memadai. Penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas menjadi lebih umum terjadi pada mereka yang kurang tidur.

Salah satu hormon yang berperan penting dalam mengatur waktu tidur adalah melatonin. Melatonin sering disebut 'hormon tidur' atau 'hormon kegelapan', diproduksi oleh kelenjar pineal sebagai respons terhadap kegelapan.

Melatonin menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk tidur lebih cepat dan lebih lama, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, perlindungan terhadap stres oksidatif, dan mendukung suasana hati dan kesehatan mental.

Meskipun tubuh memproduksi melatonin secara alami, namun dilansir dari The Health Site Online, memasukkan makanan kaya melatonin ke dalam pola makan seseorang dapat menjadi strategi alami dan bergizi untuk meningkatkan kualitas tidur.

Berikut adalah berbagai makanan yang juga mengandung hormon melatonin yang dapat menjaga pola tidur dan memberikan kualitas tidur yang baik.

Almond

Ilustrasi makanan dengan melatonin. (Freepik.com)

Makanan pertama adalah almond. Makanan yang masuk ke dalam kacang-kacangan ini diketahui mengandung magnesium, kalsium, dan fosfor untuk relaksasi otot dan fungsi saraf.

Banyaknya kandungan baik yang bermanfaat untuk tubuh membuat almond menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

Jagung

Ilustrasi makanan dengan melatonin. (Freepik.com)

Makanan selanjutnya adalah Jagung. Makanan tinggi karbohidrat ini diketahui dapat meningkatkan kadar triptofan, mengubahnya menjadi serotonin dan melatonin.

Hal itu yang membuat jagung menjadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi bila ingin memiliki waktu tidur yang berkualitas.

Pisang

Ilustrasi makanan dengan melatonin. (Freepik.com)

Pisang juga disebut sebagai makanan kaya melatonin. Dikenal dengan kandungan melatonin, pisang juga menyediakan potasium, magnesium, dan vitamin B6.

Dengan mengonsumsi pisang, kamu tidak hanya mendapatkan manfaat sehat, tetapi juga memiliki waktu tidur yang berkualitas.

Sarden

Ilustrasi makanan dengan melatonin. (Freepik.com)

Ikan sarden yang berlemak dinilai kaya akan melatonin, omega-3, vitamin D, dan kalsium. Kandungan-kandungan gizi tersebut sangat baik untuk tubuh dan juga bisa membantu memberikan waktu tidur yang berkualitas.