Dirimu Menentukan Circle Pertemananmu

Kamis, 28 Juli 2022 | 00:01:00

Dirimu Menentukan Circle Pertemananmu

Ilustrasi Berkumpul dengan Teman (Pinterest.com)

Ladiestory.id - "Hati-hati deh kalau memilih circle, soalnya itu bisa menentukan dirimu."

Mungkin kamu sering mendengar kalimat tersebut dan itu memang tidak salah. Secara tidak langsung, circle pertemanan memberikan pengaruh terhadap personality-mu. Oleh karena itu, walaupun memiliki banyak koneksi itu menyenangkan. Kamu tetap harus menentukan circle secara lebih selektif agar dapat memberikan dampak yang positif.

Pasalnya, circle pertemanan yang positif bisa membuatmu lebih bahagia. Berikut ini cara menentukan circle pertemanan yang tepat.

Support System

Ilustrasi Pertemanan (pinterest.com)

Teman yang baik adalah mereka yang dapat memberimu dukungan secara tulus dan menjadi tempat berbagi di saat kondisi sulit. Oleh karena itu, lebih baik hindari mereka yang memanfaatkan kebaikanmu hanya untuk kepentingannya sendiri.

Connecting Bridge

Ilustrasi Orang Bersalaman (Pinterest.com)

Memiliki circle pertemanan dapat menghubungkanmu dengan relasi baru yang positif atau peluang-peluang baru, tentunya akan sangat menyenangkan. Apalagi jika mereka termasuk orang yang haus akan ilmu. Hal ini membuatmu akan semakin belajar, tumbuh, dan maju bersama.

The Encourager

Ilustrasi Tertawa Bersama Teman (Pinterest.com)

Selain memilih circle pertemanan yang bisa menerimamu apa adanya, kamu juga harus mencari circle pertemanan yang bisa mendorongmu untuk keluar dari zona nyaman. Hal ini dikarenakan kamu memerlukan orang yang dapat membantumu menjadi lebih baik lagi tanpa harus menuntutmu untuk menjadi seperti orang lain.

Saling Memahami

Ilustrasi Bermain Gadget (Special)

Sudah kenal lama dan berteman dekat bukan berarti kamu wajib menceritakan semua masalah pada circle-mu. Semua orang memiliki privasi, termasuk dirimu. Oleh karena itu, pilihlah circle pertemanan yang dapat saling menghargai, memahami, dan tidak mendesakmu untuk mencerikan hal-hal yang bersifat privasi.

Saling Mendengarkan

Ilustrasi Orang Bercengkrama (pinterest.com)

Memiliki circle pertemanan yang bisa saling mengerti dan mau mendengarkan satu sama lain tentunya akan membuatmu merasa senang dan nyaman. Hal ini dikarenakan mereka tidak akan berusaha membuat dirinya lebih dominan dari yang lain. Mereka akan memberikan waktu dan kesempatan untuk orang lain bicara dan mengatakan permasalahan apa yang sedang dialami. Circle seperti ini tentunya akan sangat menguntungkan karena akan menimbulkan hubungan yang kuat dan seimbang.

Peduli Satu Sama Lain

Ilustrasi pertemanan yang langgeng. (thinkstock)

Memilih teman yang memiliki sifat empati yang tinggi tentunya akan memberikan banyak dampak positif pada pertemanan. Oleh karena itu, kamu harus bisa terlebih dahulu menunjukkan rasa pedulimu terhadap orang lain agar nantinya orang lain juga bisa memberikan hal yang serupa padamu. Kamu bisa memulainya dengan hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti saling mengingatkan ketika berbuat kesalahan dan tidak membicarakannya pada orang lain di belakang mereka. Selain menghindari teman tersinggung, hal ini bisa bermanfaat untuk saling mengoreksi kesalahan masing-masing.

s