Sukses Populerkan Negara Lewat Musik, Dua Lipa Dianugrahi Kewarganegaraan Albania

Senin, 28 November 2022 | 19:00:00

Sukses Populerkan Negara Lewat Musik, Dua Lipa Dianugrahi Kewarganegaraan Albania

Dua Lipa. (Instagram.com/dualipa)

Ladiestory.id - Penyanyi Dua Lipa resmi berstatus warga negara Albania setelah ia dianugrahi kewarganegaraan oleh sang presiden, Bajram Begaj, pada Minggu (27/11/2022). Musisi ini dianggap telah memperkenalkan Albania secara internasional melalui musiknya.

Melansir Page Six, Bajram Begaj mengatakan bahwa Dua Lipa diberikan kewarganegaraan menjelang peringatan 110 tahun kemerdekaan Albania dari kekaisaran Ottoman. Begaj menganggap hal itu suatu kehormatan karena penyanyi itu telah membuat orang Albania terkenal di seluruh dunia.

“Saya juga akan menjadi orang Albania dengan surat-surat,” kata Lipa sebelum mengambil sumpah kewarganegaraannya di balai kota Tirana.

Dua Lipa Dapat Kewarganegaraan Albania. (Instagram.com/dualipa)

Perempuan 27 tahun itu membagikan momen spesialnya di Instagram. Ia tampak semringah setelah mengantongi surat kewarganegaraan Albania dari kepala negara secara langsung.

“Terima kasih Presiden Bajram Begaj dan Walikota @erionveliaj atas kehormatan ini ~ dapatkan kewarganegaraan Albania saya!! ~ faleminderit, po ndihem shume krenare ❤️ 👐🏼 ," tulis Dua Lipa. 

Diketahui, Dua Lipa lahir di London, Inggris pada 22 Agustus 1995. Kedua orang tuanya, yakni Anesa dan Dukagjin Lipa, merupakan imigran asal Albania. 

Dua Lipa mulai bernyanyi pada usia lima tahun. Ia dikenalkan ke dunia musik oleh ayahnya yang berprofesi sebagai mantan penyanyi dan gitaris sebuah band rock. Pelantun "New Rules" itu mulai mengunggah lagu-lagunya di YouTube ketika dirinya berusia 14 tahun. 

Album studio debut Dua Lipa dirilis pada 2017. Selama berkarier di industri musik, Lipa memenangkan sejumlah penghargaan, termasuk Grammy untuk artis pendatang baru terbaik pada 2019.

Bersama sang ayah, Dua Lipa ikut mendirikan Sunny Hill Foundation dengan tujuan membantu orang yang mengalami kesulitan keuangan. Dia mengumpulkan dana dengan konser tahunan yang diadakan di kampung halamannya di Kosovo.