Sering Muncul di K-Drama, Wajib Tahu Etika Makan di Korea Selatan

Rabu, 2 Maret 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Sering Muncul Di K-Drama, Wajib Tahu Etika Makan Di Korea Selatan

Ilustrasi etika makan di Korea Selatan. (Special)

Ladiestory.id - Setiap negara pasti memiliki etika dan sopan santun yang berbeda. Etika tersebut sangat penting jika kita bertemu dnegan orang yang baru kita kenal. Selain itu, etika juga diterapkan untuk orang yang lebih tua.

Nah, salah satu negara yang sangat menjunjung etika terhadap orang tua dan senior adalah Korea Selatan. Bahkan etika makan di Korea Selatan pun cukup banyak.

Jika Kamu suka nonton drama Korea, pasti tidak kaget dengan etika makan di Korea Selatan yang selalu mendahulukan senior atau orang yang lebih tua. Oleh sebab itu, jika Kamu ingin berkunjung ke Negeri Ginseng ini wajib tahu etika makan di Korea Selatan seperti di bawah ini.

Dahulukan yang Lebih Tua dan "Berpangkat"

Ilustrasi etika makan di Korea Selatan. (Special)

Diketahui, senioritas di Korea Selatan sangat tinggi. Meskipun itu tidak dalam lingkup kerja ataupun bersama senior, namun makan dengan orang yang lebih tua pun kita harus tahu etikanya.

Jika di Indonesia, kita bisa saja langsung duduk di meja makan atau restoran. Namun jangan sampai melakukan hal demikian jika makan di Korea Selatan.

Kamu wajib duduk setelah senior atau orang yang lebih tua dari Kamu duduk. Selain itu, orang yang paling muda atau junior wajib duduk dekat pintu. Sebaliknya orang tua atau senior harus duduk di tempat yang lebih ke dalam.

Gunakan Peralatan Makan dengan Benar

Ilustrasi etika makan di Korea Selatan. (Special)

Sebenarnya peralatan makan seperti sendok, garpu, dan sumpit diciptakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Namun jika di Indonesia, rata-rata kita menggunakan sendok dan garpu. Bahkan masih banyak orang yang hanya menggunakan sendok untuk makan segala jenis makanan.

Tapi berbeda dengan di Korea, di meja makan pasti telah disiapkan seperangkat peralatan makan yang biasanya berisi sumpit dan sendok khas Korea. Kalau Kamu pecinta drama Korea pasti tahu bentuk sendok Korea yang bulat panjang.

Di Korea, sendok digunakan untuk menyuap nasi, bubur, lauk berkuah, atau sup. Sedangkan sumpit untuk menyuap mi, lauk pauk, side dish seperti kimchi. Namun penting diperhatikan, jangan menggunakan sendok dan sumpit secara bersamaan karena dianggap tidak sopan

Jika sedang menggunakan sendok untuk menyuap sup, taruhlah sumpit disamping piring. Bahkan jangan sampai sumpit ditaruh di atas mangkuk ataupun ditancapkan di atas nasi. Hal tersebut dianggap akan membawa kesialan sebab bentuk sumpit tersebut seperti dupa dalam acara kematian.

Ucapkan Salam Sebelum Makan

Ilustrasi etika makan di Korea Selatan. (Special)

Etika makan di Korea Selatan selanjutnya, kita wajib mengucapkan salam sebelum makan. Baik orang tua, senior, junior wajib mengucapkan "jal meokkessumnida". Salam ini memiliki arti "aku akan menikmatinya" atau bisa juga diartikan "selamat makan".

Mengucapkan salam sebelum makan menjadi bentuk kita berterima kasih kepada si penyedia makanan. Untuk itu sangat penting kita menghargai mereka dengan mengucapkan salam tersebut.

Bahkan ketika Kamu sudah selesai makan, wajib juga mengucapkan salam  "jal meogeosseumnida". Dalam hal ini, salam tersebut berarti "aku sudah menghabiskan makanan ini dengan nikmat dan bahagia".

Makan Pelan-Pelan dan Jangan Bersisa

Ilustrasi etika makan di Korea Selatan. (Special)

Meskipun merasa sangat lapar, Kamu tetap harus mengatur ritme makanmu. Terutama jika Kamu adalah junior dalam sekumpulan orang di meja makan tersebut. Jangan sampai makananmu habis terlebih dahulu.

Usahakan makananmu habis pada waktu yang sama dengan senior atau orang yang lebih tua. Selain itu, makan pelan-pelan membuatmu bisa menikmati makanan tersebut. Bahkan Kamu tidak akan tersedak saat makan.

Yang paling penting, jangan sampai menyisakan makanan. Hal tersebut akan dianggap tidak bersyukur dan tidak sopan. Bahkan di Korea Selatan selalu menyisakan mangkuk dalam keadaan bersih setelah makan.

Jangan Angkat Mangkuk

Ilustrasi etika makan di Korea Selatan. (Special)

Setiap negara memang memiliki budaya tersendiri, seperti halnya di Korea Selatan. Jika di Cina maupun Jepang, mengangkat mangkuk saat makan merupakan hal yang wajar.

Namun sebaliknya, di Korea Selatan mangkuk tetap harus ada di meja. Jika kita mengangkat mangkuk, maka akan terlihat seperti pengemis. Oleh sebab itu, biarkan tanganmu saja yang bergerak untuk menyuap makanan masuk ke mulut.