5 Fakta Menarik Anne Jakkaphong, Pebisnis yang Beli Miss Universe

Sabtu, 21 Januari 2023 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Fakta Menarik Anne Jakkaphong, Pebisnis Yang Beli Miss Universe

Anne Jakkaphong. (Special)

Ladiestory.id - Setelah berakhirnya pagelaran "Miss Universe 2022", tentunya nama Anne Jakkaphong turut menarik perhatian publik. Sosok di balik perhelatan tersebut, kini dimiliki oleh pengusaha asal Thailand yang memiliki nama lengkap Anne Jakkaphong Jakrajutatip.

Hal ini tentunya cukup menarik, sebab Anne sendiri diketahui merupakan transgender. Lalu, apa saja fakta menarik dari Anne Jakkaphong? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Sempat Alami Bullying

Anne Jakkaphong. (Special)

Anne diketahui sempat mengenyam pendidikan di sebuah sekolah khusus pria. Sayangnya, karena identitas dan penampilannya tersebut, ia justru menjadi sasaran bullying hingga pelecehan seksual oleh temannya. Karenanya, ia pun memilih untuk drop out dan bekerja sebagai petugas pom bensin.

Setelah dewasa, dirinya melanjutkan pendidikan di Sydney dan menemukan jati dirinya sebagai perempuan yang selama ini ditentang oleh kedua orang tuanya. Anne pun berhasil menempuh pendidikan studi hubungan internasional serta memiliki sertifikat dalam bidang pengembagan real estate.

Pemilik Perusahaan Ternama di Thailand

Anne Jakkaphong. (Special)

Berbekal ilmu yang dimiliki saat berkuliah dan meraih sertifikasi, Anne pun memulai bisnisnya dengan mengelola persewaan video milik keluarganya. Ia juga belajar membangun bisnisnya sendiri. Setelah merintis usahanya dari bawah, kini Anne pun menjadi CEO JKN Global media yang merupakan perusahaan manajemen konten dan distribusi ternama di Thailand.

Tak hanya itu, perusahaan ini juga memiliki bisnis kecantikan, mengakuisisi pabrik minuman, hingga saluran berita digital. Bahkan, diketahui terdapat 15 anak perusahaan yang berada di bawah naungan JKN Global Media. 

Transgender Terkaya Ketiga Di Dunia

Anne Jakkaphong. (Special)

Berdasarkan penilaian Forbes 2020, nama Anne Jakkaphong tercatat sebagai transgender terkaya ketiga di dunia. Diperkirakan, ia memiliki kekayaan bersih mencapai 210 juta dolar AS atau setara dengan Rp 3,3 Triliun. Tentunya, kekayaan ini bahkan melebihi beberapa pesohor transgender, seperti Lana Wachowski hingga Caitlyn Jenner.

Berdasarkan kekayaannya tersebut, tak ayal Anne kerap memperlihatkan gaya hidup mewahnya. Ia sering terlihat mengenakan tas branded, koleksi mobil mewah, hingga jet pribadi. Ia pun cukup dikenal di negaranya sebagai sosok yang berpengaruh terutama dalam kampanye gender di Thailand. . 

Miliki Anak dari Metode Surrogate

Anne Jakkaphong. (Special)

Transgender yang kini berusia 43 tahun tersebut diketahui telah memiliki dua buah hati. Diketahui, ia dan kekasihnya yang berasal dari Inggris menggunakan metode surrogacy untuk menimang sang buah hati. Sayangnya, kala itu di Thailand sendiri belum terdapat regulasi semacam ini.

Anne pun menjalani metode surrogacy atau ibu pengganti di Yunani. Ia pun menghabiskan biaya hingga 800 ribu dolar AS atau setara Rp12,12 Miliar untuk menimang sang buah hati.

CEO Baru Miss Universe Organization

Anne Jakkaphong. (Special)

Bila sebelumnya kepemilikan Miss Universe Organization berada di tangan IMG, sebuah perusahan hiburan asal Amerika, kini telah beralih kepada Anne Jakkaphong, seorang pengusaha asal Thailand. Ia merupakan pemilik perusahaan JKN Global Group. Transaksi peralihan kepemilikan ini pun bernilai 20 juta dolar AS atau setara dengan Rp314 Miliar. Hal ini pun membawa Anne menjadi perempuan pertama yang memegang posisi pemimpin dalam Miss Universe Organisation.

“Kami berusaha tidak hanya untuk melanjutkan warisannya dalam menyediakan platform bagi individu yang bersemangat dari beragam latar belakang, budaya serta tradisi, Namun, juga mengembangkan merek untuk generasi berikutnya," ungkapnya dalam pidato.

Jika menilik pada perjalanan kepemilikan Miss Universe Organization, diketahui mantan presiden Amerika yaitu Donald Trump sempat menduduki kursi kepemilikan selama 1996-2015, yang kemudian dijual ke perusahaan IMG. Organisasi ini juga diketahui tak hanya mengelola perhelatan Miss Universe, namun juga kontes Miss USA dan juga Miss Teen USA.