6 Manfaat Konsumsi Semangka Bagi Ibu Hamil

Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Konsumsi Semangka Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi Manfaat Mengonsumsi Semangka. (pinterest)

Ladiestory.id - Menjaga nutrisi dan kesehatan selama kehamilan membutuhkan perhatian yang ekstra agar ibu dan bayi dapat tumbuh sehat dan tetap bugar semasa memasuki fase-fase kehamilan. Tentunya ada banyak cara yang dilakukan oleh para ibu untuk mencapai komposisi nutrisi dan makanan yang baik dikonsumsi, khususnya bagi ibu dan bayi.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah semangka. Yup, buah semangka memiliki banyak khasiat yang baik bagi ibu hamil seperti mengandung 92 persen air hingga vitamin A, C, B6, serta magnesium dan potassium yang baik bagi ibu dan bayi. Tak hanya itu, terdapat 6 manfaat lain pada buah semangka yang baik dikonsumsi, lho. Berikut di antaranya!

Atasi Gejala Morning Sickness

Atasi Gejala Morning Sickness. (pinterest)

 

Salah satu gejala yang dialami bagi wanita hamil adalah morning sickness. Buah semangka juga baik dikonsumsi di pagi hari untuk memberikan perasaan ringan dan menenangkan bagi ibu hamil. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah semangka juga dapat mencegah terjadinya gejala morning sickness. Ibu hamil juga bisa mengonsumsi buah semangka baik secara langsung atau disajikan dengan dibuat minuman jus.

Membantu Meredakan Heartburn

Membantu Meredakan Heartburn. (pinterest)

 

Saat hamil, para bumil juga akan mengalami gejala masalah pencernaan. Salah satunya adalah heartburn, yakni suatu kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan kemudian menghasilkan rasa sakit yang membakar di dada bagian bawah. Oleh karena itu, ibu hamil juga sangat baik disarankan untuk mengonsumsi buah semangka karena memiliki sifat pendingin yang dapat membantu meredakan heartburn sesegera mungkin.

Mengurangi Keram Otot

Mengurangi Keram Otot. (pinterest)

 

Saat memasuki masa-masa kehamilan, tentunya ibu hamil akan mengalami berbagai macam perubahan mulai dari perubahan hormon hingga bentuk tubuh yang semakin bertambah. Oleh karena itu, mengonsumsi buah semangka juga dapat membantu mengurangi masalah keram pada otot dan tulang.

Selain itu, buah semangka juga dapat membantu mengurangi pembengkakkan pada tubuh ibu hamil seperti pembengkakan pada jari tangan dan kaki. Pembengkakan ini terjadi akibat peningkatan hormon progesteron, cairan tubuh dan volume darah yang dialami oleh ibu hamil di setiap trimester. Dengan kandungan air yang tinggi, buah semangka juga dapat membantu memperlancar peredaran darah, mengurangi penyumbatan pembuluh darah hingga mengurangi pembengkakan pada kaki dan tangan.

Tinggi Nutrisi

Tinggi Nutrisi. (pinterest)

 

Buah semangka memiliki kandungan vitamin A, C, B6, magnesium, dan potassium serta tinggi akan nutrisi. Selain itu, buah semangka juga membantu memberikan kekebalan tubuh janin didalam kandungan. Kandungan kalium dalam buah semangka juga dapat membantu keseimbangan air dalam darah dan mengatur jaringan tubuh.

Meningkatkan Imun Tubuh

Meningkatkan Imun Tubuh. (pinterest)

 

Mengonsumsi semangka pada ibu hamil juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada janin dan ibu hamil. Buah semangka juga mengandung likopen dan sumber antioksidan yang dapat membantu mengurangi pre-eklampsia hingga 50 persen. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada buah semangka juga dapat membantu meningkatkan kembali kepada kekebalan tubuh yang menurun semasa kehamilan.

Meringkankan Infeksi Saluran Kemih

Meringankan Infeksi Saluran Kemih. (pinterest)

 

Salah satu masalah kehamilan lainnya adalah timbulnya infeksi saluran kemih, hal ini umum terjadi saat kehamilan namun harus tetap diwaspadai. Tak usah khawatir, ternyata semangka juga memiliki tingkat kandungan air yang tinggi dan memiliki sifat anti bakteri yang dapat meringankan infeksi saluran kemih.

Nah, itu dia 6 manfaat buah semangka yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

 

s