Fakta Menarik Album “Manusia” Milik Tulus, Dikerjakan Selama 2 Tahun

Senin, 7 Maret 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Fakta Menarik Album “Manusia” Milik Tulus, Dikerjakan Selama 2 Tahun

Album “Manusia” Tulus. (Special)

Ladiestory.id - Netizen Indonesia tengah dibuat baper dengan lagu-lagu milik Tulus. Ya, penyanyi kelahiran 1987 ini baru saja merilis album bertajuk “Manusia”, yang langsung menjadi trending topik di Twitter. 

Album tersebut telah dirilis pada 3 Maret 2022 sebagai tanda 10 tahun dirinya berkarier di dunia musik Indonesia. 

Album “Manusia” menjadi album ke-5 penyanyi yang memiliki nama lengkap Muhammad Tulus Rusydi. Pendengar merasa lagu-lagu dalam album terbaru Tulus sangat relate dengan kehidupan mereka. Yuk ketahui fakta menarik dibalik album “Manusia”.

"Manusia" Jadi Judul Album 

Album “Manusia” Tulus. (Special)

Album ke-5 Tulus yang baru saja rilis diberi judul “Manusia”. Tak sembarangan, Tulus memilih judul ini sebab memang memiliki makna dibaliknya 

Lagu-lagu di dalam album terbaru Tulus berisi tentang perasaan yang sering dialami manusia. Tulus berharap ketika orang mendengarkan lagu-lagu di album tersebut, pendengar dapat merasakan lagu itu menceritakan mereka sebagai manusia. 

“Diri”, “Hati-Hati di Jalan”, “Nala”, “Tujuh Belas”, “Kelana”, “Remedi”, “Ingkar”, “Satu Kali”, “Interaksi”, dan “Jatuh Suka” merupakan 10 judul lagu yang ada di dalam album “Manusia”. 

Menggandeng Musisi Ternama

Album “Manusia” Tulus. (Special)

Bukan Tulus namanya jika tidak ada warna baru dalam album terbarunya. Meski begitu, Tulus tetap memiliki ciri khas dalam setiap lagu-lagunya. 

Hal ini pun terjadi bagi album terbarunya. Kali ini, Tulus berusaha mengeksplorasi lagi dengan menggandeng sejumlah musisi ternama Indonesia. 

Sebut saja seperti Yoseph Sitompul, Petra Sihombing, Topa Abimanyu, hingga Ari Renaldi, yang turut menggarap lagu-lagu dalam album “Manusia”. Tak hanya itu, namun Tulus turus mengandeng paduan orkestra milik Erwin Gutawa. 

Disempurnakan dengan iringan paduan suara dan rekaman dari Budapest Scoring Symphinic Orchestra, Hungaria. 

“Warna musik yang baru di album ini merupakan hasil kolaborasi dengan ratusan talenta,” jelas Tulus dilansir berbagai sumber. 

Sepuluh Lagu Kesinambungan 

Album “Manusia” Tulus. (Special)

Seperti yang kita tahu, 10 lagu tersebut menceritakan perasaan manusia. Tulus pun menyarankan untuk kita mendengarkan 10 lagu tersebut dengan khusyuk. 

Rupanya kesepuluh lagu tersebut saling berkesinambungan. Bahkan lagu tersebut memiliki “cerita” sehingga saling berkaitan. 

“Ada banyak cerita dalam lagu, ada rasa, ada keterikatan, goal-nya memang seperti itu karena ini adalah album. Jadi kalau didengarkan satu per satu, akan ada kesinambungan satu sama lain. Mungkin rasanya sama karena terkadang kita bisa dapatkan itu dari vokalis, intonasi, dan bahasa.” beber penyanyi usia 34 tahun itu. 

Jika Kamu belum menderngar lagu dari album “Manusia”, Tulus merekomendasikan lagu “Tujuh Belas” untuk pertama kali di dengar 

Bahkan lagu tersebut menjadi lagu favorit bagi Tulus, meski sempat merasa kesulitan jika disuruh memilih satu saja. 

Lirik Mengandung Diksi dan Bahasa Indonesia Elegan

Tulus Tujuh Belas. (Spesial)

Tak bisa dimungkiri, lagu-lagu Tulus selalu mampu menyihir pendengar lewat syairnya. Tulus terkenal sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu yang mampu mengotak-atik diksi menjadi lirik lagu.

Hal ini juga terjadi pada lagu-lagu di album “Manusia”. Tak hanya memiliki musik dan suara Tulus yang merdu, namun lirik dari lagu-lagu tersebut sangatlan elegan. 

Tak sembarangan, ternyata Tulus menggarap album tersebut selama 2 tahun. Dalam kurun waktu tersebut Tulus berusaha mengeksplor bahasa yang menyenangkan baginya. 

Terbukti, setiap pemilihan kata sangat indah. Bahkan kata-kata dan diksi tersebut belum pernah ada di lagu Indonesia.

Langsung Rilis Album 

Album “Manusia” Tulus. (Special)

Tulus memang berbeda dari musisi lainnya. Biasanya, musisi merilis single terlebih dahulu sebelum album rilis. 

Sedangkan Tulus langsung merilis album tanpa mengeluarkan single terlebih dahulu. Dia mengaku tidak sabar ingin memperkenalkan album “Manusia” kepada para penikmat musiknya.