Dukung Ekonomi Kreatif dan Komunitas Perempuan Muslim, Indonesia Hijabfest Kembali Digelar

Rabu, 1 Maret 2023 | 17:45:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Dukung Ekonomi Kreatif Dan Komunitas Perempuan Muslim, Indonesia Hijabfest Kembali Digelar

Press conference Indonesia Hijabfest. (Special)

Ladiestory.id - Menjadi tahun ke 11, Indonesia Hijabfest kembali hadir sebagai platform yang mempertemukan para pelaku industri hijab Indonesia dengan target pasar mereka. Hal ini merupakan bentuk upaya Indonesia Hijabfest dalam meneruskan komitmennya kembali untuk menunjukkan konsistensinya dalam mendukung industri hijab dan modest fashion di Indonesia.

Menjadi sebuah acara tahunan yang terus mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif dan industri fashion hijab di Indonesia, sekaligus menjadi Indonesia's first hijab expo, Indonesia Hijabfest diadakan selama 3 hari mulai 2-5 Maret di Sabuga, Bandung.

Dalam perjalanan 11 tahunnya, Indonesia Hijabfest telah menjadi platform bagi desainer, pelaku usaha, dan penggemar hijab untuk berkumpul dan memamerkan karya mereka.

Press conference Indonesia Hijabfest. (Special)

 

Melalui komitmen ini, menjadikan Indonesia Hijabfest sebagai salah satu destinasi tourism hijab di Indonesia yang terkemuka. Indonesia Hijabfest mendukung perkembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif secara berkelanjutan dengan mengedepankan kualitas dan inovasi karya dari para pelaku usaha industri hijab dan modest fashion di Indonesia.

Hal ini juga dibuktikan melalui animo yang tinggi dari para calon pengunjung dan peserta yang tidak hanya berasal dari kawasan Bandung, yakni tempat diadakannya festival tersebut, melainkan pengunjung dari berbagai penjuru kota di Indonesia.

"Kami sangat bangga telah sampai kepada tahun ke-11 Indonesia Hijabfest. Acara ini telah menjadi sebuah tonggak dalam perkembangan industri fashion hijab di Indonesia dan telah memberikan kesempatan bagi para desainer dan pengusaha untuk memamerkan karya mereka," ujar Sheena Krisnawati - Founder Indonesia Hijabfest.

Press conference Indonesia Hijabfest. (Special)

 

"Masih di situasi pandemi dengan keterbatasan kegiatan, Indonesia Hijabfest 2022 berhasil mencetak pencapaian omset hingga Rp48 miliar dari total 198 ribu pengunjung. Sedangkan untuk target penjualan omset tahun ini semoga kita dapat meraih hingga Rp50 miliar, mengingat di saat pandemi hampir tidak ada aktivitas pameran seperti ini. Berkontribusi dalam mengembangkan industri hijab dan modest fashion di Indonesia, Indonesia Hijabfest menjadi wadah yang tepat untuk para komunitas dapat melakukan kolaborasi yang bisa menghasilkan produk-produk yang kreatif dan inovatif," sambungnya.

Dengan hadirnya Indonesia Hijabfest dalam mendukung industri hijab dan modest fashion di Indonesia, Amir Hamzah, S.E., M.M, - Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Madya mengatakan, fashion merupakan salah satu subsektor utama dalam ekonomi kreatif yang menyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) hingga menempatkan Indonesia di peringkat tiga besar dunia dalam kontribusi terhadap PDB nasional dengan persentase sebesar 7,8%.

"Hal ini menunjukan bahwa industri fashion memiliki potensi yang besar untuk dapat terus dikembangkan. Secara keseluruhan, perkembangan industri hijab di Indonesia memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional melalui berbagai sektor. Dalam hal ini, peran Indonesia Hijabfest menjadi platform yang tepat bagi pelaku industri hijab untuk berinteraksi, berkolaborasi, dan memperluas jaringan bisnis mereka, bersamaan dengan mendukung program pemerintah dalam mengembangkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif," tuturnya.

Secara konsisten mendukung Indonesia Hijabfest, Tiara Putri - Head of Wardah Face Care menyatakan, sebagai brand perawatan wajah nomor 1 pilihan wanita Indonesia, Wardah melanjutkan komitmen dalam membangun industri kecantikan dan modest fashion Indonesia dengan produk-produk inovasi berkelanjutan dan juga berbagai kampanye yang dapat selalu relevan untuk konsumen yang terus maju dan berkembang.

"Hal ini diwujudkan melalui kolaborasi yang sudah terjalin selama 11 tahun bersama Indonesia Hijabfest. Menjadi sebuah komunitas yang mampu memperkuat eksistensi perempuan muslim Indonesia dalam mengembangkan kreativitas dan prestasi, hal ini sejalan dengan komitmen Wardah yang berusaha untuk dapat bersinergi bersama perempuan Indonesia agar dapat tampil percaya diri sehingga mereka dapat berkreasi dan melakukan kebermanfaatan yang berdampak, bukan hanya untuk dirinya sendiri namun juga untuk lingkungannya," jelasnya.

Kesadaran akan industri hijab dan modest fashion semakin meningkat di masyarakat dan ini mengakibatkan permintaan akan produk muslimah semakin tinggi setiap tahunnya. Irma Maryam - Co-Owner Monel Brand mengatakan, industri hijab dan modest fashion terus berkembang secara signifikan, hal ini tercerminkan dari terus meningkatnya jumlah konsumen.

"Melalui hal ini, Monel Brand sebagai pelaku usaha terus berupaya untuk menciptakan produk-produk yang kreatif dan inovatif untuk dapat tetap bersaing dengan pasar. Dengan ikut turut berpartisipasi dalam Indonesia Hijabfest menjadikan pelaku usaha memiliki wadah atau ruang yang konsisten setiap tahunnya, agar dapat memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis," ujarnya.

Indonesia Hijabfest murni mendukung tren hijab dan komunitas yang berkembang di Indonesia secara umum, serta berusaha menjadi platform yang ideal bagi para pelaku usaha kreatif di sektor modest fashion untuk memamerkan karya-karyanya dengan menunjukkan potensi yang dimiliki.

Dengan upaya-upaya yang telah dilakukan Indonesia Hijabfest, diharapkan dapat menjadi wadah kolaborasi dan menciptakan pasar muslim yang kuat tidak hanya dapat dilakukan dengan fokus penjualan produk namun juga menciptakan beragam kolaborasi transformatif dengan berbagai ekosistem ekonomi syariah yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif untuk menjadi lebih baik.