5 Fakta Menarik Adinia Wirasti, Aktris Berbakat yang Tengah Jadi Perbincangan Publik

Senin, 9 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Fakta Menarik Adinia Wirasti, Aktris Berbakat Yang Tengah Jadi Perbincangan Publik

Adinia Wirasti. (Special)

Ladiestory.id - Nama aktris Adinia Wirasti kini tengah menjadi sorotan masyarakat lantaran dirinya disebut sebagai aktris kurang terkenal. Hal tersebut dimulai dari cuitan seorang warganet di Twitter yang berpendapat bahwa pemilihan Adinia Wirasti dalam serial “Mendua” dirasa kurang cocok.

Dalam cuitan di Twitter, warganet tersebut juga mengatakan alasannya. Ia merasa bahwa sosok Adinia Wirasti belum banyak dikenal masyarakat Indonesia. Meski begitu, Adinia Wirasti pun menanggapinya dengan santai.

Pemeran Sekar dalam serial "Mendua" ini membalasnya dengan komentar “Makasih reviewnya, Ternyata, untuk jadi lead role harus terkenal dulu ya. Baik.” Lantas seperti apa fakta menarik mengenai aktris berbakat yang tengah menjadi perbincangan publik ini? Yuk, simak ulasan lima fakta menarik Adinia Wirasti berikut ini.

Aktris Multitalenta

Adinia Wirasti. (Special)

Aktris yang memiliki nama lengkap Adinia Wirasti Wijayanto ini lahir di Jakarta, 19 Januari 1987. Dirinya merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Ia memulai kariernya di dunia hiburan sebagai model majalah remaja. Adinia Wirasti diketahui sebagai alumni dari New York Film Academy.

Kemudian, ia memulai debut aktingnya melalui film “Ada Apa dengan Cinta” sebagai toko Karmen. Setelah itu, dirinya membintangi kembali dalam film “Tentang Dia” dan berperan sebagai Rudy. Kesuksesannya dalam film tersebut mendulang berbagai respons positif. Tak ayal, ia pun mulai mendapat berbagai tawaran peran hingga penghargaan. 

Peraih Piala Citra Termuda

Adinia Wirasti. (Special)

Berawal dari penampilannya sebagai tokoh “Rudy” dalam film “Tentang Dia” mengantarkan Adinia Wirasti meraih penghargaan pertamanya. Ia memenangkan kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik pada ajang "Festival Film Indonesia" pada 2005. Spesialnya, kemenangan tersebut juga membuat dirinya menjadi peraih Piala Citra termuda.

Selain itu, untuk film yang sama, dirinya juga mendapat penghargaan pada "Festival Film Bandung" dalam kategori Pemeran Pendukung Wanita Terpuji. Tak berhenti disitu, pada 2013 aktris berbakat ini kembali meraih penghargaan pada ajang "Piala Citra FFI" sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik Festival Film Indonesia 2013 melalui film “Laura & Marsha”

Adik dari Sara Wijayanto

Adinia Wirasti. (Special)

Adinia Wirasti diketahui juga merupakan adik kandung dari YouTuber Sara Wijayanto. Berbeda dengan sang kakak yang aktif melalui kanal YouTube pribadinya, Adinia Wirasti justru memilih untuk aktif berkarya melalui berbagai karya film maupun serial.

Selain itu, gadis dengan tinggi 175 cm ini juga merupakan adik dari Wisnu Hardana yang kerap hadir pada beberapa kesempatan di konten Sara Wijayanto. 

Telah Terlibat dalam Berbagai Genre Film

Adinia Wirasti. (Special)

Sejak penampilannya dalam film “Ada Apa Dengan Cinta?”, Adinia Wirasti mulai mendapat sorotan publik. Seiring suksesnya film tersebut, ia pun turut merasakannya. Meski sempat vakum beberapa waktu, ia kembali membintangi film berjudul “Tentang Dia”.

Kemudian, Adinia pun aktif membintangi berbagai judul film seperti “Dunia Mereka”, “3 Hari untuk Selamanya”, “Cek Toko Sebelah”, “Kapan Kawin”, “Susah Sinyal”, “Critical Eleven”, “Lampor: Keranda Terbang”, “Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga” hingga “Kamu Tidak Sendiri”.

Tak berhenti disitu, Adinia juga kembali membintangi serial yang merupakan remake dari series “Doctor Foster” dengan judul “Mendua”. 

Aktris Indonesia Berprestasi

Adinia Wirasti. (Special)

Selama berkarya, Adinia Wirasti juga sempat masuk ke dalam berbagai nominasi penghargaan pada ajang penghargaan sinema. Dari beberapa nominasi yang didapatkannya, ia berhasil meraih beberapa piala. Beberapa di antaranya seperti kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik pada "Festival Film Indonesia 2005" melalui film “Tentang Dia”, kategori Aktris Pendukung Terpilih pada ajang "Piala Maya 2012" melalui film “Arisan! 2”.

Ada juga kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik pada "Festival Film Indonesia 2013" melalui film “Laura & Marsha”, kategori Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop Di ajang "Festival Film Indonesia 2017" melalui “Critical Eleven”, kategori Best Actress pada ajang "Asian Academy Creative Awards 2018" melalui “Critical Eleven” hingga kategori Pemeran Utama Wanita Terfavorit pada ajang "Indonesian Movie Actors Award 2022" melalui film “Kamu Tidak Sendiri”.