Segera Tayang, Fakta Menarik Film "Menjelang Magrib"

Rabu, 30 Maret 2022 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Segera Tayang, Fakta Menarik Film "Menjelang Magrib"

Film Menjelang Magrib. (Special)

Ladiestory.id - Film "Menjelang Magrib" merupakan film horor Indonesia yang akan tayang pada Kamis (31/3/2022) mendatang di seluruh bioskop Indonesia. Film ini merupakan debut akting Novia Bachmid, yang menjadi pemeran utama, dengan alur cerita yang seru dan menegangkan.

Film "Menjelang Magrib" mengangkat tiga aspek utama dalam kehidupan masyarakat, yaitu budaya, kepercayaan dan kejadian mistis. Sebelum Kamu menyaksikannya, simak beberapa fakta menarik berikut ini.

Terinspirasi dari Kisah Nyata

Film Menjelang Magrib. (Special)

Film "Menjelang Magrib" merupakan film horor yang mengandung banyak pesan moral dan terinspirasi dari kisah nyata. Film yang ditulis serta disutradarai oleh Helfi Kardit ini adalah kisah nyata teman semasa kecilnya.

"Ini kisah tentang terinspirasi oleh teman kecil saya di kampung. Ketika saya pulang, saya melihat dia harus dipasung. Anehnya meskipun dianggap memiliki gangguan jiwa, tapi pengetahuannya tentang alam sangat bagus. Melebihi ilmu kita yang sekolah," ujar Helfi.

Ia berharap setelah menonton film ini banyak orang yang memiliki kesadaran, serta toleransi kepada mereka yang memiliki gangguan jiwa.

"Semoga ada kebebasan bagi penderita ODGJ, tidak perlu dipasung yang merenggut hak asasinya. Kita yang merasa normal seharusnya lebih bisa memahami," pesan Helfi.

Disutradarai dan Ditulis oleh Helfi Kardit

Film Menjelang Magrib. (Special)

Film horor ini digarap oleh sutradara ternama, yaitu Helfi Kardit. Diketahui, Helfi Kardit telah berpengalaman mengarahkan sederet film horor populer Indonesia, seperti "Hantu Bangku Kosong" dan "Lantai 13".

Helfi Kardit juga diketahui kerap berkontribusi dalam penulsian skenario untuk film garapannya. Ia pun turut menulis skenario film "Menjelang Magrib".

Produksi Film

Film Menjelang Magrib. (Special)

Proses produksi film "Menjelang Magrib" dimulai sekitar Maret sampai April 2021. Sutradara Helfi Kardit bekerja sama dengan produser Djonny Chen untuk produksi film tersebut.

Film "Menjelang Magrib" merupakan produksi dari Helroad Films dan rumah produksi asal Inggris, Silent D Pictures. Awalnya film ini berjudul "Menjelang Malam Datang", namun rumah produksi menetapkan "Menjelang Magrib" sebagai judul resmi film ini, atau dengan judul internasional "Before Night Falls". Kabarnya, film ini juga akan ditayangkan di Britania Raya.

Para Pemain "Menjelang Magrib"

Film Menjelang Magrib. (Special)

Film "Menjelang Magrib" menjadi film debut bagi Novia Bachmid atau yang akrab disapa Novia 'Idol'. Ia menjadi pemeran utama bernama Nina, yakni seorang perempuan dengan gangguan jiwa yang sering mengalami peristiwa mistis.

"Aku senang sekali karena film ini bukan cuma horor yang menakutkan. Tapi juga mengangkat isu budaya dan tahayul yang sering dikaitkan dengan ODGJ. Semoga penonton bisa mengambil pesan moral yang berkaitan dengan fenomena supranatural yang terjadi di masyarakat," ujar Novia Bachmid, dilansir berbagai sumber.

Selain Novia, film ini juga dibintangi salah satu aktris senior Tien Kadaryono yang pernah membintangi sinetron "Tutur Tinular". Ia memerankan tokoh nenek dalam film.

Tak hanya itu, beberapa pendatang baru, seperti Annette Edoarda, Fajar Kurniawan, Yannie Sukarya, Iting Tintin, Reza Pramez, dan Jeffry Reksa juga ikut memeriahkan film "Menjelang Magrib".

Sinopsis

Film Menjelang Magrib. (special)

Mengisahkan tentang Nina (Novia Bachmid) seorang perempuan muda yang mengalami gangguan jiwa dan kerap mendapatkan teror mistis. Warga menduga, jika Nina sebenarnya tidak mengalami gangguan jiwa, tapi ada hal mistis di luar nalar yang selalu mengganggunya. Hal tersebut dikarenakan pada siang hari Nina bisa dikendalikan dan bisa diajak komunikasi.

Namun, ketika matahari mulai meredup atau menjelang magrib, Nina bertingkah seperti orang kesurupan yang mengerikan. Ia akan kembali tenang saat mendengar suara azan magrib. Demi menjaga keamanan dan tidak membuat neneknya khawatir, Nina terpaksa dipasung dalam rumah bambu beralaskan tanah.

Kondisi Nina tersebut lantas menarik perhatian mahasiswa psikologi dari Jakarta, yaitu Thalia (Annette Deorda), Erian (Jeffry Reksa) dan Ahmad (Fajar Kurniawan) untuk melakukan penelitian dan film dokumenter. Tanpa mereka sadari, banyak hal mistis di sekitar mereka.