Terinspirasi dari Sebuah Hadis Islam, Simak Fakta Menarik Iblis Dalam Darah

Selasa, 21 Februari 2023 | 15:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Terinspirasi Dari Sebuah Hadis Islam, Simak Fakta Menarik Iblis Dalam Darah

Iblis dalam Darah. (Special)

Ladiestory.id - Sukses menggarap film "Menjelang Magrib" yang mendapat banyak perhatian penonton saat diputar di Spanyol, Helfi Kardit kembali menunjukkan kemampuannya dengan menggarap film horor yang berjudul "Iblis dalam Darah". Film horor ini akan segera tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 16 Maret 2023 mendatang. 

Diketahui bahwa film ini terinspirasi dari sebuah hadis Islam riwayat Imam Bukhari. Mengambil latar sebuah rumah yang ada di tengah hutan di wilayah Gunung Salak, pembuatan film ini cukup mencekam dan menegangkan. Berikut 5 fakta tentang film “Iblis dalam Darah” yang wajib kamu ketahui sebelum menontonnya secara langsung.

Terpilihnya Ryaas Randa

Iblis dalam Darah. (Special)

Awal mulanya pemilihan sederet pemain "Iblis dalam Darah" telah ditentukan termasuk aktor utama. Namun, diketahui bahwa aktor utama mengalami kendala dalam pembacaan Al Qur'an yang dinilai kurang jelas dan tajam. Sehingga, akhirnya aktor utama pada film ini digantikan oleh Ryaas Randa.

Sukses sebagai penyanyi, ternyata Ryaas Randa memiliki kemampuan akting yang mumpuni. Selain itu, ia dinilai mampu membaca Al Qur'an dengan jelas dan tajam sesuai dengan tajwidnya. Hal tersebut membuat ia terpilih sebagai aktor utama di film ini. Sebab, pada film "Iblis dalam Darah" banyak adegan yang mewajibkan aktor utama untuk membaca  Al Qur'an, salah satunya saat proses ruqyah.

Terinspirasi dari Sebuah Hadis Islam

Iblis dalam Darah. (Special)

Helfi Kardit selaku produser pada film ini mengaku bahwa film "Iblis dalam Darah" terinspirasi dari sebuah hadis Islam. Seperti sabda dari nabi Muhammad SAW "Sesungguhnya setan atau iblis menyusup dalam diri manusia melalui aliran darah" (HR. Bukhari no. 3281 dan Muslim no. 2175).

Selanjutnya, Helfi Kardit merasa ingin membuat film dari hadis tersebut dengan tujuan memberikan pesan kepada para penonton bahwa iblis dapat masuk dan merasuki manusia dengan banyak cara. Diketahui bahwa kebanyakan orang mengalami kerasukan saat pikiran kosong dan melamun. Namun ternyata, iblis atau setan juga bisa masuk ke dalam diri manusia melalui aliran darah.

Alur Cerita yang Menegangkan 

Iblis dalam Darah. (Special)

Sama seperti film horor Indonesia pada umumnya, "Iblis dalam Darah" juga menyajikan banyak adegan menegangkan yang banyak menampilkan lumuran darah. Tak hanya sebatas tentang iblis yang berhasil masuk melalui aliran darah, film ini juga menceritakan tentang kekuatan supranatural yang tidak semua orang bisa memilikinya.

Sesuai dengan cuplikan yang berdurasi 1 menit 25 detik  "Iblis dalam Darah" menampilkan seorang perempuan dirasuki iblis yang penuh dengan lumuran darah. Alur cerita film horor ini semakin seru lantaran digarap langsung di hutan sekitar Gunung Salak. 

Faktanya, Gunung Salak memang menyimpan banyak mitos serta misteri di luar nalar logika. Hal tersebut sengaja dipilih oleh produser dan sang sutradara untuk mendapatkan chemistry yang lebih kental dengan nuansa horor. 

Para Pemain 

Iblis dalam Darah. (Special)

Film "Iblis dalam Darah" dibintangi oleh sederet artis dan aktor ternama seperti Ryaas Randa, Cut Ashifa, Michelle Joan, hingga Layla Majnun. Diketahui, bahwa film “Iblis dalam Darah” menjadi film layar lebar pertama Ryaas Randa selama terjun di dunia entertainment. Sebelumnya, ia pernah berperan di beberapa serial FTV yang berjudul “ Pintu Berkah”, “Azab”, dan “Kisah Nyata”.

Sinopsis

Iblis dalam Darah. (Special)

"Iblis dalam Darah" mengisahkan tentang seorang remaja perempuan berusia 23 tahun yang bernama Haruni. Sejak kecil, Haruni sering mengalami kejadian aneh yang kerap menimpa dirinya. Haruni sering menyerang dan menyakiti dirinya sendiri.

Suatu ketika, orang tua Haruni menceritakan tentang anak mereka kepada dokter Ahmad. Dokter Ahmad sendiri adalah dokter spesialis mata yang menangani masalah kesehatan mata Hanum adik Haruni. 

Mengetahui hal tersebut, dokter Ahmad yang kebetulan memiliki kemampuan supranatural mencoba untuk menyelidiki apa yang terjadi dengan Haruni. Ternyata, kondisi yang dialami Haruni berhubungan dengan kasus kecelakaan bunuh diri.

Apa yang sebenarnya terjadi pada kecelakaan bunuh diri tersebut? Ladies, temukan jawabannya di film “Iblis dalam Darah”.