Destinasi Tempat Wisata Aman Saat Pandemi, Sudah Sesuai Prokes Loh!

Thursday, 15 Jul | 17:59:06

LS Travel

Penulis : LS Travel

Destinasi Tempat Wisata Aman Saat Pandemi, Sudah Sesuai Prokes Loh!

Foto: Ladiestory.id

Sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia pemerintah membatasi semua aktivitas masyarakat baik bekerja, sekolah hingga liburan.

Semua bertujuan untuk menurunkan kasus positif Covid-19 yang kian hari kian mengkhawatirkan. 

Anjuran untuk berada di rumah saja selama kurang lebih satu tahun membuat banyak orang merasa bosan. Apalagi mereka yang terbiasa beraktivitas di luar merasa sangat terkurung jika harus melakukan semua aktivitas dari rumah. 

Untuk mengurangi kebosanan itu, sesekali mungkin boleh melakukan aktivitas meringankan penat seperti contohnya travelling.

Asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan dan tempat wisata yang dipilih memang memenuhi standar. 

Jika Anda ingin melakukan perjalanan liburan di masa pandemi ini, berikut beberapa destinasi wisata aman yang bisa kamu datangi. 

Destinasi Wisata Alam, Liburan Sekaligus Healing 

Foto: Instagram/infocimahi.co
Foto: Instagram/infocimahi

Masa pandemi seperti sekarang ini kita banyak diuji oleh banyak hal. Lambat laun semua itu dapat membuat kita stres hingga menurunkan imun dalam tubuh. Untuk menyiasatinya Anda membutuhkan liburan yang bertema alam seperti pegunungan, pantai atau air terjun. 

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, destinasi wisata alam juga dapat Anda jadikan healing dari banyaknya beban pikiran.

Baiknya lagi, wisata alam umumnya memiliki area yang sangat luas sehingga aman untuk para pengunjung yang diharuskan untuk social distancing. 

Destinasi wisata alam yang bisa Anda kunjungi adalah Kep. Seribu di kawasan Jakarta, Puncak Bogor hingga lembang Cikole di Kota Kembang Bandung. Indahnya alam di Gunung Kidul Yogyakarta juga bisa banget loh untuk Anda kunjungi. 

Destinasi Wisata yang Melakukan Pembatasan Pengunjung

Foto: Instagram/jogjaseni

Selanjutnya ada destinasi yang membatasi pengunjung atau menerapkan social distancing. Seperti yang kita ketahui, social distancing merupakan komponen penting yang berperan dalam upaya menurunkan kasus Covid-19.

Jika tempat wisata yang dikunjungi telah menerapkan protokol tersebut maka bisa dikatakan tempat tersebut aman untuk dikunjungi.

Meskipun kita juga tetap harus berhati-hati saat berkunjung kesana. Untuk tempat-tempat yang dimaksud biasanya berupa mall, destinasi wisata indoor, museum, galeri seni atau pusat perbelanjaan. 

Taman Kota, Liburan Murah Aman dan Nyaman

Foto: Instagram/rdpvisionary
Foto: Instagram/rdpvisionary

Untuk Anda yang ingin liburan tak jauh dari kota bisa menjajal destinasi wisata outdoor seperti taman kota. Disini Anda tidak hanya berlibur namun juga olahraga ataupun sekedar bersantai. 

Destinasi taman kota yang bisa Anda kunjungi seperti Gelora Bung Karno, Taman Suropati dan Taman Menteng. Selain itu, masih ada taman kota lain yang bisa Anda kunjungi seperti Hutan Mangrove PIK, dan Taman Tribeca. 

Destinasi dengan Penerapan Protokol CHSE

Foto: Instagram/infodufan
Foto: Instagram/infodufan 

CHSE adalah kepanjangan dari Cleanliness, Health, Safety, dan Environment dimana ini merupakan standar protokol kesehatan selama masa pandemi yang di diberlakukan di Indonesia. 

Tempat wisata yang sudah mengantongi sertifikat CHSE secara otomatis aman untuk Anda kunjungi selama pandemi.

Untuk wilayah DKI Jakarta destinasi wisata yang telah mengantongi sertifikat CHSE antara lain adalah Seaworld, Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, dan Waterboom Pantai Indah Kapuk. 

Itulah beberapa jenis tempat wisata yang aman untuk Anda kunjungi selama pandemi. Meskipun aman, namun bukan berarti tempat tersebut dapat menjamin Anda tidak tertular virus Covid-19. 

Sehingga sangat diharuskan untuk selalu menaati peraturan, memakai masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan. Baiknya lagi, jangan pergi keluar rumah ketika tidak ada urusan yang mendadak dan benar-benar penting. 

Karena kita sendiri tidak akan tahu dengan siapa kita akan bertemu dan kita tidak bisa menjamin orang tersebut aman dari virus atau tidak. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga sehat selalu.

Berita Terkait