7 Fakta dan Sifat Unik Anak Kedua yang Perlu Kamu Ketahui

Minggu, 12 Desember 2021 | 17:45:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Fakta Dan Sifat Unik Anak Kedua Yang Perlu Kamu Ketahui

Keluarga artis Korea, Jang Yoon Jung dan Do Kyung Wan. (Soompi)

Ladiestory.id - Dalam sebuah keluarga, biasanya anak pertama disebut anak sulung yang tugasnya menjaga adik-adik dan keluarga.

Kemudian, ada juga anak terakhir yang disebut anak bungsu yang biasanya paling dimanjakan oleh orangtuanya. Lalu, bagaimana dengan anak kedua, ya? 

Tahukah Kamu ternyata anak kedua punya karakter unik yang berbeda dengan anak pertama ataupun anak terakhir.

Hal tersebut berdasarkan pernyataan dari salah satu ahli psikologi bernama Alfred Adler, yang menyebutkan bahwa urutan kelahiran anak punya pengaruh dalam menentukan kepribadian dari seseorang. 

Fakta dan Karakter Unik Anak Kedua

Inilah fakta dan karakter unik dari anak kedua yang perlu Kamu ketahui.

1. Perasaannya Lebih Sensitif

Ilustrasi anak yang sedang sedih. (Ladiestory.id)

Sifat anak kedua disebut-sebut memiliki perasaan yang lebih sensitif. Mereka akan mudah terbawa perasaan emosionalnya, bahkan oleh hal-hal yang kecil. 

2. Lebih Mandiri

Bicara soal mandiri, biasanya anak pertama atau si sulunglah yang dibicarakan. Tapi, ternyata faktanya anak kedua juga disebut punya sifat mandiri yang tidak kalah dengan anak sulung.

Hal ini lantaran anak kedua mampu membagi dirinya dari urusan keluarga dan menjadikan ia sebagai sosok yang independen atau mandiri. 

3. Bersikap Tegas

Meski bukan anak pertama yang diidentikan punya kepemimpinan dan dewasa, faktanya anak kedua ternyata mampu memposisikan dirinya juga sebagai orang yang tegas.

Sebagai anak tengah, ia bisa memberikan masukkan kepada kakak dan memberikan nasihat yang terbaik untuk adiknya. 

4. Punya Self-esteem yang Cenderung Rendah

Ilustrasi membandingkan anak. (Ladiestory.id)

Dalam keluarga, fakta anak kedua biasanya memiliki atensi yang kurang kuat dari keluarga. Si sulung biasanya yang lebih dibanggakan dan dipercayai karena anak dianggap anak tertua. 

Sedangkan anak bungsu akan dimanjakan karena anak paling kecil, sementara anak kedua berada di antaranya. Hal inilah yang disebut-sebut membuat anak kedua memiliki rasa berharga pada diri sendiri (self esteem) yang cenderung rendah.

5. Sering Merasa Terasingkan

Karena tidak menemukan keunikan dan rasa antusias dari keluarga seperti si sulung maupun si bungsu dalam keluarga, anak kedua akhirnya seringkali merasa terasingkan. Mereka pun akhirnya memilih untuk menarik diri dan tertutup. 

6. Bisa Jadi Mediator yang Baik

Lahir di tengah-tengah antara anak sulung dan bungsu, membuat anak kedua ternyata memiliki sifat cinta damai, sabar, dan toleran. Karena itu, ia bisa menjadi mediator yang baik antara keluarga yang sedang berseteru. 

7. Kompetitif Kepada Saudaranya

Karena dianggap tidak memiliki keunikan yang membuatnya tak mendapat perhatian besar dari keluarga, maka membuat anak kedua cenderung kompetitif kepada saudaranya.

Mereka bisa sekuat tenaga memperlihatkan kemampuan atau kelebihannya di depan orang tua. Tujuannya, untuk mendapat perhatian dan rasa sayang yang lebih dari keluarga.

Nah, itulah sifat dan fakta anak ke 2 yang harus Kamu tahu. Benarkah demikian?