Dibalik Kesederhanaan Selvi Ananda, 4 Fakta Menarik Istri Gibran Rakabuming Raka

Selasa, 21 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Dibalik Kesederhanaan Selvi Ananda, 4 Fakta Menarik Istri Gibran Rakabuming Raka

Selvi Ananda. (Special)

Ladiestory.id - Kehidupan istri Gibran Rakabuming Raka yakni Selvi Ananda sangatlah berbeda antara sesudah dan sebelum menjadi menantu Jokowi. Sebab rupanya Selvi bukanlah keluarga yang berasal dari bangsawan atau keluarga kaya raya.

Selvi Ananda lahir di Surakarta, 9 Januari 1989. Dirinya resmi dipersunting Gibran pada 11 Juni 2015 silam. Bahkan kini, mereka sudah memiliki buah hati yang bernama Jan Ethes Srinarendra dan La lembah Manah.

Sebelumnya, kedua sejoli ini sudah menjalin hubungan sejak medio tahun 2010 lali. Bermula ketika pertemuan di ajang Putri Solo 2009. Kala itu, Gibran lah sebagai juri. Selvi Ananda pun berpindhah agama dari Katholik ke Islam sebelum menikah dengan Gibran Rakabuming Raka

4 Fakta Menarik Istri Gibran Rakabuming Raka

Maka tidak heran, jika istri Gibran ini selalu tampil sederhana. Namun rupanya, ia adalah seorang wanita pekerja keras. Tentu saja, banyak masyarakat yang penasaran dengan Selvi Ananda. Terlebih dirinya menjadi menantu pertama presiden Jokowi.

1. Pemenang Putri Solo 2009

Selvi Ananda. (Special)

 

Siapa sangka Istri Gibran Rakabuming Raka ternyata pernah ikut ajang Putri Solo di tahun 2009 silam. Bahakan dirinya mampu keluar sebagai pemenang, dengan berhasil menyisihkan 42 finalis lainnya. Kala itu, Selvi mendapatkan skor tertinggi dalam semua kategori, yaitu kecantikan, kecerdasan, dan perilaku.

Penyematan mahkota juara Putri Solo 2009 dilakukan oleh Iriana yang sekarang sudah menjadi ibu mertuanya. Tak hanya Iriana, namun Jokowi yang saat itu menjadi Wali Kota Surakarta juga turut hadir dalam ajang Putri Solo 2009 tersebut.

2. Kuliah Sambil Kerja

Selvi Ananda merupakan lulusan SMA Negeri 1 Surakarta. Di tahun 2007, ia melanjutkan kuliah sarjana dengan jurusan akuntasi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa (STIE AUB) mengambil jurusan akuntansi.

Siapa yang menyangka, bahwa dulunya istri Gibran ini juga harus berjuang bekerja mencari uang tambahan untuk biaya kuliah. Sebab Selvi Ananda bukanlah berasal dari keluarga bangsawan.

Selvi Ananda hanyalah anak seorang pedagang. Orang tuanya mendirikan warung makan 'Warung Bu Tin' yang terletak di kawasan strategis Galabo, Solo sejak tahun 2008 lalu. Saat itu pun, Selvi dan keluarga masih tinggal di rumah kontrakan.

AKhirnya Selvi mengikuti jejak sang kakak, Dita, yakni kuliah sambil kerja. Beruntung, istri Gibran Rakabuming Raka mampu mengatur waktu antara belajar dan bekerja dengan baik. Ia berhasil lulus tepat waktu dan lulus dengan IPK di atas 3.

3. Pernah Jadi News Anchor

Selvi Ananda. (Special)

 

Rupanya, tak hanya menjadi Putri Solo, namun menantu Jokowi ini juga pernah menjadi news anchor atau pembaca berita berbahasa Jawa di Terang Abadi Televisi (TATV). Di stasiun televisi lokal Solo itu, ia memandu program berita sore, TA Sandyakala, dan berita malam, TA Wengi. Bahkan sesekali Selvi juga terjun ke lapangan untuk liputan.

Teman seangkatannya yakni Yunita Sofyana Dewi, mengatakan, sehabis pulang kuliah, Selvi langsung ke TATV untuk siaran dan tak pernah sampai bolos kuliah.

4. Tetangga Jokowi

Selvi Ananda. (Special)

 

Jika ada penggalan lirik lagu "pacarku memang dekat, 5 langkah dari rumah," adalah lagu yang cocok untuk Giran dan Selvi Ananda. Pasalnya dilansir dari berbagai media, rumah keluarga Jowoki di Solo dan Selvi hanya berjarak 200 meter.

Kala itu, Selvi berserta keluarganya menempati rumah kontrakan. Beralamatkan di Jalan Kutai Gang VII Nomor 1, sementara itu kediaman Jokowi ada di Jalan Kutar Utara Sumber, Solo.

Dibalik kesederhanaan istri Gibran Rakabuming Raka, rupanya terdapat banyak fakta menarik dan memukau tenang Selvi Ananda. Semoga Selvi dapat menjadi teladan bagi kita untuk terus bekerja keras.