Dikabarkan Akan Pensiun, Iwan Fals: Saya Bercanda

Minggu, 25 Desember 2022 | 13:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Dikabarkan Akan Pensiun, Iwan Fals: Saya Bercanda

Konser Bertalu Rindu Iwan Fals. (Special)

Ladiestory.id - Penyanyi legendaris, Iwan Fals baru saja menggelar konser bertajuk “Bertalu Rindu ‘Aku Menyayangimu’” yang digelar pada Sabtu (24/12/2022) di Leuwinanggung, Tapos, Depok, Jawa Barat. Dalam aksinya tersebut, Iwan Fals sempat menyinggung soal rencana pensiunnya.

Usai konsernya tersebut, pelantun lagu berjudul “Bento” itu pun hanya terkekeh saat dimintai konfirmasinya atas ucapannya di atas panggung. Ia mengatakan bahwa omongannya soal pensiun tercetus karena melihat kemampuan bernyanyi dari penonton konsernya.

“Saya lihat penonton tadi suaranya bagus banget, kompak, nggak berhenti (bernyanyi). Suara saya kadang meleyot, malah jadi bagus (gara-gara) penonton. Kayaknya gue mesti pensiun deh,” kata Iwan Fals, dikutip dari berbagai sumber Minggu (25/12/2022).

Iwan Fals mengatakan bahwa ucapannya mengenai pensiun hanyalah sekadar candaan belaka.

“Kalau soal pensiun, nggak lah mudah-mudahan,” ujar Iwan Fals.

“Adakah seorang penyanyi pensiun? Kayaknya nggak ya, gimana ada rumusan musisi pensiun? Di kamar mandi aja nyanyi,” sambungnya.

Konser Bertalu Rindu Iwan Fals. (Special)

Penyanyi berusia 61 tahun itu pun menerangkan bahwa, ia hanya tak menutup kemungkinan untuk membatasi aktivitas panggungnya. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan terkait kondisi kesehatannya.

“Semisal manggung ada jadwal di mana, fisiknya lemah, sakit, ya mengecewakan orang, Vertigo ya masa dipaksakan,” terang penyanyi bernama asli Virgiawan Liestanto.

“Tapi kalau konteksnya pensiun, nggak. Saya bercanda,” pungkas Iwan Fals menegaskan.

Dalam konsernya tersebut, Iwan Fals kerap menyinggung soal isu-isu sosial yang terjadi belakangan ini. Seperti diketahui, Iwan Fals adalah salah satu musisi tanah air yang kerap membuat karya perihal kritik sosial.