Tetap Berbakti! Bacaan Doa Untuk Ayah yang Sudah Meninggal

Jumat, 10 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tetap Berbakti! Bacaan Doa Untuk Ayah Yang Sudah Meninggal

Ilustrasi makam. (Spesial)

Ladiestory.id - Orangtua merupakan sosok yang paling berjasa dan berpengaruh dalam kehidupan anak yang sudah merawat dan menjaga anak sejak dalam kandungan hingga dewasa. Itu merupakan salah satu jasa orangtua yang tidak akan pernah terbalas dengan apapun.

Selain mencari nafkah untuk keluarga, seorang ayah juga memiliki peran penting dalam mengasuh dan mendidik anak. Bagi anak laki-laki, ayah akan menjadi sosok panutannya dan untuk anak perempuan, ayah adalah cinta pertamanya.

Doa Untuk Ayah yang Sudah Meninggal

doa untuk ayah yang sudah meninggal
Ilustrasi berdoa di kuburan. (Spesial)

Namun bagaimana bagaimana jika ayah sudah meninggal?  Doa untuk ayah yang sudah meninggal dianjurkan agar selalu dibaca dan dipanjatkan. Karena doa ini akan menjadi amalan yang tak akan pernah lekang oleh waktu bagi anak dan juga almarhum.

Dalam sebuah Hadits, Nabi Muhammad SAW berkata:

الْوَالِدُ أَوْسَطُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ فَإِنْ شِئْتَ فَأَضِعْ ذَلِكَ الْبَابَ أَوْ احْفَظْهُ

"Ayah adalah tengah dari gerbang Surga, jadi tetaplah di gerbang ini atau lepaskan." (Sunan At-Tirmizi)

Mengutip dari buku Dahsyatnya Ridha Orang Tua: El Madina oleh Samsul Rijal Hamid dijelaskan bahwa, orangtua yang sudah meninggal harus didoakan agar mereka diampuni oleh Allah SWT dan amal ibadahnya diterima oleh-Nya.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Apabila anak Adam (umat manusia) meninggal dunia, maka terputuslah segala amal kebaikannya, kecuali tiga macam amal. Pertama, harta yang diwakafkan. Kedua ilmu yang bermanfaat. Ketiga, anak yang sholeh yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim)

doa untuk ayah yang sudah meninggal
Ilustrasi berziarah. (Spesial)

 

Berikut adalah bacaan doa untuk ayah yang sudah meninggal dikutip dari buku Doa-doa Mustajab Orang Tua Untuk Anaknya oleh Aulia Fadli:

للّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ

الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ

وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

"Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’

madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas.

Wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar."

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah dia di tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan dan dosa seperti baju putih yang bersih dari kotoran."

Agar Dosa-Dosa Almarhum Terampuni

doa untuk ayah yang sudah meninggal
Ilustrasi berziarah (Spessial)

 

Selain itu, kita juga bisa membaca doa untuk ayah yang sudah meninggal agar dosa-dosanya yang telah diperbuat di dunia dapat terampuni oleh Allah SWT, ini bacaan doanya:

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati Al ahyaa'i minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil'aliyyil adhiimi.

Artinya : "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat.

Semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan.

Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

Inilah doa untuk ayah yang sudah meninggal. Kita harus tetap berbakti meski sudah tidak bersama lagi.