Di Balik Harganya yang Tinggi, Ternyata Kelapa Sawit Bisa Bikin Tambah Cantik

Jumat, 8 Juli 2022 | 20:25:00

Nova Patria Aditya

Penulis : Nova Patria Aditya

Di Balik Harganya Yang Tinggi, Ternyata Kelapa Sawit Bisa Bikin Tambah Cantik

Ilustrasi kelapa sawit. (Special)

Ladiestory.id - Harga minyak dunia dapat berubah dalam waktu singkat, salah satunya minyak kelapa sawit. Tanaman dari jenis keluarga palm ini memang masih menjadi primadona pasar minyak dunia. Tahukah kamu, kalau Indonesia termasuk ke dalam negara penghasil terbesar si primadona tersebut lho, Ladies!

Dilansir dari jurnal Researchgate.net ternyata budidaya minyak kelapa sawit ini digunakan oleh sebagian masyarakat dunia sebagai mata pencarian utama. Di samping permintaan pasar global yang tinggi dan teknologi terkini yang juga semakin pesat, kelapa sawit banyak dibudidayakan melalui transfer gen untuk menghasilkan varietas unggul dengan masa panen relatif singkat.

Minyak sawit biasanya banyak dipakai oleh masyarakat untuk aktivitas memasak. Namun, di balik harganya yang tinggi minyak kelapa sawit ini mengandung banyak manfaat untuk membuat wajah semakin cantik dan awet muda, lho. Yuk, intip apa saja manfaat dari minyak kelapa sawit!

Krim Wajah

 

Ilustrasi krim wajah. (Special)

Jika Ladies tinggal di daerah tropis, pasti tidak asing dengan masalah kulit wajah yang cenderung kering. Cuaca yang sangat panas mampu membuat kulit wajah kehillangan kelembabannya.

Nah, Ladies bisa mencoba membuat krim wajah untuk masalah kulit kering dengan menggunakan minyak kelapa sawit. Selain aman karena berasal dari bahan alami, kelapa sawit juga mudah di dapat lho.

Untuk membuatnya juga cukup mudah.Kamu hanya perlu mencampurkan minyak kelapa sawit dan lilin lebah dengan perbandingan 1:1, lalu masukan beberapa tetes vitamin E. Cara ini cocok digunakan untuk menghilangkan kerutan, kulit mengelupas, dan masalah kulit kering lainnya.

Facial Wash Wajah Kering

 

Ilustrasi perempuan membersihkan wajah dengan facial wash. (Special)

Selain digunakan untuk krim wajah kering, ternyata minyak kelapa sawit juga banyak digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat sabun wajah alami.

Ladies pernah mencuci wajah menggunakan sabun namun kulit wajah justru terasa semakin lembut? Nah, bisa jadi produk sabun wajah yang kamu gunakan itu mengandung bahan minyak kelapa sawit.

Sabun wajah minyak kelapa sawit juga bisa membantu kamu untuk memperoleh kulit wajah yang kenyal, lembab, dan tetunya awet muda. Ladies cukup mencampurkan ekstrak lidah buaya, sedikit minyak kelapa sawit, lalu sedikit wewangian alami yang ladies bisa dapatkan dari bunga, teh, atau kopi.

Setelah semua bahan tercampur, kamu bisa gunakan sabun wajah ini satu kali sehari saat pagi hari. Untuk cara penyimpanannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukan sabun wajah ini ke dalam lemari pendingin.

Lipstik/Lip balm

 

Ilustrasi lipbalm. (Special)

Produk kosmetik lainnya yang menggunakan bahan minyak kelapa sawit lainnya yaitu lipstik atau lip balm. Produk untuk membuat tampilan bibir menjadi cantik ini juga menggunakan komposisi minyak kelapa sawit. Selain untuk membuat bibir menjadi lembab, kandungan dalam minyak sawitpun mampu membuat bibir jadi lebih berkilau.

Untuk membuat lipstik atau lip balm ini cukup campurkan beberapa tetes minyak kelapa sawit yang ditambahkan satu sendok teh lilin lebah dan pewarna makanan. Setelah bahan tercampur rata, Ladies cukup simpan beberapa menit dalam lemari pendingin sampai teksturnya agak mengeras.

Obat Anti Jerawat

 

Ilustrasi pengaplikasian obat jerawat (Special)

Nah, pasti Ladies tau dong, kenapa minyak kelapa sawit ini bisa digunakan untuk obat anti jerawat? Yaps, kandungan vitamin E dalam minyak kelapa sawit ini mampu meredakan peradangan yang kamu alami saat jerawat melanda.

Kamu cukup oleskan minyak kelapa sawit yang hangat-hangat kuku ke jerawatmu. Oh iya, pastikan tanganmu bersih, ya!

Pengganti Olive Oil

https://pin.it/3KGTSU9

Saat kamu sudah biasa menggunakan olive oil, mungkin cara ini bisa jadi alternatif ketika kehabisan stok. Penggunaan minyak kelapa sawit dinilai efektif untuk membuat kulitmu lembab dan kenyal. Cukup oleskan beberapa tetes minyak kelapa sawit di kapas lalu ratakan pada wajah.

Nah, setelah kamu tahu beberapa manfaat minyak kelapa sawit untuk kecantikan, yakin nih, gak mau mencobanya?