Menjadi Utusan Khusus Korea Selatan, 4 Fakta BTS Saat Hadiri Sidang PPB di New York AS

Kamis, 23 September 2021 | 08:27:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Menjadi Utusan Khusus Korea Selatan, 4 Fakta BTS Saat Hadiri Sidang PPB di New York AS

Foto: twitter.com/bts_bighit

Boy group BTS atau Bangtang Sonyeondan ditunjuk sebagai utusan khusus Korea Selatan dalam sidang PBB di New York tahun ini. Yang lebih istimewa, ke tujuh member BTS tersebut juga diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato terkait Covid 19 yang saat ini tengah melanda dunia.

Fakta BTS Saat Hadiri Sidang PBB di New York, AS

Lantas seperti apakah penampilan BTS saat menghadiri sidang PBB di New York? Yuk, simak fakta kehadiran BTS di Sidang Umum PBB tahun ini!

1. BTS menghadiri sidang umum PBB sebagai utusan khusus negara

Foto: twitter.com/bts_bighit

Ketujuh anggota BTS, RM, Jimin, J-Hope, Suga, Jungkook, V, dan Jin ditunjuk oleh presiden Korea Selatan, Moon Jae In sebagai utusan khusus untuk berpidato di Sidang Umum Majelis PBB ke-76 di New York, Amerika Serikat. Mereka akan tampil dalam upacara pembukaan Sustainable Development Goals Moment of the Decade of Action.

Penganugerahan gelar utusan khusus negara dilakukan dengan penganugerahan gelar secara resmi oleh Presiden Moon Jae In dan penyerahan paspor diplomatik kepada BTS.

Dilansir dari situs kompas, paspor diplomatik hanya dikeluarkan kepada individu yang ditunjuk secara khusus untuk menjalankan urusan resmi dari pemerintah suatu negara di luar negeri.

Kemudian, pemegang paspor diplomatik dapat merasakan kekebalan diplomatik, seperti dibebaskan dari pajak yang terjadi selama perjalanan darat maupun udara serta bebas dari pajak penghasilan dari luar asal negara tuan rumah.

2. Setelan jas yang dikenakan BTS membawa pesan khusus

Foto: twitter.com/bts_bighit

Saat menghadiri sidang umum PBB di New York, ketujuh anggota BTS tampil dengan mengenakan setelan jas formal yang dipadukan dengan dasi dan kemeja putih. Diketahui, setelan jas yang dikenakan BTS di sidang umum PBB adalah pakaian yang dibuat oleh brand RE;CODE.

RE;CODE adalah merek fashion terkemuka Korea yang menggunakan kain ramah lingkungan dan material kolon FnC. BTS bersama RE;CODE terlibat dalam program SDG Moment PBB. SDG Moment punya tujuan untuk memberikan dorongan kepada masyarakat untuk mencapai program SDG yang dirancang oleh PBB.

3. BTS berpidato di hadapan tokoh dunia mewakili suara anak muda

Foto: rappler

Semua anggota BTS berpidato menyampaikan pesan pribadi dan gagasannya mewakili suara anak muda yang hidup dan bertumbuh di tengah-tengah pandemi COVID-19.

Sesi pidato dibuka oleh leader BTS, RM dengan pesan untuk mencintai dan menerima diri sendiri seperti dalam pidato pertamanya di sidang umum PBB 3 tahun yang lalu serta menegaskan pentingnya memiliki harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Kemudian ada pidato J-Hope yang menyangkut permasalahan iklim yang semakin buruk setiap tahunnya. Menurutnya, generasi muda untuk melakukan perubahan demi bumi yang lebih sehat.

Sementara, kelima anggota lainnya, Jimin, Jungkook, V, Jin, dan Suga berbicara mengenai kondisi anak muda di masa pandemi yang bersedih karena banyak event penting dalam hidupnya yang tidak terjadi dan kehilangan orang-orang tersayang.

Mereka mengajak generasi muda untuk terus menemukan peluang baru, percaya bahwa mereka tidak sendiri dalam menjalani hidup, segera mendapatkan vaksinasi serta percaya akan adanya harapan baik di masa depan.

4. BTS menampilkan Permission to Dance di ruang sidang PBB

Foto: twitter.com/bts_bighit

Selain hadir berpidato untuk mewakili suara anak muda, boy group asuhan Big Hit Entertainment ini juga turut menampilkan single terbarunya yang bertajuk Permission to Dance. Yang spesialnya, lagu ini ditampilkan di dalam ruang sidang PBB.

Dari Ruang sidang PBB, penampilan pun berlanjut hingga ke sekitar sisi timur gedung PBB bersama dengan puluhan penari yang memeriahkan penampilan spesial BTS.

Itu dia beberapa fakta menarik seputar BTS yang menghadiri sidang PBB di New York. Semoga pencapaian dan hal-hal positif yang dilakukan BTS menginspirasi generasi muda, ya!

Berita Terkait