Cara Sederhana Bikin Air Mawar Sendiri di Rumah

Selasa, 21 Desember 2021 | 20:15:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Cara Sederhana Bikin Air Mawar Sendiri Di Rumah

Ilustras air mawar. (Special)

Ladiestory.id - Air mawar terkenal manfaatnya bagi kesehatan kulit. Air mawar sendiri diperoleh dari ekstrak kelopak bunga mawar dari beberapa proses. Memiliki aroma wangi yang menyenangkan, air ini umum dipakai pada perawatan kulit dan parfum alami.

Cara Membuat Air Mawar

Produk air mawar dapat dijumpai dengan mudah sebagai skincare harian. Kamu pun dapat membuat air mawar sendiri di rumah. Cara membuat air mawar terbilang sederhana. Kamu hanya membutuhkan kelopak mawar segar, air distilasi, panci, serta botol. Berikut adalah cara membuat air mawar.

1. Cara Membuat Air Mawar: Teknik Pendidihan

Pendidihan merupakan cara termudah dan tercepat dalam membuat air mawar. Kamu hanya memerlukan kelopak mawar segar, air sulingan (distiled water), saringan, panci, gelas ukur, serta wadah tertutup semacam botol. Berikut cara membuat air mawar dengan teknik pendidihan:

Siapkan mawar

Sediakan 2 sampai 3 bunga mawar segar. Pisahkan kelopaknya, bersihkan dengan air guna menghilangkan kotoran yang ada. 2 hingga 3 bunga mawar dapat menghasilkan 1 gelas kelopak mawar.

Masukkan mawar ke dalam panci

Rendam kelopak pada 1 ½ gelas air. Pakai air sulingan maupun distiled water. Letakkan panci di atas kompor serta bawa air ke api kecil. Tutup sampai mendidih.

Didihkan air mawar

Biarkan selama 15 sampai 30 menit atau hingga kelopaknya kehilangan warna maupun kelopak berubah picar. Matikan api serta biarkan dingin sepenuhnya.

Saring

Kamu bisa mengenakan saringan atau kain lembut guna memisahkan kelopak dan air mawar. Usai selesai, buang kelopaknya.

Simpan air mawar ke dalam botol

Air mawar dapat dimasukkan pada dalam wadah tertutup. Mengenakan botol semprotan maupun toples merupakan cara terbaik dalam menyimpan air mawar. Air ini dapat bertahan hingga satu minggu di suhu ruang dan dapat disimpan di lemari es sampai satu bulan.

2. Cara Membuat Air Mawar: Teknik Penyulingan

Selain merebus air mawar, kamu pun dapat membuat air mawar dengan cara penyulingan. Penyulingan merupakan cara tradisional dalam membuat air mawar. Walau lebih memakan waktu, teknik dapat menghasilkan air mawar yang lebih baik. Air mawar yang dihasilkan oleh teknik ini lebih banyak manfaat alami ketimbang teknik pendidihan. Berikut cara menyuling air mawar:

Siapkan mawar

Sama layaknya cara sebelumnya, siapkan 2 sampai 3 bunga mawar. Pisahkan kelopak dari batangnya serta bersihkan dengan air.

Siapkan panci

Letakkan mangkuk kecil maupun piring keramik di tengah panci. Tambahkan kelopak mawar serta air sulingan (distiled water) di luar mangkuk maupun pada sela-sela antara pinggiran mangkuk dan panci. Pastikan guna tidak memasukkan kelopak maupun air ke dalam mangkuk. Ambil tutup panci dan pakai pada posisi terbalik. Tutupnya dipakai guna menjebak uap di dalam panci serta akan masuk ke mangkuk.

Panaskan panci

Nyalakan api kecil, serta biarkan panci panas dan air mendidih. Usai air di dalam panci mulai mendidih, kurangi panasnya serta biarkan air mendidih. Ini akan memakan waktu sekitar 20 sampai 25 menit atau hingga warna kelopak mawar memudar.

Uap mawar akan terkumpul di area bawah tutup panci, lalu menetes ke dalam mangkuk bersih, memberimu air mawar yang lebih murni dan terkonsentrasi.

Ambil hasil sulingan

Matikan api serta tunggu hingga dingin sebelum membuka tutupnya. Pastikan tidak terdapat tetesan uap yang tersisa menetes pada dalam mangkuk. Keluarkan mangkuk dari panci. Tuangkan ke dalam botol semprot. Air ini dapat bertahan satu minggu di suhu ruang serta enam bulan di lemari es.

Bagaimana? Mudah bukan?