Diduga Lakukan Diskriminasi Rasial, Sesame Place Philadephia Minta Maaf

Senin, 25 Juli 2022 | 12:10:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Diduga Lakukan Diskriminasi Rasial, Sesame Place Philadephia Minta Maaf

Karakter Rosita. (Instagram.com/sesameplace)

Ladiestory.id - Sebuah video yang memperlihatkan sebuah parade yang sedang berlangsung di Sesame Place Philadelphia, Amerika Serikat, menjadi viral karena adanya tindakan yang diduga diskriminasi rasial terhadap orang kulit hitam. 

Dugaan diskriminasi rasial di Sesame Place Philadelphia (Instagram.com/__jodiii__)

Dalam video yang diunggah melalui Instagram dengan username @__jodi__ itu, terlihat dua anak perempuan yang antusias menunggu karakter Rosita dari Sesame Place untuk menyalami mereka. Namun, saat karakter tersebut sampai di depan kedua anak perempuan itu, Rosita malah melambaikan tangannya yang diduga mengisyaratkan “tidak”. 

Padahal, sebelum Rosita sampai di depan kedua anak perempuan itu, ia masih mau menyalami anak lain. Berdasarkan keterangan pengunggah, karakter Rosita hanya mau menyalami gadis kulit putih. Hal ini pun menuai kemarahan warganet.

Sesame Place Philadelphia akhirnya membuat klarifikasi terkait kejadian itu melalui Instagram resminya.

Pernyataan Sesame Place Philadelphia. (Instagram.com/sesameplace)

“Terkait kejadian kemarin, kostum yang dikenakan para performer kami terkadang membuat sulit untuk melihat di level bawah dan terkadang performer kami melewatkan permintaan pelukan dari para tamu,” tulis pihak Sesame Place Philadelphia.

Mereka melanjutkan bahwa staf yang memerankan Rosita saat itu memberikan gestur “tidak” yang ditujukan kepada seluruh pengunjung, bukan hanya kepada dua anak perempuan kulit hitam di video. Di akhir pernyataan tersebut, mereka mengatakan bahwa Sesame Place Philadelphia telah menghubungi pihak keluarga dan meminta maaf atas kejadian tersebut.

Namun, klarifikasi dari pihak Sesame Place Philadelphia itu masih menimbulkan kemarahan masyarakat. Masyarakat tidak mempercayai bahwa hal tersebut murni karena kesulitan yang disebabkan dari kostum yang dikenakan. Oleh karena itu, Sesame Place Philadelphia kembali mengeluarkan pernyataan yang mengungkapkan rasa penyesalannya dan berjanji akan melakukan yang lebih baik lagi.

Pernyataan Sesame Place Philadelphia. (Instagram.com/sesameplace)

“Kami dengan tulus meminta maaf kepada keluarga atas pengalaman mereka di taman kami pada hari Sabtu; kami tahu itu tidak apa-apa. Kami mengambil tindakan untuk berbuat lebih baik. Kami berkomitmen untuk memperbaikinya. Kami akan melakukan pelatihan untuk karyawan kami sehingga mereka lebih memahami, mengenali dan memberikan pengalaman yang inklusif, adil, dan menghibur kepada tamu kami," tulis pihak Sesame Place pada pernyataan terbarunya.