Di Tengah Pandemi Covid-19, Berikut Ide-Ide Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

Rabu, 7 Juli 2021 | 10:29:18

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Di Tengah Pandemi Covid-19, Berikut Ide-Ide Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

foto:ladiestory.id

Biasanya Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus dirayakan dengan berbagai macam lomba di berbagai daerah. Jenis perlombaan "17 Agustusan" tersebut beraneka ragam, baik dari makan kerupuk, balap karung sampai panjat pinang.

Laki laki, perempuan, anak-anak, tua dan muda pasti ikut berpartisipasi. Bahkan hadiah untuk para pemenangnya pun juga disiapkan.

Sangat disayangkan, tahun ini semua terasa berbeda. Apalagi Hari Kemerdekaan RI dirayakan di tengah pandemi Covid-19.

Pasti menjadi hal yang mustahil untuk tetap merayakan perlombaan seperti di tahun-tahun sebelumnya. Mengingat, kita masih harus terus mengikuti protokol kesehatan yang salah satunya yaitu menjaga jarak satu sama lain untuk mencegah penularan Covid-19.

Tetapi bukan berarti kita tak dapat benar-benar merayakan perlombaan. Terdapat beberapa perlombaan menarik yang dapat dijadikan alternatif di tengah pandemi seperti saat ini supaya tetap aman.

Upacara, perkumpulan, sampai perlombaan dibatasi guna mencegah penyebaran virus corona. Peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-75 pada 17 Agustus akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Meskipun begitu, warga negara Indonesia tetap bisa menyemarakkan dan merayakan peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 dengan aman dan penuh rasa nasionalisme. Berikut merupakan ide dalam merayakan Hari Kemerdekaan yang dapat kamu lakukan di tengah pandemi.

  1. Mengikuti lomba online
foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Beberapa lomba semacam panjat pinang sampai makan kerupuk dihilangkan guna mencegah penyebaran virus corona. Tetapi, lomba-lomba ini sekarang beralih menjadi lomba virtual.

Ada berbagai macam lomba kemerdekaan yang bisa diikuti secara online. Lomba-lomba ini pin juga menawarkan banyak hadiah. Pilihlah lomba yang kamu minati dan berusahalah untuk memenangkannya.

  1. Lomba menghias masker
foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Sekarang ini masker telah menjadi salah satu benda yang wajib dikenakan saat kita keluar rumah. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai rekomendasi ide lomba agustusan. Kalian dapat membuat lomba menghias masker. Hal ini dapat kalian lakukan dengan teman, kerabat atau saudara. Hasilnya nanti, masker-masker yang sudah dihias dapat dinilai oleh juri. Kalian dapat memilih sendiri siapa yang akan ditunjuk sebagai juri. Atau kalian juga dapat memposting nya di media sosial. Hingga akhirnya mana foto masker yang mendapat likes paling banyak, dia lah yang jadi pemenang.

  1. Lomba dance TikTok
foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Untuk kalian yang aktif di media sosial pasti tahu bahwa aplikasi TikTok sekarang ini sudah menjadi salah satu aplikasi yang tengah viral di berbagai media. Kalian pun dapat memanfaatkan aplikasi ini guna memeriahkan momen agustusan. Contohnya saja dengan mengadakan lomba dance challenge dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan.

  1. Lomba Video Kreatif Tema Kemerdekaan
foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Rekomendasi ide lomba Agustusan selanjutnya kamu dapat mengadakan lomba video kreatif. Seperti video pendidikan atau iklan masyarakat, dengan tema kemerdekaan. Telah pasti terjamin, menjaga jarak aman dengan kebiasaan baru di masa pandemi. Dan menyalurkan bakat anak muda di bidang seni video.

  1. Lomba Membuat Ucapan Kemerdekaan
foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

Rekomendasi ide lomba agustusan yang terakhir ini, dapat diikuti oleh anak anak, remaja, sampai dewasa. Bila tadi membuat video kreatif, sekarang ini lomba dengan menilai ucapan atau kata-kata yang dituangkan.

Berikutnya penilaian dapat ditambah dari hasil menghiasnya, semacam desain dan penataan gambar. Ide kreatif ini bisa dituangkan dalam bentuk foto, video, atau hasil gambar tangan langsung.

Ide lomba di atas dapat kamu lakukan dalam rangka memperingati rangkaian Hari Kemerdekaan.