6 Fakta Menarik Shiba Inu, Anjing Lucu dari Negera Jepang

Jumat, 25 Maret 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

6 Fakta Menarik Shiba Inu, Anjing Lucu Dari Negera Jepang

Shiba Inu (Special)

Ladiestory.id - Anjing Shiba Inu merupakan salah satu ras anjing asli dari negeri sakura, Jepang. Anjing dengan ras ini sudah ada sejak zaman kuno. Anjing Shiba Inu ini merupakan salah satu jenis anjing yang memiliki perawakan mirip seperti kucing.

karena hal inilah, anjing Shiba Inu menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Dengan kepopulerannya, banyak orang yang mencari dan rela mengadopsi hewan lucu ini dengan harga-harga yang fantastis.

Yang lebih menarik lagi, Anjing Shiba Inu juga memiliki ciri khas yang unik dengan telinga tegak kecil, bulu tebal, tubuh kuat, dan ekor melengkung. Ada beberapa fakta menarik lainnya mengenai anjing satu ini. Ladiestory.id akan membagikan fakta unik anjing lucu dari negeri sakura berikut ini.

Sudah Ada Sejak Zaman Kuno

Shiba Inu (Special)

Salah satu club terkenal di Amerika yang bernama American Kennel Club menyebutkan bahwa adanya penemuan sisa-sisa anjing seukuran Shiba Inu yang ada di situs Jimon-jin. Dimana anjing-anjing tersebut telah menghuni Jepang sejak 14.500 SM sampai 300 M.

Anjing Shiba Inu sendiri diperkirakan merupakan anjing dari hasil perkawinan silang dari anjing luar Jepang yang dibawa oleh seorang imigran dengan anjing dari orang-orang Jimon-jin.

Hampir Punah Ketika Perang Dunia ke-2

Shiba Inu (Special)

Dikutip American Kennel Club, populasi dari anjing Shiba Inu sendiri sudah mulai menurun secara drastis. Penyebabnya yaitu saat perang dunia kedua, terjadi banyak anjing atau mahluk hidup lainnya mati yang mayoritas disebabkan oleh ledakan bom ketika masa perang.

Selain itu banyak infeksi virus anjing yang menular setelah perang selesai. Untungnya, ada beberapa yang bisa diselamatkan dan bertahan, jadi saat ini orang-orang masih bisa melihatnya.

Shiba Inu Awalnya adalah Anjing Pemburu

Shiba Inu (Special)

Sebelum menjadi populer sebagai anjing yang sangat lucu dan menggemaskan, anjing Shiba Inu ini dulunya juga sempat dijadikan sebagai anjing pemburu loh. Alasan dari penamaan Shiba Inu sendiri yaitu karena Shiba Inu memiliki arti semak belukar. Hal itu merujuk ke tempat mereka biasanya berburu, seperti di hutan.

Disebut Sebagai Kucing Berbadan Anjing

Shiba Inu (Special)

Salah satu keunikan lagi dari anjing ini bagi si pemilik adalah dia seolah-olah akan lebih merasa memelihara seekor kucing, namun dengan badan anjing. Shiba Inu cenderung lebih mandiri, berani, keras kepala serta berbuat sesuatu sesuka mereka, seperti kucing. Mereka juga lebih suka menyendiri disbanding dengan anjing lain yang mempunyai ukuran sama.

Anjing yang Suka Kebersihan

Shiba Inu (Special)

Anjing Shiba Inu sendiri diketahui memiliki bulu yang cukup tebal dan sering rontok, dan itu yang membuat perawatan anjing ini termasuk tidak terlalu sulit. Hal tersebut karena anjing Shiba Inu sendiri merupakan jenis anjing yang tidak betah ditempat yang terlihat kotor atau bahkan memiliki aroma yang tidak sedap.

Oleh karena itu jenis anjing yang satu ini akan banyak menghabiskan waktu untuk membersihkan diri mereka sendiri.

Anjing yang Dijadikan Stiker Lucu di Media Sosial

Shiba Inu (Special)

Kamu pasti pernah melihat stiker atau meme lucu bergambar anjing Shiba Inu, bukan? Awalnya meme itu berasal dari foto-foto lucu anjing Shiba Inu bernama Kabosu. Kabosu sendiri merupakan anjing hasil adopsi yang disebarkan oleh guru taman kanak-kanak, Atsuko Sato lewat blog pribadinya.

Kemudian, stiker lucu atau meme mengenai anjing Shiba Inu benar-benar populer pada 2013 dan sampai saat ini, stiker lucu dari anjing Shiba Inu sendiri masih menjadi salah satu meme anjing yang sangat populer.