Didi Mahardika Sudah Dapat Firasat Buruk Sebelum Rachmawati Soekarno Wafat

Senin, 5 Juli 2021 | 13:15:27

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Didi Mahardika Sudah Dapat Firasat Buruk Sebelum Rachmawati Soekarno Wafat

Foto: Instagram/mahardhika_soekarno

Indoneisa berduka dengan kehilangan banyak masyarakat, artis, musisi, pejabat, politikus, hingga tokoh bangsa. Bahkan ada beberapa nama tokoh yang wafat karena Covid-19 terutama dalam dua pekan terakhir ini, salah satunya Rachmawati Soekarnoputri.

Hj. Rachmawati Soekarnoputri, S.H., M.H. atau bernama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarno adalah politikus Partai Gerakan Indonesia Raya, pendiri dan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno, dan pendiri Partai Pelopor. Ia adalah putri dari presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno.

Seorang tokoh bangsa yakni Rachmawati Soekarnoputri meninggal akibat Covid-19 pada Sabtu (3/7/2021) pukul 06.15 WIB. Putri sang proklamator ini meninggal di ICU RSPAD Gatot Soebroto pada usia 70 tahun.

Didi Mahardika Sudah Dapat Firasat Buruk Sebelum Rachmawati Soekarno Wafat

Kepergian Rachmawati Soekarno Putri meninggalkan kesedihan mendalam bagi sang anak yakni Didi Mahardika. Pasalnya Didi Mahardika sudah dapat firasat buruk sebelum Rachmawati Soekarno wafat.

Diceritakan oleh seorang wakil dari keluarga Didi Mahardika yakni Nanda Persada mengenai kronologi Rachmawati Soekarno meninggal. Rupanya kondisi Rachmawati sempat baik-baik saja sebelum dia menghembuskan nafas terakhirnya.

Rachmawati Soekarno Putri yang dirawat di ruang ICU, masih dapat berkomunikasi dengan keluarga meskipun terhalang ruang kaca. Dalam cerita Nanda, Rachmawati masih dapat kontak mata seperti biasa bahkan melampaikan tangan. Kala itu, kondisi Rachmawati membaik atau naik, bebarengan dengan doa yang dipanjatkan oleh Didi.

Namun waktu itu, sang anak tercinta Didi Mahardika mengatakan bahwa dia merasakan rasa sangat sedih yang tidak karuan.

Bahkan dalam perjalanan pulang Didi terus meneteskan air mata hingga enggan turun dari mobil. Saat inilah Didi Mahardika sudah dapat firasat buruk sebelum Rachmawati Soekarno wafat.

Ternyata perasaan campur aduk sekaligus firasat buruk Didi benar adanya. Setelah berjuang melawan sakitnya, sang bunda pun menutup mata untuk selama-lamanya.

Foto: Instagram/mahardhika_soekarno

Kesedihan terlihat dari postingan Didi Mahardika di Instagram pada hari kematian sang ibunda, Sabtu (3/7/2021). Memperlihatkan Didi dan Rachmawati yang mengenakan pakaian serasi berwarna hitam-hitam.

Dalam foto tersebut Didi Mahardika yang tengah mencium tangan sang ibunda. Terlihat ekspresi Rachmawati yang sedih dan tak bisa menahan tangis.

Unggahan tersebut disertai caption yang mewakili isi hati seorang Didi Mahardika. “I Love U mbu. Mama you will always in my heart”.

Berbagai Ungkapan Duka

Rachmawati Soekarno Putri dikenal sebagai seorang yang baik dan akrab dengan banyak orang. Tak heran jika banyak orang yang mengucapkan bela sungkawa lewat media sosial. Seperti Ricky Harun, Vanessa Angel, hingga presiden Joko Widodo atau Jokowi turun mengucapkan dukacita lewat postingan Instagram.

Dalam akun pribadi Instagram milik Jokowi, mengunggah foto Rachmawati yang tengah speech di podium. Beliau juga kesan untuk almarhumah Rachmawati.

Foto: Instagram/Jokowi

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Saya dan keluarga berdukacita atas berpulangnya Ibu Hj. Rachmawati Soekarnoputri, hari ini di Jakarta dalam usia 70 tahun. Almarhumah adalah tokoh yang jejak hidupnya terentang di berbagai bidang, dari dunia pendidikan, sosial, hingga politik.”

Dalam caption yang dituliskan, Jokowi juga mendoakan untuk almarhumah serta keluarga dari Rachmawati.

“Semoga almarhumah mendapatkan tempat nan lapang di sisi Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya diberi kekuatan dan kesabaran.”

Seorang actor Ricky Harun juga turut mengucapkan dukacita lewat akun Instagram-nya. Rupanya Rachmawati adalah nenek sambung Ricky Harun. Ibunda Ricky Harun, Donna Harun pernah menikah dengan putra sulung Rachmawati Soekarnoputri yaitu Rommy Soekarno.

Pernikahan tersebut berlangsung pada tahun 1996 dan dikaruniai seorang putra bernama Muhammad Jihad Rahtomo Soekarnoputra atau biasa dikenal dengan Jeje Soekarno. Namun pernikahan Donna dan Rommy kandas tanpa diketahui publilk.

Ricky Harun mengunggah foto Rachmawati tersenyum sembari melihat kue yang memilik lilin menyala

Foto: Instagram/rickyharun

Innalillahi wa inna ilaihi roji'un Mbu”, tulisnya dalam sebuah caption.

Vanessa Angel juga turut mengucapkan bela sungkawa lewat postingan di Instagram. Dia mengunggah foto tengah memeluk almarhumah sembari tersenyum lebar.

Foto: Instagram/vanessaangelofficial

“Innalillahi wa innailaihi rajiun telah berpulang ke rahmatullah orang baik negri ini ibu Rachmawati Soekarno Putri, semoga amal ibadahnya diterima disisiNYA.”

Vanessa juga menyampaikan kesan terhadap sosok Rachmawati lewat caption bertulis “Meskipun sebentar tapi wanita ini pernah jadi sosok ibu yg baik untukku dulu, terima kasih”.

Seperti yang diketahui bahwa Vanessa Angel pernah menjalin hubungan bahkan hampir menikah dengan putra Rachmawati yakni Didi Mahardika.