Dirawat karena Alami Sesak Napas, Ashanty Ternyata Idap Sinusitis Kronis

Sabtu, 11 Februari 2023 | 10:52:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Dirawat Karena Alami Sesak Napas, Ashanty Ternyata Idap Sinusitis Kronis

Ashanty. (YouTube The Heransyah A6)

Ladiestory.id - Penyanyi Ashanty diketahui tengah dirawat di rumah sakit lantaran sempat mengalami sesak napas. Setelah dilakukan pemeriksaan, rupanya istri Anang Hermansyah tersebut mengidap sinusitis kronis.

Hal ini diketahui dari unggahan video di kanal YouTube The Hermansyah A6. Ashanty menjelaskan tentang diagnosis penyakitnya.

"Katanya sinusitis kronis sudah terlalu banyak cairan jadi nyumbat ke pernapasan," kata Ashanty, dikutip Sabtu (11/2/2023).

"Aku nggak tahu sinusitis kronis itu ternyata bisa bikin aku nggak bisa nyium, aku nggak ada rasa. Jadi kalau asin, asin banget, kalau manis, manis banget, kalau pedas, pedasnya doang, rasanya tuh nggak ada. Ternyata kita dikasih rasa sama Allah itu emang luar biasa," sambungnya.

Ashanty dan Anang Hermansyah. (instagram.com/ashanty_ash)

Rupanya, Ashanty sudah tidak bisa merasakan apa-apa pada indra penciuman dan perasanya selama 10 hari. Belakangan, kondisinya semakin menurun hingga merasakan sesak napas dan mengalami kesulitan tidur.

"Tiap mau tidur sesak banget, dua hari lalu tidur di kamar pindah keluar cari udara segar, aku pasang oksigen di rumah kan ada, tetap sesak ya udah ke rumah sakit. Di rumah sakit dinebu, infus, di sini (hidung nggak enak) sinus ternyata bisa nge-block pernapasan," jelas Ashanty.

Setelah didiagnosis mengidap sinusitis kronis, dokter pun memberi dua pilihan pada sang penyanyi. Ashanty bisa memilih untuk dioperasi atau pun tidak.

"Sinus akut pas dirontgen cairannya banyak di hidung, di mata, aku nggak akan bisa ngerasa apa pun, nyium apa pun. Depresi kan kalau hidup nggak bisa nyium, nggak bisa ngerasa. Kata dokter kalau nggak mau (operasi) pun boleh, tapi selama 6 minggu minum obat banyak banget, itu belum tentu hilang semua," tutur Ashanty kepada Anang.

Mendengar cerita sang istri, Anang Hermansyah pun menyarankan untuk melakukan tindakan operasi. Kendati demikian, Ashanty masih mempeprtimbangkan solusi yang akan dipilih untuk menangani penyakit yang tengah diidapnya.

"Ya sudah operasi aja. Selesai urusannya," jawab Anang Hermansyah.

"Belum tahu besok seperti apa, mau ikhtiar dulu. Ntar aku pikirin mau gimana. Mau aktivitas, tapi gimana hidungnya masih mampet," kata Ashanty.