Fakta Dibalik Kep. Seribu, Tempat Wisata Di Jakarta Dengan Pesona Alam yang Indah

Senin, 21 Juni 2021 | 09:48:19

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Fakta Dibalik Kep. Seribu, Tempat Wisata Di Jakarta Dengan Pesona Alam yang Indah

Foto: Ladiestory.id

Kepulauan Seribu adalah kabupaten administrasi DKI Jakarta dengan bagian wilayah yang meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta. Di kawasan tersebut terdapat setidaknya 342 pulau yang masuk dalam area Kep. Seribu. 

Bagi warga Jakarta, Kep. Seribu menjadi destinasi wisata terdekat untuk melepas penat di akhir pekan. Karena memang beberapa pulau di kawasan telah dijadikan destinasi wisata yang cukup populer. 

Meskipun demikian, ada beberapa fakta unik dari Kep. Seribu yang mungkin belum banyak diketahui. 

Apa saja fakta yang tersembunyi di dalamnya? 

Berikut lima fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang Kep. Seribu: 

Keragaman Flora dan Fauna 

Jika berkunjung ke sana Anda akan disuguhkan banyak keindahan alam yang sangat terjaga kelestariannya. Salah satu yang menarik adalah pesona terumbu karang dan aneka jenis biota laut khas Kep. Seribu. 

Selain hewan laut, di area wisata alam Jakarta ini Anda juga dapat melihat aneka hewan darat seperti elang bondol, ular, biawak dan burung pecuk ular. Disini juga ada penangkaran penyu juga loh. Seru banget kan. 

Adanya Situs Wisata Religi di Kep. Seribu 

Di Kep. Seribu atau tepatnya di Pulau Panggang juga terdapat situs wisata religi berupa makam Al-Habib Bin Zein Aidid. Beliau merupakan ulama asal Hadramaut  yang menyebarkan ajaran agama Islam pada abad ke-18. 

Selain makam Al-Habib Bin Zein Aidid, di Pulau Panggang juga terdapat makam Pendekar Darah Putih. Di masa hidupnya beliau adalah pemimpin perang untuk masyarakat Pulau Panggang dalam melawan perompak. 

Terakhir terdapat juga makam Syarif Maulana Syarifuddin di Pulau Kelapa serta makam Sultan Mahmud Zakaria di Pulau Panjang. 

Nama-Nama Pulau yang Unik 

Kep. Seribu dikenal dengan berbagai pulau yang diberi nama-nama unik dan memiliki sejarah tersendiri. Seperti contohnya Pulau Tidung, di era kolonial Belanda Pulau Tidung dijadikan sebagai tempat tinggal orang-orang yang berusaha melarikan diri dari kebengisan Belanda.

Karena digunakan sebagai tempat berlindung, maka kawasan tersebut dinamakan Pulau Tidung. Tak hanya Pulau Tidung, masih ada nama pulau lain seperti Pulau Harapan, Pulau Ayer, Pulau Pari, Pulau Bidadari, Pulau Congkak dan Pulau Kotok. 

Monas Di Kepulauan Seribu 

Ternyata “Monas” juga ada di Kep. Seribu loh! Tapi Monas disana disebut dengan Jakarta Coral Garden. Uniknya, Jakarta Coral Garden ini didirikan di bawah permukaan laut dalam rangka Coral Day. 

Bangunan dari icon Kota Jakarta ini dibangun dalam bentuk miniatur yang ditujukan sebagai wujud kepedulian warga terhadap keberlangsungan hidup terumbu karang. Bangunan ini berada pada kedalaman 5 meter dengan tinggi 2,5 meter. 

Di sekeliling Monas mini ini dikelilingi oleh 12 rak dengan 16 bibit terumbu karang. Jika ingin melihatnya, Anda bisa langsung berkunjung ke Pulau Pramuka. 

Terdapat Jejak Sejarah di Pulau Onrust 

Onrust merupakan sebuah pulau yang menjadi saksi bisu tentang sebuah tragedi perebutan kekuasaan antara VOC dengan Inggris. Sebelumnya, di tahun 1615 VOC berhasil membangun dok kapal, namun dirobohkan oleh pasukan  Inggris pada tahun 1800. 

Pada tahun 1827, Onrust kembali dibangun dan dialihfungsikan untuk galangan kapal. Kemudian pada tahun 1911-1933 kawasan ini kembali dijadikan sebagai karantina jemaah Haji. 

Beberapa puluh tahun berlalu, kini kawasan Pulau Onrust telah dijadikan sebagai pangkalan Angkatan Laut Indonesia. Oleh sebab itu, pulau tersebut sering juga disebut dengan Pulau Kapal. 

Itulah lima fakta unik dari Kep. Seribu yang belum banyak diketahui oleh orang banyak. Bagaimana, semakin tertarik untuk berkunjung kesana? Yuk atur jadwal liburan Anda pekan ini.