Sudah Tayang, Intip Fakta Menarik Film "Jailangkung: Sandekala"

Sabtu, 24 September 2022 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Sudah Tayang, Intip Fakta Menarik Film "Jailangkung: Sandekala"

Fakta Film “Jailangkung: Sandekala”. (Special)

Ladiestory.id - Satu lagi judul film horor yang kembali meramaikan bioskop Indonesia. Film tersebut tak lain adalah “Jailangkung: Sandekala yang berhasil rilis pada Rabu (22/9/2022) kemarin.

Film yang disutradarai oleh Kimo Stamboel ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama Tanah Air. Sebut saja mulai dari Titi Kamal, Syifa Hadju, Dwi Sasono, Muzakki Ramdhan dan Giulio Parengkuan.

Film “Jailangkung: Sandekala” bercerita mengenai kehidupan sebuah keluarga yang terkena musibah tidak terduga ketika berlibur ke sebuah danau wisata. Menggabungkan kisah horor dan drama keluarga, ada sederet fakta menarik mengenai film yang satu ini.

Merupakan Reboot dari Film Versi Sebelumnya

Cuplikan film “Jailangkung: Sandekala”. (Special)

Bagi pecinta film horror Tanah Air, pastinya familiar dengan film “Jelangkung” (2001) besutan sutradara Jose Purnomo. Film tersebut terbilang laris manis, terbukti dengan munculnya film bertema serupa, seperti “Jelangkung 3” (2007), “Jailangkung” (2017), hingga yang belum lama ini “Tusuk Jelangkung” (2022).

Rupanya untuk film “Jailangkung: Sandekala” juga mengambil tema yang sama tentang jelangkung. Hanya saja film ini hadir dengan konsep yang lebih baru. Yang mana turut memasukkan mitos yang ada di masyarakat.

Angkat Mitos Sandekala

Film “Jailangkung: Sandekala”. (Special)

Seperti yang dikatakan sebelumnya, film “Jailangkung: Sandekala” menambahkan unsur mitos di dalam ceritanya. Mitos yang dimaksud adalah yang tertera dalam judul film itu sendiri, yakni sandekala.

Bagi yang belum tahu, sandekala merupakan mitos tentang makhluk halus atau sejenisnya yang biasanya muncul saat pergantian hari dari sore menuju malam. Dalam mitos, dikatakan bahwa para makhluk halus akan mengganggu anak kecil yang masih bermain atau berkeliaran di luar rumah ketika memasuki waktu magrib.

Lokasi Syuting di Waduk Sermo

Syifa Hadju, pemain film “Jailangkung: Sandekala”. (Special)

Film horor garapan Kimo Stamboel ini diketahui mengambil lokasi syuting di Waduk Sermo yang berada di daerah Kulon Progo, Yogyakarta. Dari penuturan salah satu pemainnya, yakni Syifa Hadju, waduk tersebut terbilang sangat menyeramkan.

Pasalnya, Waduk Sermo masih minim penerangan saat digunakan untuk lokasi syuting pada malam hari. Pencahayaan baru dijumpai ketika aktris kelahiran 13 Juli 2000 itu sudah melewati waduk beberapa kilometer menuju hotel.

Film Horor dengan Balutan Drama Keluarga yang Kental

Cuplikan film “Jailangkung: Sandekala”. (Special)

Jika menilik dari judulnya, pastinya yang terbayang dari “Jailangkung: Sandekala” adalah bergenre horor. Namun, ada yang membuat film ini terasa beda saat disaksikan.

Dari penuturan sang sutradara, Kimo Stamboel, meskipun sama-sama mengambil tema tentang jelangkung, namun “Jailangkung: Sandekala” ini akan berfokus pada perjalanan keluarga yang terjebak dalam tragedi mistis dan tak terduga.

Mengalami Kejadian Mistis Selama Proses Syuting

Titi Kamal, pemain film “Jailangkung: Sandekala”. (Special)

Siapa sangka dalam pembuatan film horor “Jailangkung: Sandekala” dijumpai kejadian mistis. Hal ini dituturkan oleh Titi Kamal dalam kanal YouTube Titi dan Tian yang diunggah pada 17 September 2022.

Istri dari Christian Sugiono ini menuturkan bahwa saat proses syuting, ada kru yang mengalami kesurupan. Butuh 6-8 orang untuk mengangkat kru yang mengalami kesurupan tersebut.

Tak hanya itu, bahkan tim makeup pun juga sempat melihat sosok makhluk halus berpakaian merah. Menurut Kimo Stamboel, makhluk halus demikian dinilainya sudah masuk level tinggi.  

Merupakan Film dengan Kolaborasi Internasional

Fakta Film “Jailangkung: Sandekala”. (Special)

Film “Jailangkung: Sandekala” menjadi film kolaborasi antara Produksi Sky Media & CJ ENM, yang  juga didukung oleh Rapi Films, Legacy Pictures, serta Nimpuna Sinema.

 

 

 

s