Dukung Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, Nestlé Kerja Sama dengan Kemenparekraf

Minggu, 17 April 2022 | 21:30:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Dukung Ekonomi Kreatif Dan Pariwisata, Nestlé Kerja Sama Dengan Kemenparekraf

Sandiaga Salahuddin Uno, Menparekraf RI. (Special)

Ladiestory.id - Dukung pelestarian budaya lokal dan UMKM, Nestlé menandatangani Nota Kesepahaman sebagai salah satu mitra Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, dalam payung co-branding “Wonderful Indonesia”.

Nota Kesepahaman ini melingkupi beberapa area kolaborasi yang telah disetujui bersama, seperti pelaksanaan aktivitas promosi dan strategi pengembangan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, yang melibatkan merek-merek Nestlé seperti KITKAT dan MILO.

Sebagai salah satu realisasi dari kerja sama ini, Nestlé berkolaborasi dengan Kemenparekraf dalam menggelar lomba desain kemasan edisi khusus KITKAT. Lomba ini bertajuk Kompetisi KITKAT Breakreasi Design Challenge: “Destinasi Ter-Indonesia Lo!” sejak 10 Maret hingga 3 April 2022. 

Karya yang terpilih akan digunakan pada kemasan KITKAT edisi khusus Hari Kemerdekaan Indonesia, serta edisi khusus peringatan Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh pada 27 September. 

“Peran sektor swasta sangatlah dibutuhkan untuk terus mendukung perkembangan perekonomian dan pariwisata di Indonesia,” kata Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI).

“Tren subsektor desain saat ini sangatlah positif, interaksi antara pelaku industri kreatif dan pasar pun menjadi sangat besar. Para desainer sangat diharapkan dapat mendukung eksistensi subsektor ini dengan menggali dan mengangkat kearifan lokal dan kebudayaan Indonesia yang beragam dalam setiap karya-karyanya,” lanjutnya.

Sandiaga Uno berharap kompetisi ini dapat memotivasi para desainer muda untuk terus berkarya dan berinovasi.

Harapan serupa juga diungkap Ganesan Ampalavanar, Presiden Direktur PT Nestlé Indonesia. Dirinya ingin kompetisi ini dapat merangkul bakat-bakat baru di bidang ekonomi kreatif, khususnya desain, sekaligus mendorong promosi wisata nusantara.

Pemenang desain kompetisi KITKAT. (Special)

Kompetisi KITKAT Breakreasi Design Challenge telah menuai lebih dari 358 entri dari seluruh Indonesia. Desain terpilih telah diumumkan pada 11 April 2022 dan mempromosikan Bali serta lima destinasi wisata prioritas Indonesia, yaitu Danau Toba, Likupang, Mandalika, Labuan Bajo dan Borobudur. 

Desain para pemenang akan dicetak pada kemasan KITKAT multipack (6x17g) dan KITKAT 4F (35g) edisi khusus yang akan didistribusikan di seluruh Indonesia.   

Pemenang utama akan membawa hadiah yang terdiri dari uang tunai Rp15 Juta, akomodasi liburan ke Bali selama 3 hari 2 malam, dan voucer belanja senilai Rp1 Juta. Sementara, juara ke-2 mendapatkan Rp7 Juta, juara ke-3 Rp5 Juta, serta juara ke-4 dan ke-5 masing-masing Rp2,5 Juta. 

KITKAT juga menyiapkan voucer belanja senilai ratusan ribu rupiah dan merchandise menarik untuk pemenang hiburan yang diundi setiap minggu selama kompetisi berlangsung.  

Kolaborasi Nestlé dengan Kemenparekraf juga akan melibatkan merek Nestlé lainnya, yakni MILO, melalui kegiatan MILO Run dan MILO Bike 2022.