Mau Masuk Kuliah? Eits, Perhatikan 5 Ekspetasi vs Realita Versi Mahasiswa

Rabu, 17 November 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Mau Masuk Kuliah? Eits, Perhatikan 5 Ekspetasi Vs Realita Versi Mahasiswa

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Meski tidak semua, namun kebanyakan orang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Seperti mereka yang lulus SMA bakal melanjutkan ke perguruan tinggi.

Memasuki dunia perkuliahan memang menjadi pengalaman baru, terlebih lagi bagi mahasiswa perantau.

Akan banyak ekspetasi di otak meski belum lulus SMA. Berbagai bayangan tentang dunia perkuliahan pun pasti sudah ada.

Biasanya, bayangan tersebut didapat dari film ataupun cerita orang-orang. Nah, cerita yang didapat seringkali hanya yang bahagianya saja.

Ekspetasi vs Realita Versi Mahasiswa

Foto: studilmu

Namun bagaimana dengan realitanya? Bahkan segala hal yang dulu menjadi ekspetasi indah tentang dunia perkuliahan, lama-lama akan runtuh setelah merasakan realita. Sebelum kaget nih, sebaiknya perhatikan ekspetasi vs realita versi mahasiswa di bawah ini.

1. Kuliah itu santai vs kuliah itu sibuk

Kebanyakan anak yang masih duduk di bangku SMA akan selalu membayangkan kehidupan perkuliahan yang menyenangkan. Terutama bagi kalian yang sedang berada di kelas 12, benar kan?

Memiliki ekspetasi jika kuliah pasti bisa santai dan rebahan dengan waktu yang lama, main sepuasnya, keliling dari satu mall ke mall lain. Dan realitanya? Jangan berharap kuliah itu hanya bersenang-senang saja. Sebab pada realitanya perkuliahan justru cukup mengerikan.   

Terlebih jika memasuki semester tua atau semester atas. Kamu akan semakin tidak bisa leha-leha sebab akan banyak tugas yang menyita waktu tidurmu.

Kehidupan perkuliahan penuh dengan praktikum, deadline, dan quiz. Bahkan, jika ada waktu bersantai adalah nikmat tiada tara.

2. Hedon vs makan mie akhir bulan

Kebanyakan mahasiswa akan dikasih uang saku selama satu bulan penuh, hal ini biasanya berbeda dengan jatah yang diberi saat SMA. Jika SMA kebanyakan masih tinggal bersama orang tua dan akan terbatas untuk membeli makanan ataupun barang.

Maka kebanyakan orang yang memiliki ekspetasi ketika kuliah mereka akan bebas untuk hedon atau membeli apapun yang mereka mau. Tapi yakin itu akan menjadi realita?

Pasalnya uang kalian akan habis untuk biaya praktikum dan tugas-tugas kuliah lainnya. Terutama anak kos yang harus super duper irit jajan atau berujung makan mie instan akhir bulan.

Memang kebanyakan mahasiswa akan seperti itu. Pada awal bulan akan merasa kaya karena baru mendapatkan transfer uang saku.

Sehingga, mereka bisa membeli makanan dan barang apa pun. Namun begitu memasuki tanggal pertengahan bulan pasti sangat irit, karena takut kehabisan uang saku.

3. Bangun siang vs bangun kesiangan

Foto: Ladiestory.id

 

Jika dibayangkan, kuliah itu enak sebab bisa bangun siang saat jam kuliah di siang hari. Namun realita nya bukan hanya bisa bangun siang, tapi bisa bangun kesiangan. Hal ini disebabkan kebiasaan anak kost yang suka santai dan begadang mengerjakan tugas hingga larut malam.

Mungkin, hanya mahasiswa teladan lah yang bisa melawan semuanya. Namun berbeda dengan mahasiswa biasa yang tidak terlambat saja sudah sangat bersyukur, karena bebas dari semprotan dosen. Gimana apakah ekspetasi vs realita sesuai?

4. Jadi anak kost free atau bebas vs anak kost homesick

Kebanyakan mahasiswa akan merantau dari orang tua. Nah inilah yang biasanya menjadi ekspetasi para siswa SMA. Mereka ingin hidup bebas tanpa larangan dan aturan dari orang tua. Jadi mereka akan membanyakan dan ber-ekspetasi bisa hidup bebas ketika menjadi anak kost.

Namun realitanya? Kalian akan merasa homesick dan rindu dengan rumah bahkan keluarga. Sebab ada beberapa hal yang tidak akan kamu temui ketika menjadi anak kost.

5. Jadwal kuliah fleksibel vs jadwal kuliah penuh

Foto: Ladiestory.id

Yap, poin kelima adalah ekspektasi vs realita selanjutnya. Saat SMA akan terbiasa dengan jadwal sekolah yang padat. Misal satu hari bisa 4 sampai 5 mata pelajaran.

Dan akhirnya memiliki ekspetasi ketika memasuki perkuliahan, jadwal lebih fleksibel dan kuliah tidak sampai seharian penuh. Faktanya, memang benar adanya.

Satu hari maksimal 3 hingga 4 mata kuliah, namun faktanya durasi waktu dari setiap mata kuliah itu yang bikin pusing. Terlebih jika ditambah dengan kelas pagi yang mulai pada jam 7 tepat dan perkuliahan berakhir pada pukul 5 sore.

Bagaimana, apakah ekspektasi vs realita ini yang kamu harapkan?

Inilah 5 ekspektasi vs realita versih mahasiswa. Sebaiknya jangan memiliki ekspetasi yang tinggi ketika memasuki dunia perkuliahan. Sebab pada realita tak seindah ekspetasi atau apa yang dibayangkan.