Bahaya! Hindari 5 Makanan Ini agar Asam Lambung Tidak Naik

Minggu, 31 Juli 2022 | 00:01:00

Lukyana Arsa

Penulis : Lukyana Arsa

Bahaya! Hindari 5 Makanan Ini Agar Asam Lambung Tidak Naik

makanan pantang untuk asam lambung. (Special)

Ladiestory.id - Masalah penyakit asam lambung sangat berpengaruh pada pola hidup dan kebiasaan yang kamu jalani. Asam lambung bisa saja disebabkan oleh kebiasanmu yang suka menunda waktu makan. Hal ini dapat menyebabkan perutmu sakit dan asam lambung naik.

Selain kebiasaan menunda-nunda waktu makan, pemicu lainnya yang menyebabkan asam lambungmu naik karena makanan dan minumun yang kamu konsumsi tidak baik untuk kesehatan.

Dilansir every day health, ada beberapa jenis makanan tertentu yang membuat asam lambungmu naik. Untuk itu, kamu disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tersebut. Hal itu karena ada beberapa makanan yang merusak area pencernaanmu jika dikonsumsi secara terus-menerus.

Selain makanan, cara makanmu sepertinya juga menjadi faktor naiknya asam lambung. Sehingga, kamu perlu untuk mengubah ukuran porsi dan waktu makan yang ideal agar bisa mengurangi mulas dan gelaja asam lambung. Berikut beberapa pantangan makanan yang perlu kamu hindari untuk mencegah kenaikan asam lambung.

Kafein

Kopi dan teh tidak baik untuk asam lambung. (Special)

Mungkin kamu sering mendengar dan tahu, orang yang memiliki riwayat asam lambung tidak dianjurkan untuk mengonsumsi minuman yang berkafein. Tujuannya adalah untuk mencegah gejala asam lambungmu bertambah parah.

Kafein ternyata dapat melemahkan otot esofagus yang terletal di katup kerongkongan bagian bawah. Akibatnya, asam lambungmu akan naik. Beberapa jenis makanan dan minuman berkafein yang bisa kamu hindari adalah kopi, cokelat, teh, minuman berenergi, dan minuman bersoda.

Alkohol

Ilustrasi orang minum alkohol. (Special)

Alkohol menjadi minuman yang sangat pantang dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Alkohol memiliki konsentrasi asam yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan juga dapat melemahkan otot-otot di kerongkonganmu. Akibatnya, penyakit asam lambungmu semakin parah.

Jika kamu ingin tetap sehat dan asam lambungmu terkontrol, lebih baik kamu menghindari minuman-minuman yang mengandung alkohol seperti anggur, wine, bir, dan cocktail.

Makanan Pedas

Ilustrasi orang makan pedas. (Special)

Makanan pedas memang enak dan selalu bisa menggoda selera makan seseorang. Tapi, makanan pedas bisa membuatmu sakit perut, mulas, dan diare. Oleh karena itu, makanan pedas termasuk ke dalam makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung.

Ekstrak alkaloid yang ada di dalam zat capsaisin pada cabai, membuat rasa pedas pada cabai. Selain itu, zat capsaisin dapat memperlambat kerja sistem pencernaan. Padahal, saat asam lambung seseorang naik, makanan tidak boleh berada terlalu lama dalam sistem pencernaan.

Makanan Berlemak

Ilustrasi makanan berlemak. (Special)

Sebagai salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh, lemak boleh dikonsumsi selama masih dalam jumlah yang wajar. Namun, jika konsumsi makanan berlemak sudah berlebih, yang terjadi malah timbulnya berbagai macam masalah pencernaan, termasuk naiknya asam lambung.

Makanan yang terlalu banyak mengandung lemak akan sulit dicerna oleh tubuh dan dapat merangsang pelepasan hormon kolesistokinin yang mengakibatkan katup kerongkongan kendur.

Beberapa makanan berlemak yang bisa kamu batasi, diantaranya produk susu olahan yang mengandung lemak tinggi, daging merah, makanan yang digoreng, dan makanan-makanan manis yang mengandung banyak gula.

Buah Asam

Minuman asam. (Special)

Buah-buahan asam seperti jeruk dan lemon mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kesehatan. Namun, jika dikonsumsi terlau banyak, maka dapat memicu naiknya asam lambung. Hal itu karena kandungan asam yang ada di dalam makanan dapat memicu rasa terbakar pada lambung.

s