Rutin Suntik Putih? Ini Efek Sampingnya

Jumat, 5 Agustus 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Rutin Suntik Putih? Ini Efek Sampingnya

Ilustrasi Efek Samping Suntik Putih (pinterest)

Ladiestory.id - Semakin pesat perkembangan teknologi kecantikkan, membuat banyak orang khususnya kaum hawa ingin mendapatkan kulit putih dan cerah berseri. Salah satunya yang instan adalah suntik putih. Tanpa disadari jika kamu ketagihan dan rutin lakukan suntik putih ini memberikan resiko buruk bagi tubuhmu, loh. Berikut ini adalah 6 efek samping dari suntik putih yang sangat membahayakan.

Kulit Jadi Sensitif

Kulit Menjadi Sensitif (pinterest)

Suntik putih merupakan salah satu metode kecantikkan dengan cara menyuntikkan cairan yang mengandung vitamin C, gluthatoin, kolagen serta bahan-bahan lainnya kedalam tubuh. Memang suntik putih juga memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Namun jika rutin melakukan suntik putih juga dapat memberikan resiko dan efek samping yang buruk bagi tubuhmu, loh.

Efek buruk yang pertama adalah kulit menjadi sensitif. Tanpa disadari, kulitmu akan mengalami pengurangan pigmen atau warna kulit. Selain itu, kulit akan lebih sensitif terhadap berbagai hal yang dapat memicu kerusakkan pada kulit.

Produksi Melanin Jadi Berkurang

Produksi Melanin Berkurang (pinterest)

Tahukah kamu? Melanin yang ada pada kulit bertugas untuk memproduksi jaringan yang ada pada kulit sekaligus meregenerasi kulit. Jika kamu rutin melakukan suntik vitamin C secara berulang-ulang dengan dosis tinggi, maka pembentukkan melaninmu akan terganggu bahkan bisa hilang.

Sebabkan Kanker Kulit

Sebabkan Kanker Kulit (pinterest)

Tanpa disadari bahaya buruk selanjutnya yang akan menghampirimu adalah kanker kulit. Melanin memiliki fungsi sebagi melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat menyebabkan kanker kulit. Dengan rutin melakukan suntik putih secara terus-menerus maka dapat menghambat produksi melanin pada kulitmu, sehingga dapat sebabkan kanker kulit yang berbahaya.

Munculnya Alergi 

Muncul Alergi (pinterest)

Salah satu efek samping adalah timbulnya alergi pada kulit seperti gatal-gatal maupun munculnya ruam merah.  Namun sebagian besar, efek samping yang muncul dari suntik putih ini adalah gangguan pada gluthation dan kolagen. Namun, juga efek samping yang menakutkan dapat terjadi yaitu pembekuan darah bahkan terganggunya sistem syaraf.

Timbulkan Gangguan Pada Pencernaan

Timbulkan Gangguan Pencernaan (pinterest)

Enggak hanya kerusakan melanin dan alergi pada kulit, rutin melakukan suntik putih juga dapat timbulkan gangguan pada pencernaan, lho! Mungkin gejalanya akan berbeda bagi tiap orang, gangguan pencernaan ini diantaranya seperti mual-mual, perut kembung, thalasemia, kerusakan hati dan ginjal hingga diare. Normalnya tubuh dapat menerima akan kebutuhan vitamin C sebanyak 40 mg/hari, namun bagi kamu yang menjalani suntik putih maka akan mendapatkan dosis rata-rata mencapai 1.000 mg.

Akibatkan Keguguran Pada Ibu Hamil

Akibatkan Keguguran (pinterest)

Dibeberapa negara dunia pun ternyata suntik putih nggak disarankan, loh. Misalnya di Australia bagi dokter yang menjalani metode ini akan di penjara. Sedangkan di Afrika metode kecantikkan ini sudah tidak diperbolehkan sejak 20 tahun lalu, begitupula Amerika Serikat sangat tidak menganjurkan metode kecantikkan suntik putih ini.

Namun, ada juga beberapa negara yang masih mengoperasikan metode suntik putih ini. Teruntuk bagi ibu hamil, metode kecantikkan ini sangat tidak dianjurkan, karena dapat menghambat proses progesteron sehingga dapat mengakibatkan keguguran pada janin.

Nah, bagaimana menurutmu Ladies? Yuk, mulai sayangi dirimu dan pandai memilah metode kecantikkan yang memang cocok untuk dirimu. Sebaiknya jangan mengikuti tren kecantikkan yang kekinian, namun konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kecantikkan ahli tentang masalah kulitmu, ya! Supaya kamu nggak menyesal nantinya, cantik nggak mesti coba-coba.

s