Disney Angkat Isu Body Positivity dengan Rilis Karakter Bertubuh Plus Size Pertama

Selasa, 1 November 2022 | 19:45:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Disney Angkat Isu Body Positivity Dengan Rilis Karakter Bertubuh Plus Size Pertama

Cuplikan Film Reflect. (Spesial)

Ladiestory.id - Isu kesehatan mental tengah ramai disorot publik. Tak hanya lewat ruang diskusi yang formal, pembahasan tersebut pun kini mulai menjadi bahasan di sejumlah industri hiburan, salah satunya film.

Agar isu mengenai kesehatan mental ini terjangkau ke semua lapisan masyarakat, Disney sebagai rumah produksi film pun akhirnya merilis sebuah animasi pendek berjudul “Reflect”. Animasi ini menampilkan sosok Bianca, sebagai karakter yang memiliki tubuh plus size pertama di sepanjang sejarah Disney.

Disney Rilis Tokoh Utama Plus Size di Film Reflect. (Spesial)

Film “Reflect” membawa isu body positivity bagi sosok Bianca, penari balet yang dikisahkan mengalami body dysmorphia atau membenci tubuhnya lantaran merasa tak ideal. Dia pun sulit menatap bayangannya sendiri di cermin. 

Pada film ini turut ditampilkan, perjuangan Bianca dengan tubuhnya dalam melewati proses latihan balet. Pasalnya, selama ini balet terkenal dengan para penarinya yang bertubuh langsing.

Disney Rilis Tokoh Utama Plus Size di Film Reflect. (Spesial)

Bianca pun menunjukkan semangat dalam mematahkan standar kecantikan penari balet tersebut. Dengan kemampuannya, Bianca akhirnya bisa menunjukkan kekuatan dalam dirinya dan mematahkan segala keraguannya. Perjuangan tokoh Bianca ini diharapkan bisa menjadi insprasi bagi jutaan remaja perempuan di luar sana.

Dengan pesan yang dibawa Disney kali ini, film "Reflect" yang memiliki tokoh utama bertubuh plus size pun mendapat sambutan hangat dari penonton. Mengingat selama ini, karakter-karakter bertubuh plus size di film Disney kerap dijadikan sosok yang jahat atau figuran semata.