5 Fakta Menarik Pandawara Group, Kelompok Pemuda yang Hobi Bersihkan Sampah

Kamis, 19 Januari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Fakta Menarik Pandawara Group, Kelompok Pemuda Yang Hobi Bersihkan Sampah

Pandawara Group. (Instagram.com/pandawaragroup)

Ladiestory.id - Nama Pandawara Group kini tengah disoroti oleh publik. Pasalnya, kelompok dengan lima orang pemuda tersebut berhasil membuat konten viral. Video yang di-upload di akun TikTok @pandawaragrup ini berisi tentang aksi lima orang pemuda yaitu Gilang, Agung, Rifqi, Rafly, dan Ikhsan sedang membersihkan sampah yang ada di sungai. Bahkan, hal tersebut bukan hanya sekali dilakukan, namun sudah berulang kali.

Atas aksinya yang viral tersebut, Pandawara Group kemudian dinobatkan sebagai TikTok Local Heroes dalam Year on TikTok 2022. Mereka dianggap layak mendapatkan penghargaan tersebut karena berhasil memberikan konten edukatif dan juga inspiratif. Nah, jika kamu penasaran dengan grup satu ini, kamu bisa simak lima fakta menarik tentang Pandawara Group yang telah dirangkum oleh Ladiestory.id.

Pengalaman Pribadi

Pandawara Group. (Instagram.com/pandawaragroup)

Pandawara Group merupakan sekelompok pemuda dengan lima orang anggota yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Aksi mereka membersihkan sampah di sungai bermula dari pengalaman rumah mereka yang terkena banjir. Karena hal tersebut, kemudian mereka berinisiatif untuk mengurangi penyebab banjir, salah satunya dengan membersihkan sungai. Mereka terjun secara langsung ke sungai untuk mengurangi tumpukan sampah. 

Bersihkan 78 Sungai

Pandawara Group. (Instagram.com/pandawaragroup)

Aksi yang dilakukan oleh Pandawara Group ini bukan hanya untuk mendapatkan pujian semata. Mereka berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi sampah di sungai yang menyebabkan banjir. Hal ini terbukti, hingga akhir 2022, Pandawara Group telah membersihkan 78 sungai yang ada di wilayah Bandung Selatan. Hingga saat ini, lima pemuda tersebut tetap konsisten untuk membersihkan sungai dan aliran air sehingga bebas dari sampah. 

Kumpulkan 27.066 Kg Sampah

Pandawara Group. (Instagram.com/pandawaragroup)

Aksi bersih-bersih sampah yang dilakukan oleh Pandawara Group memang baru dimulai pada pertengahan 2022. Meskipun terhitung baru berjalan beberapa bulan, namun kelompok pemuda ini telah berhasil mengumpulkan sekitar 27.066 kg sampah.

Sampah tersebut didapatkan dari 78 sungai besar dan kecil di wilayah Bandung Selatan yang kemudian dikumpulkan dalam 4.511 kantong sampah. Kamu bisa bayangkan Ladies, sampah sebanyak itu tentunya akan menghambat aliran sungai dan menyebabkan banjir. 

Jadi Inspirasi

Pandawara Group. (Instagram.com/pandawaragroup)

Kisah Pandawara Group yang viral tersebut secara tidak langsung dapat memberikan edukasi tentang bagaimana cara mengelola sampah dengan bijak. Membuang sampah secara sembarangan di sungai terbukti dapat membawa dampak buruk bagi lingkungan, salah satunya menyebabkan banjir. 

Pandawara Group melakukan aksi bersih-bersih sampah tersebut bukan hanya demi sebuah konten saja, melainkan mereka tulus melakukannya untuk menyelamatkan lingkungan. Meskipun banyak orang yang meragukan niat mulia lima pemuda ini, namun mereka tak berhenti untuk melakukan aksi tersebut.

Raih Penghargaan

Pandawara Group. (Instagram.com/pandawaragroup)

Aksi mulia yang dilakukan oleh Gilang, Agung, Rifqi, Rafly, dan Ikhsan rupanya telah menjadi viral. Dianggap telah memberikan konten yang edukatif, akhirnya mereka berhasil menyabet penghargaan sebagai TikTok Local Heroes dalam Year on TikTok 2022. 

Gelar tersebut sangat pantas diberikan kepada Pandawara Group Karena mereka telah berhasil membuat konten edukatif yang viral. Konten yang mereka buat telah membuat masyarakat menjadi lebih sadar dan lebih memperhatikan pengelolaan sampah di lingkungan sekitar. 

Itulah lima fakta menarik tentang Pandawara Group yang merupakan kelompok pemuda yang peduli dengan lingkungan sekitar. Aksi yang mereka lakukan patut menjadi contoh untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Kamu juga bisa mengikuti jejak mereka dengan tidak membuang sampah sembarangan, Ladies. Selain membuat lingkungan menjadi lebih bersih tentunya juga akan terhindar dari risiko banjir.