List Drama Indonesia Tentang Sex Education yang Wajib Ditonton

Selasa, 19 Oktober 2021 | 00:01:00

List Drama Indonesia Tentang Sex Education Yang Wajib Ditonton

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Pendidikan seks sangat dibutuhkan saat ini karena berbagai  bentuk informasi  mudah diakses. Untuk memahami dan menemukan informasi seksual bagi remaja, pembuat drama film mengemasnya dalam format yang lebih mudah dipahami. Pendidikan seks tidak bisa lagi  dipandang sebelah mata.

Saat ini pendidikan seks masih sangat terbatas dan dianggap tabu, padahal  penting bagi remaja untuk menyadarkan mereka tentang organ reproduksi dan akibat dari aktivitas seksual yang bebas.

Saat ini ada beberapa list drama sex education yang ada di Indonesia yang disajikan dalam aliran yang santai agar para remaja dapat menikmati film tersebut sekaligus menangkap makna dan pesan yang terkandung di dalamnya.

1. List Drama Sex Education: Pernikahan Dini (2001) 

Foto: Yukepo

List drama film ini berkisah tentang hubungan pranikah anak muda. Bukan film tapi sinetron, Pernikahan Dini (2001) memiliki pengaruh  besar pada budaya pop Indonesia. drama sinetron yang dibawakan oleh Agnez Mo dan Sahrul Gunawan sangat populer saat itu.

Pernikahan Dini bercerita tentang Dini, seorang siswa SMA yang jatuh cinta pada Gunawan, seorang anak desa. Suatu hari, keduanya kehilangan kendali dan melakukan hubungan seks tanpa pengaman.

Dini  hamil dan Gunawan harus bertanggung jawab untuk menikahinya. List drama ini menampilkan kompleksitas kehidupan seorang pengantin wanita di usia muda. Perlahan tapi pasti, masalah muncul  yang mengganggu kehidupan Dini dan Gunawan apalagi Dini masih  anak sekolah saat itu.

2. List Drama Sex Education: Virgin (2004)

Foto: Starvision

Virgin (2004) juga merupakan salah satu list drama Indonesia tentang sex education bertema anak muda yang  booming saat itu. Film ini bercerita tentang Biyan, Stella dan Katy, tiga siswi SMA yang berteman baik.

Katy dan Stella sudah melepaskan keperawanan mereka dan secara tidak langsung telah menjadi tekanan bagi Biyan. Tuntutan sosial menimbulkan masalah serius bagi ketiganya, sehingga Biyan akhirnya  memutuskan untuk melelang keperawanannya dengan harga tinggi untuk membantu mereka.

Virgin menekankan risiko pergaulan yang buruk jika orang tua tidak memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak mereka atau malah sibuk memikirkan kepentingannya sendiri.

3. List Drama Sex Education: Married By Accident (2006)

Foto: MVP Pictures

Film karya Winaldha E. Melalatoa ini juga menceritakan tentang kehamilan remaja akibat hubungan seks pranikah di usia muda. Raskal dan Ole adalah dua sejoli SMA yang sering didorong oleh orang-orang di sekitarnya untuk mencoba  seks.

Akhirnya keduanya jatuh cinta dan Ole hamil. Padahal pasangan ini masih sangat muda. Keduanya  harus siap dengan konsekuensi yang mengintai di masa depan mereka.

Sayangnya, meskipun film tersebut dipromosikan untuk mempromosikan pendidikan seks, film tersebut banyak dikritik karena  terlalu vulgar, menggunakan humor tidak pantas dan ditampilkan sebagai komedi. Penonton mungkin mendapatkan pesan yang salah dari list drama indonesia ini.

4. List Drama Sex Education: Best Friend? (2008) 

Foto: Catchplay

List drama yang diperankan oleh Nikita Willy kembali membintangi film remaja Indonesia tentang kehidupan seks  di  Best Friend? ini. Di sini dia bermain film dengan Risty Tagor.

Diceritakan Tania adalah siswa SMA teladan yang ingin berteman dengan Molly. Berbeda dengan anak-anak lain di sekolah, Molly akrab dengan dunia pacaran, alkohol, narkoba, bahkan seks bebas.

Tania tergerak dan merasakan momen kebebasan. Hingga tindakannya menuntut akibat yang serius. Dan bukannya membantu seperti seorang teman, Molly  meninggalkannya.

5. Sarung Petarung 

Foto: Kincir

 

Masa remaja adalah masa keingintahuan tentang hal-hal seksual. Namun, apakah siswa SMA sudah memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang penggunaan alat kontrasepsi?

Film Sarung Petarung mencoba menjawab pertanyaan tersebut dengan memberikan gambaran tentang pengetahuan siswa SMA tentang alat kontrasepsi berupa kondom.

Sarung Petarung adalah sebuah film dokumenter pendek yang disutradarai oleh Jason Iskandar pada tahun 2007. Film ini menampilkan dialog antara siswa SMA tentang penggunaan kondom dan pengalaman pribadi terkait alat kontrasepsi tersebut.

Meskipun film ini dibuat lebih dari 10 tahun yang lalu, keadaan yang disajikan tidak banyak berubah. Sebagian dari mereka sudah memahami penggunaan kondom, namun masih banyak  yang  belum memahaminya.

Siswa SMA belum mendapatkan pendidikan seks yang komprehensif dari lembaga pendidikan, meskipun lembaga ini diharapkan dapat memainkan peran penting sebagai "agen yang berwenang".

6. List Drama Sex Education: The Flower And The Bee

Foto: Cinema Poetica

Pembahasan tentang pendidikan seks di Indonesia masih  tabu dan sering terabaikan di lingkungan rumah. Bahkan, tidak jarang anak-anak mendapat informasi yang membingungkan tentang aktivitas seksual dari lingkungan luarnya.

Monica Vanesa Tedja sangat memahami kesalahpahaman yang bisa muncul di kalangan anak kecil saat menyutradarai film pendek berjudul The Flower And The Bee.

Sepanjang drama ini, ia menunjukkan orang dewasa  menghindari urusan seksual  anak kecil. Anak itu bingung dan terus mencari jawaban dari sumber terdekat yang bisa dijangkaunya.

Masalah seksual pada dasarnya bisa menjadi hal yang tabu dalam lingkungan keluarga jika tidak dibahas secara serius di bidang apapun. Perjalanan seorang anak mempelajari perilaku seksual tanpa pengawasan pada akhirnya rentan terhadap kesalahpahaman, sehingga ia berpotensi membuat keputusan yang buruk sebagai remaja.

Cinemapoetica juga menamai film ini berjudul "The Flowers and the Bee: When Kids Ask Questions About Sex." Film  pendidikan seks ini seolah menjadi kilasan bagi orang tua yang masih "mengaburkan" pengetahuan penting ini.

7. List Drama Sex Education: Dua Garis Biru  (2019)

Sumber: Starvision Plus

List drama ini adalah film edukasi seks ini sarat pesan mendalam, wajib ditonton! Dimainkan oleh Zahra JKT 48 sebagai Dara dan Angga sebagai Bima, film ini bercerita tentang sepasang kekasih yang masih duduk di bangku SMA.

Ketika mereka berusia 17 tahun, mereka memutuskan untuk berhubungan seks di luar nikah. Dara juga hamil. Keduanya kemudian dihadapkan pada kehidupan yang tak terbayangkan untuk usia mereka yaitu kehidupan orang tua. 

Sekian informasi list drama Indonesia yang bertemakan sex education sebagai media pembelajaran bagi anak muda maupun orang tua betapa pentingnya pendidikan seks yang benar agar generasi muda sadar akan efek pergaulan bebas. Semoga Bermanfaat.