Azelaic Acid: Cara Kerja, Dosis, Efek Samping, dan Rekomendasi Produk

Kamis, 7 Oktober 2021 | 08:40:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Azelaic Acid: Cara Kerja, Dosis, Efek Samping, dan Rekomendasi Produk

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Azelaic acid atau asam azaleat merupakan suatu obat yang biasanya terdapat dalam kandungan skincare karena bisa memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, sehingga efektif dalam mengatasi kondisi kulit, seperti jerawat dan rosacea.

Masalah kulit itu bisa berupa gangguan kulit wajah yang ditandai dengan kulit kemerahan dan bintik menyerupai jerawat. Selain itu, obat ini juga membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan rosacea.

Asam azaleat dalam bentuk krim topikal digunakan untuk mengobati jerawat yang meradang ringan hingga sedang. Sementara, foam dan gel topikal digunakan untuk mengobati rosacea ringan hingga sedang.

Cara Kerja Azelaic Acid

Ladiestory.id

Untuk jerawat, azelaic acid dapat bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat dan menjaga kebersihan pori-pori kulit. Azelaic acid atau asam azaleat merupakan jenis obat golongan kelas terapi, seperti: antibakteri, antiinflamasi, antikomedogenik, dan zat keratolitik. Untuk obat dengan kandungan ini biasanya berbentuk krim, gel, dan foam.

Obat ini hanya boleh digunakan oleh orang dewasa dan anak usia 12 tahun ke atas, dan bagi ibu hamil atau menyusui ada dalam kategori B atau aman karena peneliti tidak menemukan adanya efek malformasi atau efek yang mengganggu perkembangan janin.

Dosis Pemakaian

Foto: Ladiestory.id

Dosis pemakaian obat atau produk yang mengandung azelaic acid atau asam azaleat berbeda-beda tiap orangnya. Untuk itu, pastikan supaya kamu selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi obat, khususnya yang mengandung azelaic acid atau asam azaleat.

Efek Samping

Setiap penggunaan obat berpotensi menimbulkan efek samping. Jika efek samping memburuk, segera pergi ke dokter atau meminta bantuan tenaga medis. Sementara itu, efek samping yang mungkin timbul dari pemakaian azelaic acid, antara lain:

1. Demam;

2. Kulit gatal;

3. Sensasi rasa seperti terbakar pada kulit;

4. Iritasi dan pembengkakan;

5. Perubahan warna kulit;

6. Kulit kering.

Sebelum menggunakannya usahakan supaya kamu memberi tahu dokter mengenai riwayat penyakit kamu dan selalu berhati-hati dalam menggunakan azelaic acid, terlebih pada kondisi:

  • Riwayat asma.
  • Kehamilan dan menyusui.
  • Kulit sensitif.
  • Luka bakar.
  • Peradangan kulit (dermatitis)

Setelah kamu menggunakan obat ini, perhatikan perubahan warna kulit yang terjadi, terutama pada pengguna dengan warna dasar kulit gelap. Kemudian hindari penyimpanan azelaic acid di dekat sumber panas, karena obat ini mudah terbakar, kamu hisa menyimpannya di suhu kurang dari 30 derajat celsius. Dan  jangan merokok selama mengaplikasikan obat ini.

Karena biasanya digunakan dalam kandungan skincare, obat ini menjadi hal penting untuk kita ketahui. Apabila kamu memiliki alergi dalam obat ini usahakan jangan membeli skincare yang memiliki kandungan obat azelaic acidz, sebab akan merusak kondisi wajah kamu.

Namun jika kamu tidak memiliki alergi terhadap obat ini, kamu bisa menggunakannya untuk masalah jerawat, sebab obat ini terkenal ampuh mengobati jerawat. Berikut ini beberapa rekomendasi skincare yang memiliki kandungan Azelaic acid:

Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Azelaic Acid

Foto: Ladiestory.id

Setelah tahu beberapa hal tentang azelaic acid, berikut ini beberapa rekomendasi skincare yang mengandung azelaic acid.

1. The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%

Selain serumnya yang sangat terkenal, The Ordinary juga menawarkan sebuah krim dengan kandungan Azelaic Acid. Kandungan ini akan mencerahkan warna kulit serta memperbaiki tekstur kulit. Tekstur gel atau krimnya yang lightweight membuat produk ini tetap terasa ringan di kulit. Produk yang satu ini dibanderol dengan harga kurang lebih Rp180.000.

2. Paula’s Choice 10% Azelaic Acid Booster

Dengan perpaduan antara azelaic dan salicylic acid, booster ini menjadi produk yang tepat untuk membasmi skin concerns kamu. Kandungannya yang terbuat dari tumbuhan mempunyai kemampuan untuk mencerahkan dan menenangkan kulit. Dengan teksturnya yang oil-free dan tetap lightweight, produk ini dibanderol dengan kisaran harga Rp650.000.

3. Bliss Green Tea Wonder Clarifying Face Mask

Produk selanjutnya ini juga menarik, karena skincare dengan azelaic acid ini diformulasikan dalam bentuk masker. Produk ini adalah sebuah overnight gel mask, masker dengan tekstur gel yang kamu diamkan semalaman.

Masker ini dapat membersihkan pori-pori secara mendalam dan membantu ‘reset’ keseimbangan kulit. Klaimnya saat keesokan harinnya muka jadi auto-glowing! Untuk produk masker ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp220.000.

4. Cos de BAHA Azelaic Acid 10% Serum with Niacinamide

Serum dari Cos de BAHA ini memiliki dua kandungan saah satunya azelaic acid, yang pastinya memiliki banyak manfaat. Serum ini diklaim dapat bantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat jerawat, dan mengatasi bekas jerawat serta hiperpigmentasi. Produk ini dijual dengan kisaran harga Rp170.000.

5. Avoskin YSB Azeclair 10% + Kombucha 3% + Niacinamide 2,5% Vaccine Serum

Terakhir ada dari brand lokal yaitu Avoskin. Brand ini juga mengeluarkan serum dengan azelaic acid. Hanya saja mereka menggunakan kandungan azelaic acid yang lebih gentle, yaitu azeclair.

Azeclair ini adalah turunan dari azelaic acid yang lebih ringan tapi tak kalah efektif. Dilengkapi dengan kandungan Kombucha dan Niacinamide, serum ini mampu mencerahkan kulit tanpa membuat kulit kering atau iritasi. Harganya dibanderol dari Rp149.000 saja.

Nah itu dia informasi seputar azelaic acid. Sekarang kamu sudah tahu kan apa itu azelaic acid? Ada baiknya untuk konsultasikan dengan ahli atau dokter kulit jika tertarik mencoba produk dengan kandungan azelaic acid.

Berita Terkait