Fakta Menarik Tentang Perhiasan Berlian yang Belum Kamu Tahu

Jumat, 25 September 2020 | 15:57:58

LS Fashion

Penulis : LS Fashion

Fakta Menarik Tentang Perhiasan Berlian Yang Belum Kamu Tahu

Memang tidak ada habisnya membahas batu cantik yang berkilauan ini. Semua orang bermimpi untuk memiliki perhiasan berlian. Selain bentuknya yang cantik akan membuat penampilan terlihat mewah dan elegan, perhiasan ini juga akan meningkatkan harga diri pemiliknya. Dengan harga  cincin kawin berlian ataupun perhiasan yang tergolong mahal akan menambah wibawa dan martabat orang yang memakainya. Tidak heran banyak orang kagum saat melihat orang lain memakai perhiasan berlian. Namun ternyata banyak mitos mengenai berlian yang beredar di masyarakat yang sesungguhnya tidak benar.

5 Fakta Menarik Seputar Berlian

Berlian Tidak Bisa Pecah atau Hancur

Berlian memang memiliki tekstur yang kokoh dan gigih serta sulit untuk tergores oleh bahan lain kecuali batu berlian juga. Namun walaupun berlian sulit untuk pecah atau hancur berlian tetap harus di rawat dengan baik. Perhiasan berlian harus disimpan secara terpisah agar tidak saling tergores.

Warna Berlian Menentukan Harganya

Selain bening atau transparan ada beberapa berlian yang memiliki warna lain. Warna ini bisa terbentuk secara alami di dalam bumi atau dibuat secara sintesis melalui proses pewarnaan. Walaupun warna menjadi faktor yang mempengaruhi harga cincin kawin berlian, namun bukanlah satu-satunya faktor penentu karena dipengaruhi juga oleh jumlah karat, kejernihan, dan potongan berlian.

Berlian Termasuk Batu Yang Langka

Ada warna-warna perhiasan berlian tertentu yang jumlahnya hanya ada sedikit di dunia, misalnya berlian berwarna merah dan biru. Selain itu karena harganya yang tinggi berlian juga dianggap sebagai batu yang langka. Namun sebenarnya berlian bukanlah batu yang paling langka karena menurut Guinness Book of World Records batu terlangka di dunia adalah painite, yaitu batu permata berbentuk segienam berwarna cokelat merah atau cokelat jingga.

Berlian Adalah Batu Termahal Di Dunia

Banyak orang menganggap bahwa berlian adalah batu termahal di dunia. Namun hingga kini para ahli batu permata masih memperdebatkan apakah berlian memang merupakan batu permata paling mahal di dunia. Beberapa batu permata lain yang dianggap batu termahal adalah batu zamrud dan batu alexandrite. Batu berlian termahal yang pernah dijual adalah berlian seberat 59,6 karat dengan harga USD 83 juta atau sekitar 962 milyar rupiah.

Tidak Ada Dua Berlian Yang Sama

Berlian alami adalah salah satu dari harta karun alam tertua dan terlangka, terbentuk melalui panas dan tekanan yang kuat di mantel bumi antara 800 juta hingga 3,4 miliar tahun yang lalu. Mereka lebih tua dari beberapa bintang di langit dan alam hanya memiliki persediaan terbatas. Karena mereka dilahirkan pada waktu yang berbeda selama evolusi bumi, mereka semua terlihat dan merasa sangat berbeda. Mereka mengembangkan karakter dan warna yang unik, tergantung pada kondisi sekitarnya di mana mereka awalnya dibuat di bawah, serta perjalanan rahasia mereka dari lebih dari 300 kilometer di bawah permukaan bumi. Ini membuat setiap berlian benar-benar unik.

Sumber Foto Utama: Freepik.com