Deretan Publik Figur Ternama Ini Ternyata Lulusan UNPAR Bandung

Selasa, 18 Januari 2022 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Deretan Publik Figur Ternama Ini Ternyata Lulusan Unpar Bandung

Natya Shina, publik figur lulusan UNPAR. (Instagram.com/@natyashina)

Ladiestory.id - Kuliah di universitas negeri terbilang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, universitas swasta pun tidak kalah bagus. Apalagi di beberapa kota besar, seperti Bandung memiliki banyak universitas swasta terbaik. Salah satunya adalah Univesitas Katolik Parahyangan (UNPAR).

Universitas swasta yang sudah berdiri sejak 1955 ini menawarkan kualitas pendidikan yang cukup baik. Lebih dari sepuluh program studi di UNPAR memiliki peringkat akreditasi A. Sehingga tak heran jika UNPAR menjadi kampus tujuan bagi calon mahasiswa di Bandung maupun luar daerah. Dalam daftar Indonesian Unversity Rankings pada 2020 lalu, UNPAR mampu menduduki peringkat ke-77.

UNPAR sudah meluluskan banyak sekali alumni berprestasi. Beberapa di antaranya bahkan dikenal sebagai salah satu publik figur Tanah Air. Lantas siapa sajakah publik figur lulusan UNPAR? Berikut ini beberapa di antaranya yang berhasil dirangkum Ladiestory.id.

1. Natya Shina

Natya Shina. (Instagram.com/@natyashina)

Selebgram yang juga merupakan member Pink Panda ini diketahui merupakan lulusan UNPAR jurusan Hubungan Internasional. Dirinya mengaku mahasiswa UNPAR saat membuat Instastory tentang DM followers-nya yang meminta Natya untuk menjadi joki UAS. Gara-gara posting-an Instastory Natya ini, beberapa waktu lalu dirinya menjadi viral dan mendapat kritik dari netizen.

2. Olga Lydia

Olga Lydia. (Instagram.com/@olgaly_dia)

Aktris sekaligus presenter Olga Lydia juga diketahui merupakan alumni Unpar. Dirinya dulu mengambil jurusan Teknik Sipil dan berhasil menyelesaikan pendidikannya pada 1994.

Pada awal kariernya, Olga Lydia banyak dikenal oleh masyarakat sebagai seorang model dan bintang iklan. Hingga akhirnya dirinya mengembangkan bakat dengan mencoba bidang lain, seperti menjadi presenter hingga pebisnis. 

3. Dewi Lestari

Dewi Lestari. (Instagram.com/@deelestari)

Dewi Lestari dikenal oleh publik dengan berbagai karyanya yang beragam, mulai dari lagu, buku, hingga film. Tak heran jika julukan multitalenta cocok disematkan pada perempuan kelahiran 1976 ini. Dewi Lestari juga menjadi salah satu publik figur lulusan UNPAR jurusan Hubungan Internasional.

4. Tulus

Tulus. (Instagram.com/@tulusm)

Penyanyi bersuara merdu, Tulus, juga merupakan salah satu lulusan UNPAR. Tulus diketahui merupakan lulusan jurusan Arsitek angkatan 2007. Meskipun kini menjadi salah satu penyanyi solo yang sukses, kabarnya Tulus tak akan meninggalkan dunia arsitektur yang ia cintai.

5. Vicky Shu

Vicky Shu. (Instagram.com/@vickyshu)

Vicky Shu juga merupakan salah satu alumni UNPAR jurusan Hubungan Internasional angkatan 2003. Meskipun kini dikenal publik sebagai seorang penyanyi solo, kabarnya dulu Vicky Shu mengambil jurusan HI lantaran bercita-cita menjadi diplomat.

6. Rio Dewanto

Rio Dewanto. (Special)

Suami dari Atiqah Hasiholan ini sudah banyak dikenal oleh publik lewat karya-karyanya dalam sinetron, FTV, film, model, hingga bintang iklan. Berbeda jauh dari profesinya sekarang yang seorang aktor, kabarnya dulu Rio Dewanto bercita-cita menjadi pengacara andal. Karena alasan inilah dirinya kuliah jurusan Hukum di UNPAR.  

7. Rini Sugianto

Rini Sugianto. (Special)

Rini Sugianto merupakan seorang animator berbakat yang kini berkarier di Amerika. Dirinya merupakan lulusan UNPAR untuk jurusan Arsitektur. Rini sudah banyak terlibat dalam penggarapan berbagai proyek film Hollywood, seperti The Avengers, Iron Man 3, Ted 2, dan Hunger Games: Catching Fire.

8. Hotman Paris Hutapea

Hotman Paris Hutapea. (Instagram.com/@hotmanparisofficial)

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea juga merupakan alumni UNPAR. Sesuai dengan profesinya sekarang, dulu Hotman Paris menempuh pendidikan jurusan Hukum di universitas swasta yang ada di Kota Bandung tersebut.

9. Otto Cornelis Kaligis

OC Kaligis. (Instagram.com/@amunisinews.co.id)

Otto Cornelis Kaligis atau OC Kaligis banyak dikenal oleh publik sebagai ayah dari aktris Velove Vexia. Selain itu, OC Kaligis juga dikenal sebagai pengacara kawakan yang sangat menjunjung tinggi keadilan. Seperti saat memperjuangkan nasib 35 sopir PPD yang menuntun dana pensiun. OC Kaligis ternyata juga merupakan salah satu alumni UNPAR jurusan Hukum angkatan 1961.

10. Marzuki Darusman

Marzuki Darusman. (Special)

Alumni UNPAR yang satu ini memang tidak berasal dari dunia entertainment. Marzuki Darusman lebih banyak dikenal oleh publik sebagai mantan Jaksa Agung yang sangat tegas menegakkan keadilan.

Dirinya diketahui merupakan salah satu alumni UNPAR jurusan Hukum. Selain sebagai Jaksa Agung, Marzuki Darusma juga pernah berkarier di bidang politik dengan menjabat sebagai Sekretaris Kabinet Republik Indonesia untuk periode 2001-2004.