Dukung Perdamaian, Balenciaga Tampilkan Dua Warna Bendera Ukraina di Koleksi Terbaru

Senin, 7 Maret 2022 | 15:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Dukung Perdamaian, Balenciaga Tampilkan Dua Warna Bendera Ukraina Di Koleksi Terbaru

Koleksi Balenciaga Terbaru. (Instagram.com/balenciaga)

Ladiestory.id - Kabar terbaru datang dari brand terkenal, "Balenciaga" dalam acara pagelaran busana Paris Fashion Week 2022 yang hingga saat ini masih berlangsung.

Dilansir People, Senin (7/3/2022) sebagai brand internasional Balenciaga memamerkan koleksi yang tak biasa. 

Dalam rangka mendukung perdamaian akibat invasi Rusia kepada Ukraina, "Balenciaga" dikabarkan memamerkan koleksi Musim Dingin 2022 yang juga sebagai bentuk dukungan bagi Ukraina “Tribute to Ukraine”.

Koleksi Balenciaga Terbaru. (Instagram.com/balenciaga)

Dukungan tersebut salah satunya diperlihatkan melalui dua koleksi terakhir dari "Balenciaga" yang membawakan dua desain pakaian dengan dua warna bendera Ukraina, kuning dan biru.

Koleksi Balenciaga Terbaru. (Instagram.com/balenciaga)

Lewat sebuah pernyataan, Demna Gvasalia selaku Direktur Kreatif Balenciaga yang selama pertunjukan itu mengenakan kemeja dengan gambar bendera Ukraina membenarkan dukungan tersebut.

Menurutnya, koleksi Balenciaga kali ini didedikasikan untuk mendukung perdamaian. Hal tersebut terlaksana atas pengalaman pribadinya sebagai bagian dari pengungsi saat Perang Saudara Georgia yang terjadi pada 1993 silam.

Koleksi Balenciaga Terbaru. (Instagram.com/balenciaga)

"Perang di Ukraina telah memicu rasa sakit dari trauma masa lalu yang saya bawa sejak 1993, ketika hal yang sama terjadi di negara asal saya dan saya menjadi pengungsi selamanya," tulis Gvasalia dalam sebuah pernyataan di akun Instagram resmi Balenciaga.

Oleh karena itu, koleksi terbaru Balenciaga tersebut pun merupakan sebuah pernyataan sikap untuk mengecam adanya perang atau invasi yang sedang terjadi.

Baginya, Paris Fashion Week kali ini bukanlah bertujuan untuk eksis di mata dunia sebagai brand erbaik, melainkan sebagai dedikasi untuk perdamaian.

"Inilah sebabnya mengapa mengerjakan acara ini minggu ini sangat sulit bagi saya. Karena di saat seperti ini, fashion kehilangan relevansinya dan haknya yang sebenarnya untuk eksis. Pekan mode terasa seperti semacam absurditas," ungkap Gvasalia.

"Pertunjukan ini tidak membutuhkan penjelasan. Ini adalah dedikasi untuk keberanian, perlawanan, dan kemenangan cinta dan perdamaian," tutupnya.

Tak hanya memamerkan dua koleksi berwarna bendera Ukraina, Setiap kursi di fashion show dihiasi dengan bendera Ukraina dengan total 525 bendera. 

Balenciaga Dukung Ukraina. (Instagram.com/balenciaga)

Selain itu, peragaan busana berlangsung di runway pun dibuat melingkar, meniru pasca-apokaliptik, winter nuclear dengan model yang mondar-mandir melawan elemen salju, angin, dan kilat buatan.