Berlatar Pesantren, 5 Fakta Menarik Film "Qorin"

Kamis, 8 Desember 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Berlatar Pesantren, 5 Fakta Menarik Film "Qorin"

Film "Qorin". (Instagram.com/qorin.film)

Ladiestory.id - Film horor Indonesia berjudul "Qorin" sukses meraih atensi penikmat film Indonesia. Dirilis sejak 1 Desember 2022, film "Qorin" telah ditonton lebih dari 288.108. Kesuksesan film "Qorin" ini tentunya tak terlepas dari alur cerita yang menarik dan juga akting para aktor dan aktris yang memukau. 

Film "Qorin" mengambil latar di sebuah pesantren. Film ini menceritakan tentang para santri yang ada di sebuah pondok pesantren yang mengalami teror jin Qorin. Adegan demi adegan ditampilkan dengan sangat apik sehingga penonton dapat terbawa suasana yang mencekam. Ladiestory.id telah merangkum lima fakta menarik tentang film "Qorin".

Dibintangi Artis Ternama

Film "Qorin". (Instagram.com/qorin.film)

Kemampuan akting para aktor dan aktris turut berperan dalam suksesnya film "Qorin". Film horor satu ini dibintangi oleh beberapa artis ternama Indonesia. Meskipun kebanyakan artis yang bermain di film ini merupakan artis pendatang baru, namun kemampuan akting mereka sudah tidak diragukan lagi. 

Film "Qorin" dibintangi oleh beberapa artis, seperti Aghniny Haque yang berperan sebagai Yolanda, Zulfa Maharani berperan sebagai Zahra, Dea Annisa sebagai Umi Hana, Naimma Aljufri sebagai Gendis, Omar Daniel sebagai Ustaz Jaelani, Yusuf Mahardika sebagai Yafi, Putri Ayudya sebagai Umi Yana, Cindy Nirmala sebagai Icha, Alyssa Abidin sebagai Sri, Pritt Timothy sebagai Kiai Mustofa, dan Ridwan Roul sebagai Malik.

Masing-masing dari artis tersebut mampu menjiwai tokoh yang diperankan, sehingga dapat membuat film "Qorin" terasa mencekam. 

Disutradarai oleh Ginanti Rona

Film "Qorin". (Instagram.com/ginantirona)

Ginanti Rona merupakan seorang sutradara ternama di Indonesia. Ia telah berhasil merilis karya pertamanya dengan judul "Midnight Show" pada 2016. Selain itu, ia juga terlibat dalam beberapa proyek film dengan genre thriller.

Ia diketahui pernah ikut menggarap film "Rumah Dara" dan "The Raid". Dalam penggarapan film tersebut, ia ditunjuk sebagai asisten sutradara.  Kini, Ginanti Rona menunjukkan eksistensinya dengan merilis film genre horor "Qorin".

Angkat Kisah Urban Legend

Film "Qorin". (Instagram.com/ginantirona)

"Qorin" yang diceritakan dalam film ini merupakan salah satu urban legend. "Qorin" merupakan sosok jin yang menempel pada diri manusia sejak dilahirkan hingga wafat. Karena menempel pada diri manusia, maka "Qorin" memiliki wujud sama persis dengan manusia tersebut. 

Berbeda dengan golongan jin lain seperti kuntilanak dan genderuwo yang meneror manusia dengan tampilannya. "Qorin" memiliki cara yang berbeda dalam meneror manusia. Jin satu ini berusaha untuk menghasut manusia agar melakukan tindakan yang tercela, sehingga orang tersebut bisa jauh dari Tuhan. 

Berlatar Pesantren

Film "Qorin". (Instagram.com/ginantirona)

Film "Qorin" menceritakan tentang kehidupan gelap di salah satu pesantren. Latar tempat film "Qorin" berada di sebuah pesantren pelosok Sunda. Bangunan pesantren yang lembap dan tua dapat membuat kesan mistis. Selain itu, adanya hutan dan aliran sungai yang mengelilingi pesantren tersebut mampu membuat film "Qorin" menjadi semakin mencekam. 

Selain itu, budaya Sunda dan juga lagu berbahasa Sunda kerap ditampilkan dalam adegan di film "Qorin". Sehingga, hal itu membuat nuansa Sunda begitu terasa kental. 

Ritual Misterius di Pesantren

Film "Qorin". (Instagram.com/ginantirona)

Film "Qorin" menjadi menarik dan banyak dinantikan oleh penikmat film Indonesia. Pasalnya, dalam film ini diceritakan bahwa ada ritual misterius yang dilakukan oleh sebuah pesantren.

Diceritakan dalam film ini, bahwa Zahra yang merupakan seorang santri di pondok pesantren tersebut ingin segera lulus sekolah. Ia kemudian menghadap Ustaz Jaelani. Zahra dan beberapa orang temannya diminta untuk mengikuti ritual "Qorin" agar keinginannya bisa tercapai. 

Nah, itulah deretan fakta menarik film "Qorin" yang merupakan film horor dengan berlatar pesantren dan budaya Sunda. Tertarik untuk menontonnya?